6 Faktor Lingkungan Penyebab Penuaan Dini

6 Faktor Lingkungan Penyebab Penuaan Dini
KECANTIKAN 15 August 2017

Halodoc, Jakarta - Tanpa kamu sadari, garis halus mungkin sudah muncul di sudut bibir dan mata kamu. Tak hanya itu, kulit wajah jadi terlihat lebih kusam pori-pori makin membesar. Jangan kira ini masalah kulit biasa, karena bisa jadi ini adalah tanda penuaan dini yang ditunjukkan oleh kulit kamu.

Tanda-tanda penuaan pada kulit tidak selalu muncul saat kamu menginjak usia lanjut. Ini karena saat memasuki usia 20an pun seseorang bisa terkena tanda penuaan pada kulitnya. Untuk itu sangat dianjurkan untuk melakukan perawatan kulit secara maksimal guna menghindari penuaan dini.

Penuaan dini pada kulit bisa disebabkan banyak hal namun yang paling mempengaruhi adalah faktor lingkungan sehari-hari. Kegiatan harian di rumah, kesibukan di kantor, hingga waktu kumpul bersama sahabat pun bisa menimbulkan efek penuaan dini, lho. Nah berikut ini adalah 6 faktor lingkungan penyebab penuaan dini yang sebaiknya kamu waspadai, yaitu:

1.  Sinar Matahari
Menghindari sinar matahari adalah hal yang tidak mungkin bagi kamu yang banyak beraktivitas di luar ruangan. Namun demikian bukannya tidak mungkin untuk melakukan langkah pencegahan untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Agar terhindar dari pengaruh negatif sinar matahari sebaiknya hindari sinar matahari di titik kulminasi yakni pukul 10.00 hingga 15.00. Selain itu, kamu juga bisa mencegah efek negatifnya dengan memakai tabir surya ber-SPF pada wajah dan bagian tubuh yang terpapar sinar matahari saat berada di luar ruangan.

2.  Radikal Bebas
Kamu tentu sering mendengar istilah radikal bebas, namun tahukah kamu apa yang disebut radikal bebas itu? Radikal bebas merupakan molekul ganas yang dapat merusak sel tubuh dan merusak jaringan kolagen. Polusi lingkungan, paparan sinar matahari, air tercemar, hingga faktor cuaca merupakan penyebab munculnya radikal bebas. Cara paling mudah untuk menghindari radikal bebas adalah dengan melakukan pola makan sehat dan memenuhi kebutuhan gizi harian. Jadi, banyak konsumsi buah dan sayur, ya! Selain itu, gunakan juga masker saat berada di luar ruangan agar terhindar dari radikal bebas akibat polusi udara yang dapat menganggu kesehatan kulit.

3.  Udara Lembab
Iklim tropis seperti di Indonesia ini dapat mempengaruhi penuaan dini pada kulit, lho. Apalagi bagi kamu yang tidak melindungi kulit dengan baik. Untuk itu sangat penting untuk menjaga kelembaban kulit untuk menjaga kadar air dalam kulit tetap cukup. Oleh karena itu, ingat selalu untuk menggunakan pelembab. Pilih jenis pelembab yang sesuai dengan jenis kulit kamu, ya.

4.  Olahraga Berlebihan
Segala yang berlebihan sebaiknya dihindari, termasuk berolahraga. Meski bagus untuk kesehatan namun berolahraga berlebihan justru dapat memberikan efek negatif bagi kulit, khususnya bagian wajah. Olahraga lari adalah salah satu yang dapat memberikan efek penuaan dini pada kulit. Dilansir dari Everyday Health, apabila lemak yang terbakar di wajah terlalu banyak bisa menyebabkan wajah terlihat lebih tua karena wajah jadi terlihat tirus dan kusam. Untuk itu sangat penting untuk mengatur porsi olahraga secara tepat dan tidak berlebihan.

5.  Lampu Fluoresens
Jangan kira berada di lingkungan kantor yang jauh dari sinar matahari membuat kamu aman dari penuaan dini. Dikutip dari Daily Makeover, Dr. S. Manula Jegasothy founder of Miami Skin Institute mengatakan bahwa lampu dengan teknologi fluoresens tidak baik untuk kulit karena cahayanya mengandung sinar ultraviolet. Ini karena lampu fluoresens menyerap sinar radiasi elektromagnet lain. Apabila kamu berada di bawah cahaya lampu ini selama 8 hingga 10 jam setiap hari maka dapat mempercepat proses penuaan dini. Perlu kamu ketahui juga jika sinar ultraviolet merupakan penyebab kanker kulit. Lampu fluoresens juga umum disebut lampu TL (tube lamp). Cirinya lampu ini pada kedua ujung tabungnya memiliki batang logam tipis. Selain berbentuk memanjang juga ada yang berbentuk lingkaran. Biasanya lampu jenis ini digunakan di gedung perkantoran.

6.  Asap Rokok
Merokok bukan hanya sekedar kebiasaan namun bisa dibilang bagian dari gaya hidup yang tidak sehat. Namun tahukah kamu jika asap rokok juga menjadi salah satu penyebab munculnya penuaan dini pada kulit? Kandungan nikotin pada sebatang rokok dapat mempengaruhi sel-sel kulit. Alhasil, sel-sel kulit akan sulit beregenerasi sehingga membuatnya terlihat kendur dan kusam.

Hindari penuaan dini yang diakibat oleh faktor lingkungan. Mulai pola hidup sehat dengan perbanyak makanan tinggi serat dan vitamin. Pilih sayur dan buah-buahan yang mengandung vitamin C dan air, bila perlu tambah asupan vitamin E yang baik untuk kulit. Siap sedia selalu masker untuk digunakan saat beraktivitas di luar ruangan agar terhindar dari polusi udara yang berakibat buruk untuk kulit. Sebaiknya kamu juga menguragi menggunakan pakaian berwarna gelap yang dapat menyerap sinar matahari saat berada di luar ruangan.

Langsung bicarakan masalah kesehatan kamu dengan dokter yang tepat melalui aplikasi Halodoc. Kamu dapat menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play.


Rekomendasi Artikel

KEHAMILAN

20 July 2018

Banyak yang bilang kalau makan terong saat hamil itu enggak boleh. Padahal, seorang ahli gizi menyebutkan, mak...

Selengkapnya

KEHAMILAN

20 July 2018

Mengonsumsi mangga saat hamil ada manfaat dan risikonya. Simak penjelasan tentang manfaat dan risiko makan man...

Selengkapnya

KECANTIKAN

20 July 2018

Area siku dan lutut yang gelap tentu saja bikin kamu jadi enggak percaya diri saat ingin mengenakan dress pend...

Selengkapnya