• Home
  • /
  • Hindari Makanan Ini saat Hamil dengan Hipertensi 

Hindari Makanan Ini saat Hamil dengan Hipertensi 

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Hindari Makanan Ini saat Hamil dengan Hipertensi 

Halodoc, Jakarta – Tekanan darah tinggi alias hipertensi adalah kondisi yang sama sekali tidak boleh dianggap sepele, apalagi jika dialami ibu hamil. Meski sebenarnya kondisi ini normal dialami selama hamil, tetapi hipertensi selama masa hamil bisa memicu komplikasi jika tidak ditangani dengan tepat. Tak hanya bagi tubuh ibu, hipertensi pada masa kehamilan juga bisa mengganggu perkembangan janin yang dikandung. 

Ada banyak faktor yang bisa memicu meningkatnya tekanan darah seseorang, salah satunya konsumsi makanan tertentu. Kabar buruknya, ibu hamil tidak boleh sembarangan mengonsumsi obat. Maka dari itu, gejala hipertensi yang muncul bisa merepotkan dan pada tingkat yang berbahaya bisa memicu komplikasi pada kehamilan. Mencegah gejala hipertensi saat hamil bisa dilakukan dengan menghindari konsumsi makan tertentu. Apa saja jenis makanan yang harus dihindari? Simak pembahasannya di bawah ini!

Baca juga: Mengenal Bahaya Hipertensi Saat Hamil

Makanan yang Harus Dihindari 

Tekanan darah tinggi bisa menyerang siapa saja. Namun, kondisi ini bisa membawa dampak yang berbahaya bagi kesehatan. Seorang ibu hamil dikatakan mengalami hipertensi jika hasil pemeriksaan tekanan darah menunjukkan angka di atas 140/90 mmHg. Ada beberapa jenis hipertensi yang bisa terjadi dalam kehamilan, antara lain hipertensi kronik, hipertensi kronik dengan preeklamsia, hipertensi gestasional, preeklamsia, dan eklamsia.

Mengonsumsi makanan tertentu bisa menjadi salah satu pemicu munculnya tekanan darah tinggi. Maka dari itu, untuk mencegahnya juga dilakukan dengan menghindari makanan tersebut. Lantas, apa saja makanan yang harus dihindari untuk mencegah hipertensi pada kehamilan? 

  • Banyak Mengandung Garam 

Salah satu makanan yang pasti harus dihindari agar hipertensi tidak kambuh selama kehamilan adalah makanan asin atau mengandung banyak garam. Sebenarnya, tubuh membutuhkan natrium dalam jumlah kecil. Namun, konsumsi terlalu banyak natrium dapat menyebabkan hipertensi. Jadi, gantilah garam dengan rempah lainnya, seperti jintan atau merica. Kurangi juga asupan makanan kaleng dan makanan cepat saji.

Baca juga: Catat, Ini 7 Nutrisi Penting bagi Ibu Hamil

  • Hindari Alkohol

Selain makanan yang banyak mengandung garam, ibu hamil juga sebaiknya menghindari konsumsi minuman yang mengandung alkohol. Selain bisa merusak dan mengganggu kesehatan tubuh, mengonsumsi minuman beralkohol selama hamil juga bisa membuat ibu rentan mengalami tekanan darah tinggi. Maka dari itu, sebaiknya hindari mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung alkohol

Selain membatasi makanan tertentu, ibu hamil juga harus menerapkan pola hidup sehat untuk menjaga kesehatan tubuh. Selama hamil, hindari kebiasaan merokok karena hal ini juga bisa meningkatkan risiko hipertensi alias tekanan darah tinggi. Selain itu, ibu hamil juga perlu mengelola stres dengan baik untuk menghindari naiknya tekanan darah. Pasalnya, stres dan tekanan berlebih bisa menjadi pemicu ibu hamil mengalami hipertensi. 

Ibu hamil juga disarankan untuk tetap aktif bergerak selama masa kehamilan. Ibu hamil yang tidak banyak bergerak cenderung berisiko mengalami tekanan darah tinggi. Jadi, terapkan rutinitas fisik dan jadilah konsisten selama ibu sedang hamil. 

Baca juga: Ini 8 Makanan yang Membuat Hipertensi Kambuh

Tidak hanya menghilangkan stres, aktif bergerak juga membantu meningkatkan sirkulasi darah dan menurunkan tekanan darah. Namun perlu diingat, sebaiknya jangan memaksakan diri dan harus tahu kapan harus beristirahat. Aktivitas yang terlalu berat malah bisa menyebabkan ibu hamil kelelahan dan mudah sakit. 

Punya masalah kesehatan selama hamil atau mengalami gejala hipertensi? Bicarakan pada dokter di aplikasi Halodoc saja. Ibu bisa dengan mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat, kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar rumah. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi:
Motherly. Diakses pada 2020. 7 Ways to Lower Blood Pressure During Pregnancy.
Livestrong. Diakses pada 2020. Diet for Pregnant Women with High Blood Pressure.
Firstcry Parenting. Diakses pada 2020. Diet Recommendations to Reduce High Blood Pressure in Pregnancy.