03 September 2018

Hindari Stres, Saatnya Lakukan 5 Olahraga Ringan di Meja Kerja

olahraga ringan, olahraga ringan di kantor, deskercise, latihan di kantor, meja kerja

Halodoc, Jakarta – Bagi kamu yang bekerja di dalam kantor, duduk selama satu hari penuh adalah kegiatan sehari-hari yang kamu lewati. Tidak hanya itu, nyatanya duduk dalam jangka waktu yang cukup panjang juga dapat membuat kesehatanmu menurun. Nah, tidak ada salahnya kamu gunakan waktu luang kamu atau waktu beristirahat di kantor untuk melakukan olahraga ringan di sekitar meja kerja kamu.

Ya, kegiatan olahraga ringan di sekitar meja kerja biasanya dikenal dengan istilah deskercise. Kamu bisa lakukan olahraga ringan ini agar kesehatan kamu juga tetap terjaga selama bekerja di kantor. Tentu dengan kesehatan yang baik, hasil kerja juga akan lebih memuaskan.

1. Melayang di atas Kursi

Olahraga ringan ini nyatanya bisa membuat otot bahu maupun tangan kamu yang terasa pegal akibat terlalu banyak mengetik atau menulis bisa teratasi. Caranya, kamu duduk bersila di atas kursi kerja kamu, letakkan kedua tangan di sisi kanan dan kiri kursi. Setelah itu, secara perlahan-lahan angkat tubuh kamu dengan membuat tekanan pada kedua tangan sebagai tumpuan. Tahan selama 10 hingga 20 detik, kemudian turun secara perlahan. Sisipkan waktu istirahat selama 30 detik setelah tubuh kamu kembali duduk di kursi. Ulangi olahraga ringan ini sebanyak 5 kali.

2. Peregangan Kaki

Saat duduk terlalu lama, terkadang otot kaki dan betis juga akan terasa sakit. Kamu bisa mencoba lakukan peregangan pada kaki kamu. Caranya, duduk pada kursi, kemudian luruskan kaki kamu satu persatu, angkat salah satu kaki kamu, dan tahan selama 5-10 detik. Lakukan gerakan ini pada kaki kamu yang lainnya. Setelah itu, kamu bisa mencoba untuk mengangkat kedua kaki secara bersamaan dengan teknik yang sama.

3. Peregangan Tulang Belakang

Terkadang tulang belakang juga terasa sangat pegal jika duduk dalam waktu yang cukup lama. Kamu bisa melakukan peregangan tulang belakang, caranya, duduk tegak pada kursi kamu. Setelah itu, letakan tangan kiri kamu pada meja dan letakan tangan kanan pada belakang kursi diikuti dengan arah tubuh kamu. Tahan selama beberapa detik. Lakukan pada arah sebaliknya.

4. Push Up Meja

Lakukan gerakan push up pada ujung meja. Posisikan tubuh kamu seperti akan melakukan push up, tapi kamu bukan melakukan ini di lantai. Letakkan kedua tangan kamu pada ujung meja dan luruskan kaki dengan memberi jarak. Kemudian, bergeraklah naik turun. Lakukan beberapa kali selama 30 detik.

5. Up and Sit

Gerakan ini hampir mirip dengan gerakan melayang di atas kursi. Namun bedanya, gerakan ini kamu tidak memerlukan bantuan kedua tangan untuk menopang tubuh kamu. Kamu memerlukan tumpuan kaki yang kuat untuk melakukan ini. Caranya, duduk tegak pada kursi, kemudian lakukan gerakan berdiri kemudian kembali duduk. Lakukan ini selama beberapa detik.

Ya, latihan ini bisa kamu gunakan di sela-sela waktu luang kamu di kantor. Berolahraga nyatanya bisa kamu lakukan di mana saja dan kapan saja. Jadi jangan tunda untuk berolahraga. Jika kamu memiliki keluhan mengenai kesehatan kamu, gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya langsung pada dokter. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Baca juga: