• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ibu Bekerja, Ini Tips Jaga Kesehatan

Ibu Bekerja, Ini Tips Jaga Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta - Di era yang serba canggih sekarang ini, emansipasi sudah semakin tinggi, kesetaraan sudah semakin terbukti. Ini ditunjukkan dengan banyaknya wanita yang turut berjuang meniti karir, bersaing dengan para pria untuk berpartisipasi dalam sebuah misi yang sama di perusahaan. Tidak sedikit pula, para wanita ini juga merangkap kerja sebagai ibu rumah tangga. 

Namun, menyandang peran ganda sebagai ibu rumah tangga berikut wanita karier itu bukan perkara mudah. Ibu harus pandai-pandai mengatur waktu dan bersikap adil, cara mengatur pekerjaan rumah, mengurus ayah juga sang buah hari. Di sisi lain, ibu harus bisa memenuhi tenggat pekerjaan yang terkadang seperti tidak mengerti kondisi, meminta untuk diselesaikan lebih dini. 

Baca juga: 5 Tips Bagi Ibu Hamil yang Masih Bekerja

Tips Jaga Kesehatan untuk Ibu Bekerja

Seringnya, ibu jadi lupa untuk menjaga kesehatan diri sendiri karena terlalu sibuk untuk mengurus rumah tangga dan pekerjaan di kantor. Belum lagi jika ibu menemukan hambatan dan masalah, baik di kantor maupun di rumah yang menyita pikiran dan menguras tenaga. Hal ini membuat imunitas tubuh ibu semakin menurun dan tubuh lebih mudah terserang penyakit. 

Tentu saja, ibu perlu menjaga kekebalan tubuh dengan rutin mengonsumsi vitamin. Pastikan ibu memiliki stok ya, kalau tidak sempat beli, ibu bisa manfaatkan layanan Beli Obat yang ada di aplikasi Halodoc. Kapan saja dan di mana saja, beli obat dan vitamin tidak lagi sulit dilakukan dan langsung diantar ke alamat tujuan tempat ibu berada.

Selain konsumsi vitamin, ibu bisa tetap menjaga kesehatan tubuh dengan tips berikut ini. 

  • Sarapan itu penting. Namun, memilih menu sarapan yang tepat itu jauh lebih penting. Cobalah untuk membuat menu yang sehat untuk sarapan, karena bisa membuat ibu lebih sehat dan bertenaga, serta siap untuk beraktivitas sepanjang hari. 

  • Atur waktu minum kopi. Sebaiknya minumlah kopi antara pukul 09.30 hingga 11.30. Berikan jeda sebelum waktu makan siang tiba. 

  • Pilih camilan yang tepat. Makan di antara lepas sarapan dan sebelum makan siang itu wajar terjadi. Namun, tetap pilih camilan yang sehat agar tidak terlalu menimbun lemak di dalam tubuh. Yogurt, cokelat hitam, kacang-kacangan, dan buah-buahan adalah pilihan yang tepat untuk camilan sehat ibu selama bekerja. 

  • Lakukan Tugas yang Sulit Terlebih Dahulu. Ini penting, karena ibu akan merasa memiliki lebih banyak waktu untuk mengerjakan pekerjaan yang mudah. Ibu juga akan memiliki waktu luang di akhir pekan bersama dengan keluarga. 

Baca juga: Ini Trik Sehat Saat Lembur Mengejar Deadline

Meski pekerjaan seakan menyita waktu dan pikiran, ibu tidak boleh melewatkan makan siang. Ini bisa membuat ibu tetap bugar selama sisa hari, dan pekerjaan pun bisa selesai tepat pada waktunya. Pun, tidak melewatkan makan siang akan membuat ibu tidak merasa lapar dan kalap makan. Pasalnya, melewatkan makan siang juga memengaruhi suasana hati ibu, lho. Bisa-bisa, ibu akan menjalani sisa hari dengan suasana hati yang tidak karuan dan bisa terbawa hingga ibu pulang ke rumah dan bertemu kembali dengan keluarga. 

Baca juga: Begini Cara Menjaga Kehamilan Bagi Ibu yang Super Sibuk


Referensi: 
Mother & Baby. Diakses pada 2019. 8 Smart Ways to Get Through Your Working Day On Zero Sleep.
Baby Chick. Diakses pada 2019. 9 Tips for Working Moms to Stay Healthy While at Work.
Healthy Children. Diakses pada 2019. Working Mothers.