08 March 2018

Ibu Hamil Enggak Boleh Makan Nanas, Masa Sih?

Ibu Hamil Enggak Boleh Makan Nanas Masa Sih

Halodoc, Jakarta – Selama menjalani kehamilan, ibu tentunya sering mendengar berbagai mitos dan larangan seputar kehamilan. Salah satu mitos mengatakan kalau ibu hamil enggak boleh makan nanas selama kehamilan. Buah berbentuk unik ini dianggap memiliki kandungan asam yang sangat tinggi sehingga bisa memberi dampak buruk untuk janin. Tapi, benarkah mitos tersebut?

Buah nanas yang berasal dari Brazil ini juga tumbuh dengan subur dan sangat mudah didapatkan di Indonesia yang beriklim tropis. Rasanya yang asam tapi segar membuat buah bermahkota ini disukai banyak orang, termasuk ibu hamil. Apalagi saat hamil, kebanyakan wanita ngidam mengonsumsi buah yang asam. Buah nanas sendiri memiliki kandungan nutrisi yang lengkap, mulai dari vitamin C yang tinggi, vitamin A, magnesium, zat besi, natrium, sukrosa, fosfor, kalsium dan juga enzim bromelain. Karena itu, nanas sebenarnya adalah buah yang sangat sehat dan dapat memberi banyak manfaat untuk ibu hamil. Berikut manfaat nanas untuk kehamilan:

  • Membantu Proses Persalinan

Kandungan enzim bromelain yang terdapat dalam nanas diduga dapat membantu melunakkan leher rahim dan memicu kontraksi, sehingga proses persalinan bisa berlangsung dengan lancar. Tapi, untuk mendapatkan efek bromelain tersebut, ibu perlu mengonsumsi setidaknya 7 buah nanas. Sedangkan ibu hamil tidak dianjurkan untuk mengonsumsi buah tersebut dalam jumlah banyak karena bisa menyebabkan diare.

  • Meredakan Rasa Cemas

Wajar jika ibu merasa cemas selama kehamilan. Entah khawatir dengan kondisi janin, cemas menghadapi persalinan nanti atau khawatir bentuk tubuh tidak bisa kembali seperti semula. Nah, menurut penelitian, kandungan vitamin dan flavonoid pada nanas dipercaya memiliki efek ansiolitik, yaitu membantu meredakan kecemasan yang ibu hamil rasakan.

  • Mempercantik Kulit

Segelas jus nanas mengandung 79 mg vitamin C. Nutrisi tersebut bisa meningkatkan kolagen dan mempercantik kulit ibu hamil dari dalam.

  • Sumber Nutrisi untuk Ibu dan Janin

Kandungan nutrisi yang lengkap pada nanas sangat baik untuk kesehatan ibu dan janin. Misalnya seperti asam folat yang dapat mencegah bayi cacat lahir, zat besi yang dibutuhkan untuk memproduksi darah, ada juga magnesium, mangan dan vitamin B6.

Tapi selain manfaat baik di atas, nanas juga bisa memberi dampak buruk bagi kehamilan. Inilah alasan mengapa ibu hamil sebaiknya tidak mengonsumsi nanas:

  • Menyebabkan Keguguran atau Lahir Prematur

Karena efek bromelain bisa memicu kontraksi, nanas diduga bisa menyebabkan bayi lahir prematur atau bahkan mengalami keguguran. Jadi, ibu dianjurkan untuk tidak mengonsumsi nanas dalam jumlah berlebihan di awal kehamilan.

  • Berdampak Buruk pada Kulit Bayi

Menurut penelitian, mengonsumsi nanas yang dihindangkan panas, bisa berdampak buruk pada kulit bayi dan membuat bayi memiliki alergi. Hal ini disebabkan karena nanas yang disajikan panas bisa mengeluarkan racun yang memicu dua hal tersebut.

  • Gangguan Kesehatan

Karena rasanya yang sangat asam, nanas dapat memicu gangguan pada lambung. Jadi, untuk ibu hamil yang punya riwayat penyakit maag, sebaiknya menghindari buah ini dulu selama masa kehamilan.

Ibu hamil boleh saja jika ingin mengonsumsi nanas untuk mendapatkan manfaat nutrisinya,. Namun, ibu dianjurkan untuk mengonsumsi nanas yang masih segar dan hindari mengonsumsi nanas dalam bentuk jus atau minuman kaleng, karena enzim bromelainnya sudah rusak. Ibu juga sebaiknya membicarakan dulu dengan dokter kandungan jika ingin mengonsumsi nanas. (Baca juga: Bolehkah Ibu Hamil Makan Mi Instan?)

Jika ibu sakit atau mengalami masalah kesehatan selama kehamilan, hubungi saja dokter melalui aplikasi Halodoc. Ibu bisa meminta saran kesehatan dan rekomendasi obat dari dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.