Ibu Hamil Jadi Vegetarian, Bolehkah?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Ibu Hamil Jadi Vegetarian, Bolehkah?

Halodoc, Jakarta - Saat wanita hamil, ia akan membutuhkan banyak asupan makanan. Ibu hamil harus mencukupi asupan karbohidrat, protein, kalsium, hingga vitamin. Hal tersebut berguna untuk pertumbuhan janin di dalam rahim agar tetap sehat ketika nanti dilahirkan.

Namun, bagaimana dengan ibu hamil yang seorang vegetarian? Umumnya, seseorang yang melakukan pola makan tersebut akan menghindari makanan yang berasal dari hewani. Namun, apakah asupan gizi yang diterima dan ditransfer ke janin akan tetap terpenuhi? Berikut pembahasannya!

Baca juga: 4 Asupan Penting untuk Ibu Hamil yang Vegetarian

Ibu Hamil dengan Pola Makan Vegetarian

Dengan mengonsumsi makanan yang sehat saat kehamilan, kamu dapat mencukupi nutrisi yang dibutuhkan untuk diri sendiri dan janin yang sedang berkembang. Sangat penting untuk mengonsumsi makanan yang seimbang untuk kehamilan. Untuk ibu hamil yang vegetarian, selalu pastikan asupan zat besi, vitamin B12, dan vitamin D tetap tercukupi walau umumnya terdapat pada daging dan ikan.

Ternyata, masih banyak orang yang menentang seorang ibu hamil yang masih melakukan pola makan vegetarian. Padahal, hal tersebut sangat baik dan menyehatkan bagi kehamilan yang terjadi dan membuat bayi menjadi lebih sehat. Kekhawatiran terjadi karena beberapa nutrisi hanya terdapat di dalam produk hewani. Padahal, asupan tersebut dapat diganti dengan makanan lain.

Jika kamu mempunyai pertanyaan terkait pola makan vegetarian pada ibu hamil, dokter dari Halodoc dapat membantumu mendapatkan jawabannya. Caranya, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone kamu sekarang juga!

Nutrisi yang Harus Diperhatikan oleh Ibu Hamil Vegetarian

Sangat penting untuk memenuhi nutrisi yang berguna untuk membuat janin terus berkembang dengan normal. Zat yang dibutuhkan tersebut antara lain protein, kalsium, zat besi, vitamin B12, dan vitamin D. Berikut beberapa makanan alternatif untuk seorang ibu hamil yang melakukan pola hidup vegetarian, antara lain:

  1. Protein

Salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh wanita yang sedang mengalami kehamilan adalah asupan protein. Zat tersebut sangat penting karena membantu untuk membangun sel dan hormon pada bayi yang sedang tumbuh. Seorang vegetarian yang mengonsumsi susu dan telur, mungkin asupan proteinnya sudah terpenuhi dengan baik. Makanan lainnya yang dapat dikonsumsi adalah kacang-kacangan, biji gandum, roti, susu kedelai, dan tahu.

Baca juga: 5 Tips Bagi Ibu Hamil yang Tidak Suka Makan Sayur

  1. Kalsium

Kalsium juga salah satu asupan yang penting untuk memastikan pertumbuhan janin tetap normal. Kandungan tersebut berfungsi untuk membangun tulang, otot, jantung, dan saraf bayi. Hal ini umumnya terjadi selama trimester ketiga. Jika asupan tersebut tidak terpenuhi, kalsium dari tulang kamu akan diambil, sehingga kamu dapat berisiko terkena osteoporosis kelak. Untuk ibu hamil, kamu dapat mengonsumsi yogurt, keju, susu, hingga sayuran berdaun hijau.

  1. Zat Besi

Volume darah pada tubuh akan meningkat kurang lebih 50 persen ketika kehamilan terjadi. Hal tersebut untuk mendukung bayi kamu yang sedang berkembang, serta zat besi berguna untuk memproduksi lebih banyak sel darah merah. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia yang berakibat pada persalinan prematur juga berat bayi lahir rendah. Makanan yang dapat dikonsumsi, yaitu kacang polong, produk dari kedelai, buah kering, dan bayam.

  1. Vitamin B12

Vitamin B12 dengan asam folat berguna untuk perkembangan otak janin. Selain itu, vitamin tersebut juga berguna untuk pembentukan sel darah merah dan pembentukan materi genetik. Kekurangan akan menyebabkan cacat tabung saraf dan kelahiran prematur. Kamu dapat mengonsumsi susu kedelai, sereal, dan ragi.

Baca juga: Bahaya Kekurangan Vitamin C saat Hamil

  1. Vitamin D

Vitamin D juga berguna untuk membangun dan menjaga kesehatan gigi serta tulang. Kekurangan zat ini dapat menyebabkan rakhitis bawaan dan patah tulang pada bayi. Kamu dapat mencukupi asupan ini melalui makanan dan suplemen.

Referensi:
NHS.Diakses pada 2019.Vegetarian and vegan mums-to-be
Whattoexpect.Diakses pada 2019.Eating Vegetarian and Vegan During Pregnancy