29 June 2018

4 Asupan Penting untuk Ibu Hamil yang Vegetarian

ibu hamil vegetarian, asupan untuk janin, nutrisi untuk ibu hamil

Halodoc, Jakarta – Meskipun memilih untuk menjadi vegetarian, tetapi ibu hamil tetap harus memenuhi kebutuhan nutrisi untuk menunjang pertumbuhan janin. Ada beberapa nutrisi yang sangat penting untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, yaitu zat besi dan vitamin B12. Zat besi dibutuhkan untuk membentuk sel darah merah, serta membawa oksigen ke seluruh tubuh dan janin. Sedangkan, vitamin B12 berperan penting dalam memelihara sistem saraf agar tetap sehat dan mengubah makanan menjadi energi bagi ibu hamil.

Kedua nutrisi ini lebih banyak ditemukan pada makanan hewani, seperti daging dan ikan. Namun, ibu hamil tidak perlu khawatir karena masih bisa disiasati dengan makanan yang lain. Nah, agar asupan penting ibu hamil yang vegetarian tetap terpenuhi, sebaiknya perhatikan beberapa hal ini.

Baca juga: Tips Mengembalikan Nafsu Makan Saat Morning Sickness

  • Karbohidrat

Karbohidrat adalah sumber energi bagi tubuh. Karbohidrat ini berguna untuk menjaga berat badan ibu hamil dan juga bayi tetap stabil dan normal. Untuk mencukupi kebutuhan karbohidrat saat hamil, ibu hamil yang menjalani pola vegetarian sebaiknya mengonsumsi singkong, ketela, talas, atau jagung untuk memenuhi asupan karbohidrat ibu dan juga bayi dalam kandungan. Selain dapat memenuhi asupan karbohidrat pada ibu hamil, singkong ternyata dapat membantu ibu untuk menghindari masalah sembelit saat kehamilan. Banyak cara untuk menikmati singkong, bisa dikukus atau membuat camilan yang berbahan dasar singkong.

  • Protein

Protein hewani juga menjadi kebutuhan bagi ibu hamil agar ibu dan janin bisa sehat. Namun untuk kebutuhan protein hewani, ibu bisa menggantinya dengan protein nabati. Yang membedakan protein hewani dengan protein nabati terdapat pada fungsi penyerapan zat oleh tubuh. Artinya, protein hewani memang lebih cepat diserap oleh tubuh dibandingkan protein nabati.

Ibu tidak perlu khawatir, protein nabati dapat diserap oleh tubuh dengan cepat jika ibu juga mengonsumsi vitamin C yang dapat ibu peroleh dari buah atau sayur. Vitamin C dapat membantu proses penyerapan protein dan zat besi yang terdapat dalam makanan. Ibu bisa mengonsumsi kacang-kacangan, seperti kacang polong atau kacang almond untuk mendapatkan asupan protein. Tahu dan susu kedelai juga bisa menjadi sumber protein nabati bagi ibu hamil.

  • Asam Folat

Asam folat adalah nutrisi penting pada masa kehamilan ibu. Banyak sekali manfaat asam folat untuk ibu hamil, misalnya asam folat bisa menghindari cacat pada bayi yang baru lahir. Asam folat juga berperan penting dalam mencegah keguguran pada awal kehamilan. Asam folat secara alami bisa ibu dapatkan jika ibu mengonsumsi beberapa sayuran, seperti bayam, asparagus, dan brokoli. Tidak hanya sayuran, banyak buah yang mengandung asam folat yang tentunya sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil, seperti alpukat, pepaya, pisang, dan melon.

  • Vitamin D

Vitamin D sangat dibutuhkan oleh ibu hamil untuk tumbuh kembang janin dalam kandungan. Dengan terpenuhi asupan vitamin D saat masa kehamilan, kelak anak yang lahir akan memiliki kemampuan akademis yang baik. Vitamin D sangat diperlukan untuk pertumbuhan tulang pada bayi dalam kandungan. Jika ibu seorang vegetarian, ibu bisa mengonsumsi tahu, tempe, susu kacang kedelai, dan jamur untuk mendapatkan asupan vitamin D bagi ibu dan bayi dalam kandungan.

Baca juga: Inilah 4 Vitamin Penting yang Dibutuhkan Ibu Hamil

Banyak ibu hamil yang vegetarian terkadang cemas untuk memenuhi kebutuhan asupan nutrisi selama masa kehamilan. Ibu bisa bertanya pada dokter melalui aplikasi Halodoc untuk mengetahui sayur dan buah apa saja yang bisa memenuhi nutrisi yang dibutuhkan. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store dan Google Play sekarang juga!