• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ibu, Ini 3 Manfaat Wortel untuk MPASI Si Kecil
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ibu, Ini 3 Manfaat Wortel untuk MPASI Si Kecil

Ibu, Ini 3 Manfaat Wortel untuk MPASI Si Kecil

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 22 Februari 2022

“MPASI adalah salah satu langkah awal anak untuk mengonsumsi makanan yang padat. Ada banyak pilihan bahan dasar yang dapat diberikan, salah satunya wortel. Sayuran ini juga dapat memberikan banyak manfaat pada Si Kecil saat diberikan secara rutin.”

Ibu, Ini 3 Manfaat Wortel untuk MPASI Si KecilIbu, Ini 3 Manfaat Wortel untuk MPASI Si Kecil

Halodoc, Jakarta – MPASI, atau makanan pendamping ASI, sangat perlu diperhatikan oleh setiap ibu untuk memastikan Si Kecil mendapatkan asupan gizi yang cukup. Salah satu jenis bahan dasar yang dapat ibu oleh menjadi MPASI adalah sayur-sayuran, termasuk wortel. 

Tentu saja, wortel juga dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan Si Kecil. Jika ibu ingin mengetahuinya, baca ulasan berikut!

Berbagai Manfaat Wortel untuk Kesehatan Bayi

Pemberian MPASI berupa makanan padat yang sudah dihaluskan dalam diet bayi adalah langkah yang penting untuk pertumbuhannya. Wortel dapat menjadi pilihan yang tepat sebagai makanan padat pertama untuk Si Kecil karena teksturnya yang halus, rasanya yang manis, disertai dengan nilai gizi yang tinggi dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Wortel juga dapat diolah menjadi jus atau dicampur dengan beberapa sayur dan buah lainnya. Sayur ini sangat cocok untuk diperkenalkan ke bayi saat usianya memasuki 6 hingga 8 bulan. Saat wortel dimasak hingga mendidih, bahan MPASI ini menjadi makanan yang lembut dan kenyal. Bayi menyukai makanan MPASI ini karena mudah untuk ditelan dan dicerna.

Maka dari itu, ibu juga perlu tahu berbagai manfaat yang bisa didapatkan oleh Si Kecil dengan mengonsumsi wortel. Berikut beberapa di antaranya:

1. Meningkatkan Kesehatan Mata

Salah satu manfaat wortel pada MPASI untuk bayi adalah mampu meningkatkan kesehatan mata. Sebab, wortel mengandung beta-karoten yang bermanfaat bagi penglihatan dan menjaga mata agar tetap sehat. Zat ini merupakan pigmen alami pada warna cerah oranye dalam wortel. Wortel juga merupakan sumber Lutein dan Zeaxanthin yang mampu mengurangi risiko degenerasi makula.

2. Baik untuk Kulit

Wortel juga sangat baik untuk kesehatan kulit yang dihubungkan dengan adanya kandungan beta-karoten. Senyawa ini mampu mengurangi peradangan dan mempromosikan pemulihan yang lebih cepat saat alami gangguan kulit. Kalium dalam wortel juga dapat mengurangi kekeringan kulit, sehingga lebih halus. Tentu, ibu jadi lebih suka untuk menyentuh kulit bayi.

3. Memperkuat Imunitas

Ibu perlu menjaga sistem imunitas tubuh tetap maksimal agar tidak mudah untuk terserang penyakit. Limfosit dan trombosit di dalam darah dapat menjaga keseimbangan pada sistem kekebalan tubuh dan memastikan agar tetap maksimal. Nah, wortel mampu meningkatkan jumlah entitas ini, sehingga pertahanan tubuh mampu menangkal penyebab penyakit.

Nah, itulah beberapa manfaat wortel untuk MPASI pada Si Kecil yang perlu ibu ketahui. Dengan mengetahui hal ini, tentu ibu dapat mempertimbangkan agar secara rutin memberikan MPASI dengan bahan dasar wortel. Sehingga, anak bisa mendapatkan semua manfaat yang telah disebutkan dan tentunya mendapatkan gizi yang seimbang untuk pertumbuhannya.

Ibu juga bisa lho bertanya seputar MPASI ke dokter di Halodoc. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, ibu bisa berinteraksi dengan ahli medis di mana saja dan kapan saja sesuai dengan keinginan. Maka dari itu, jangan ragu lagi untuk menggunakan aplikasi Halodoc!

Referensi:
First Cry. Diakses pada 2022. Carrot for Babies – When to Introduce, Benefits and Recipes.
Solid Starts. Diakses pada 2022. Carrots.
Parent Circle. Diakses pada 2022. Carrot as first food for babies – Health benefits, nutritional value, Indian food options and side effects.