• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ibu, Ini 4 Manfaat Buah Naga sebagai MPASI
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ibu, Ini 4 Manfaat Buah Naga sebagai MPASI

Ibu, Ini 4 Manfaat Buah Naga sebagai MPASI

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 04 Maret 2022

“Bayi yang memasuki usia 6 bulan sudah bisa diberikan MPASI. Salah satu jenis buah yang biasa diolah menjadi MPASI adalah buah naga. Maka dari itu, ibu perlu tahu berbagai manfaat buah naga pada sebagai MPASI untuk anak.”

Ibu, Ini 4 Manfaat Buah Naga sebagai MPASIIbu, Ini 4 Manfaat Buah Naga sebagai MPASI

Halodoc, Jakarta – Buah naga adalah salah satu jenis buah yang kerap dimanfaatkan sebagai makanan pendamping ASI (MPASI) pada anak. Buah berwarna merah atau putih ini dipercaya dapat memberikan banyak manfaat pada bayi. Namun, apa saja sih manfaat buah naga saat diolah menjadi MPASI? Ketahui berbagai jawabannya di sini!

Berbagai Manfaat Buah Naga pada Bayi yang Perlu Diketahui

Buah naga adalah salah satu pilihan terbaik untuk bayi. Terlebih jika diberikan di usia yang tepat, manfaat yang didapatkan tentu bisa maksimal. Buah naga memiliki tekstur lembut, berair, sehingga sangat baik untuk diolah menjadi MPASI. Selain itu, buah ini mengandung beberapa nutrisi dan senyawa bioaktif disertai dengan nilai gizi yang tinggi. 

Buah satu ini juga kaya akan nutrisi, seperti vitamin A, B1, B2, B3, C, zat besi, kalsium. dan fosfor. Kandungan serat yang tinggi juga dapat meningkatkan pergerakan usus sehingga pencernaan menjadi lancar. Meski begitu, disarankan untuk menunggu hingga usia anak satu tahun agar lebih mudah untuk mencerna buah ini.

Lalu, apa saja sih manfaat buah naga saat diolah menjadi MPASI? Berikut beberapa di antaranya:

1. Membantu Memperkuat Sistem Imunitas Tubuh

memperkuat imunitas tubuh

Manfaat buah naga untuk MPASI adalah mampu memperkuat sistem imunitas tubuh. Pasalnya, buah ini mengandung antioksidan yang berguna melindungi membran sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Antioksidan tersebut juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, sehingga tidak mudah terkena infeksi. Beberapa sumber antioksidan tersebut adalah vitamin A, C, betalain, dan polifenol.

2. Membantu Memperkuat Tulang

membantu perkuat tulang

Buah naga kaya akan kandungan kalsium dan fosfor yang sangat baik dalam perkembangan tulang anak. Fosfor yang dikombinasikan dengan fenolik dan flavonoid dapat meningkatkan kepadatan tulang. Buah naga juga kaya akan vitamin C yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan tulang, otot, dan kulit, serta sistem peredaran darah.

3. Membantu Meningkatkan Kinerja Pencernaan

membantu pencernaan

Serat dan air termasuk salah satu kandungan yang dapat membantu untuk meningkatkan kinerja pencernaan. Zat tersebut diperlukan agar pergerakan usus lancar dan sehat, sehingga sembelit tidak terjadi. Cara ini juga dapat menstabilkan kandungan gula dan dapat membantu anak merasa kenyang. Selain itu, peningkatan berat badan juga dapat terjadi dengan cara yang sehat.

4. Meningkatkan Kesehatan Mata dan Kulit

meningkatkan kesehatan mata

Daging buah naga dan bijinya mengandung nutrisi penting, seperti asam lemak tak jenuh ganda, vitamin A dan C, fosfor, kalsium, dan zat besi. Nutrisi ini sangat baik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi secara keseluruhan. Buah naga dapat mendukung kesehatan mata dan kulit. Dengan begitu, mata anak lebih tajam dan kulitnya lebih mulus.

Nah, itulah beberapa manfaat buah naga pada anak saat diolah menjadi MPASI. Maka dari itu, pastikan ibu memberikannya secara rutin, sehingga segala manfaatnya benar-benar dirasakan. Selain buah-buahan, ibu juga perlu memberikannya sayur-sayuran yang juga dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Jangan lupa juga untuk mendapatkan vaksin anak agar tidak mudah untuk terserang penyakit.

Jika ibu ingin mengetahui lebih jauh tentang menu MPASI yang dapat memberikan manfaat bagi anak, dokter dari Halodoc siap membantu untuk menjawabnya. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam berinteraksi dengan ahli medis bisa dilakukan hanya dengan penggunaan smartphone.

Referensi:
Mom Junction. Diakses pada 2022. Dragon Fruit For Babies: Benefits, Precautions, And Recipes.
Parenting First Cry. Diakses pada 2022. Dragon Fruit for Baby – Is it Safe to Give Your Child?