• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ibu, Kenali Ciri-Ciri Anak dengan Karakter Sanguinis
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ibu, Kenali Ciri-Ciri Anak dengan Karakter Sanguinis

Ibu, Kenali Ciri-Ciri Anak dengan Karakter Sanguinis

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 30 September 2022

“Terdapat beberapa ciri yang dapat mengindikasikan kalau Si Kecil memiliki karakter sanguinis. Salah satunya adalah berjiwa sosial tinggi (mudah bergaul) karena kepribadian sanguinis merupakan seorang ekstrovert sosial.”

Ibu, Kenali Ciri-Ciri Anak dengan Karakter SanguinisIbu, Kenali Ciri-Ciri Anak dengan Karakter Sanguinis

Halodoc, Jakarta – Setiap anak tentunya memiliki kepribadian dan karakter yang bervariasi. Nah, menurut ilmu psikologi, hingga saat ini ada empat temperamen atau karakter yang dimiliki seorang individu. Salah satunya adalah kepribadian sanguinis. 

Jika ibu berpikiran bahwa Si Kecil memiliki karakter tersebut, tentunya ibu harus benar-benar memahaminya. Tujuannya agar ibu dapat lebih memahami satu sama lain. Karena itu, ketahuilah ciri-ciri anak dengan karakter sanguinis di sini!

Ciri-Ciri Anak dengan Karakter Sanguinis

Terdapat beberapa ciri yang dapat mengindikasikan kalau Si Kecil memiliki karakter sanguinis, yaitu: 

1. Berjiwa sosial tinggi

Seorang anak yang memiliki karakter sanguinis merupakan makhluk sosial. Artinya, kebanyakan dari mereka ramah dan akan menjadi orang pertama yang menjabat tangan, memeluk, menepuk punggung, atau memulai percakapan dengan orang. Mereka merasa mudah mendapatkan teman, karena karakter sanguinis merupakan seorang ekstrovert sosial.

2. Optimis

Orang yang memiliki karakter sanguinis adalah orang yang optimis. Mereka lebih suka melihat sisi terang kehidupan, dan mereka suka menjalani hidup sepenuhnya. Selain itu, mereka tidak mungkin melihat yang buruk dalam suatu situasi karena mereka adalah yang baik. Mereka percaya hidup adalah pengalaman yang menyenangkan dan menyenangkan.

3. Impulsif

Sanguin adalah individu yang dianggap paling impulsif dari semua jenis kepribadian. Akibatnya, anak yang memiliki kepribadian sanguinis cenderung melakukan sesuatu hal tertentu dengan nekat, tanpa mempertimbangkan konsekuensinya. 

4. Memiliki komunikasi yang baik 

Mereka yang memiliki karakter sanguinis adalah komunikator yang sangat baik. Mereka bisa menyampaikan maksud dengan cara yang tidak bisa dilakukan banyak orang lain. Selain itu, mereka adalah pembicara motivasi yang hebat. 

Namun, orang-orang dengan kepribadian sanguinis mungkin bukan pendengar yang baik. Alhasil, pada komunikasi terbuka dalam hubungan pribadi, baik pertemanan maupun pada keluarga, mereka mungkin akan dianggap tidak acuh.

5. Emosional 

Ciri anak yang memiliki karakter sanguinis selanjutnya adalah cenderung emosional. Kendati demikian, emosi yang mereka luapkan merupakan respon yang cepat berlalu. Sebab, anak-anak dengan kepribadian sanguinis harus segera menanganinya. 

6. Gemar mencari perhatian 

Tipe karakter sanguinis diketahui sebagai individu yang gemar perhatian. Hal ini membuat anak-anak dengan kepribadian ini cenderung mencari orang-orang yang akan memberikan perhatian yang mereka dambakan. 

Sebagai contoh, anak berkepribadian sanguinis mungkin akan berhenti bermain dengan salah satu temannya jika tidak merasa tidak mendapatkan perhatian yang cukup. Selanjutnya, mereka akan mencari teman baru yang dapat memberikan perhatian yang sebagaimana mestinya mereka terima. 

7. Humoris dan mudah memaafkan

Mereka yang berkarakter sanguinis umumnya memiliki selera humor yang asli dan otentik. Mereka sangat terbuka dengan humor, tetapi menghindari humor yang bersifat negatif atau sarkasme. Sebab,  mereka lebih suka tertawa dan tersenyum bersama dengan orang lain. 

Selain itu, jenis karakter sanguinis juga diketahui mudah memaafkan sekaligus melupakan kesalahan yang dilakukan oleh orang lain. Namun, mereka mengharapkan perlakuan yang sama dari orang lain, apabila mereka melakukan kesalahan. Sebab, individu dengan karakter sanguinis cenderung ingin dimaafkan semudah mereka memaafkan orang lain. 

Itulah beberapa ciri-ciri karakter sanguinis yang perlu diketahui. Mulai dari berjiwa sosial tinggi, optimis, impulsif, memiliki komunikasi yang baik, hingga humoris dan mudah memaafkan. Kendati demikian, tidak semua ciri tersebut dapat menjadi tolok ukur seorang anak memiliki karakter sanguinis.

Maka dari itu, sebaiknya ibu memeriksakan karakter atau temperamen anak kepada ahlinya, yaitu psikolog. Tujuannya untuk mendapatkan hasil yang benar-benar akurat. 

Selain itu, pastikan juga untuk senantiasa memperhatikan kondisi kesehatan Si Kecil. Selain memberikannya makanan sehat bergizi seimbang, ibu juga perlu memeriksakan kesehatannya secara rutin. 

Nah, jika saat ini ibu ingin melakukannya, ibu bisa membuat janji medis melalui aplikasi Halodoc. Tentunya tanpa perlu mengantre atau menunggu lama. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi: 
Better Help. Diakses pada 2022. 15 Benefits And Traits Of Sanguine Temperament. 
Psychologia. Diakses pada 2022. Four Temperaments: Sanguine, Phlegmatic, Choleric, and Melancholic Personality Types. 
Halodoc. Diakses pada 2022. Ini Ciri-ciri Orang dengan Tipe Kepribadian Sanguinis.