• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Infused Water Lemon Bisa Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Infused Water Lemon Bisa Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta – Infused water adalah salah satu minuman yang sedang naik daun karena manfaat kesehatannya. Untuk membuat minuman yang satu ini, kamu hanya perlu memasukan berbagai buah-buahan ke dalam satu botol air. Lemon adalah buah yang kerap digunakan dalam infused water

Kandungan vitamin dan mineralnya yang beraneka ragam menjadi alasan mengapa lemon dijadikan buah favorit untuk infused water. Salah satu manfaat lemon yang paling terkenal adalah meningkatkan daya tahan tubuh. Benarkah demikian? 

Baca juga: 5 Buah untuk Detoks Infused Water yang Mudah Ditemui

Benarkah Infused Water Lemon Tingkatkan Daya Tahan Tubuh?

Lemon kaya akan vitamin C, antioksidan utama yang membantu melindungi sel dari kerusakan radikal bebas yang secara otomatis meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Melansir dari Healthline, vitamin C ampuh dalam mencegah atau membatasi durasi flu biasa pada beberapa orang. Vitamin C diketahui juga mampu mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke, serta menurunkan tekanan darah.

Meskipun lemon tidak berada di urutan teratas dalam daftar buah jeruk yang kaya vitamin C, buah ini masih menjadi sumber vitamin C yang baik. Menurut United States Department of Agriculture, satu jus lemon menyediakan sekitar 18,6 miligram vitamin C. Jumlah harian yang disarankan untuk orang dewasa adalah 65 hingga 90 miligram. Artinya, lemon sudah menyumbang 30 persen dari jumlah vitamin C harian orang dewasa.

Manfaat Infused Water Lemon untuk Kesehatan

Selain meningkatkan daya tahan tubuh, berikut ini manfaat infused water lainnya yang perlu diketahui:

  1. Menghidrasi Tubuh

Air adalah minuman terbaik untuk hidrasi tubuh, tetapi beberapa orang mungkin bosan dengan rasanya yang hambar. Menambahkan lemon meningkatkan rasa air, sehingga membantu seseorang minum lebih banyak.

Baca juga: Waktu Paling Baik Mengonsumsi Infused Water

  1. Menurunkan Berat Badan

Antioksidan polifenol yang ditemukan dalam lemon ternyata mampu mengurangi kenaikan berat badan. Senyawa antioksidan juga mengimbangi efek negatif pada kadar glukosa darah dan meningkatkan resistensi insulin, dua faktor utama dalam pengembangan diabetes tipe 2.

  1. Menyehatkan Kulit

Vitamin C yang ditemukan dalam lemon juga dapat membantu mengurangi kerutan kulit, kulit kering akibat penuaan dan kerusakan akibat sinar matahari. 

  1. Melancarkan Pencernaan

Beberapa orang sengaja minum air lemon sebagai pencahar di pagi hari untuk membantu mencegah sembelit. Minum air lemon hangat atau panas ketika bangun ternyata dapat membantu sistem pencernaan bergerak.

  1. Menyegarkan Nafas

Mengoleskan lemon pada tangan dapat menghilangkan bau bawang putih atau bau menyengat lainnya. Hal ini berlaku untuk bau mulut yang disebabkan oleh konsumsi makanan dengan bau yang kuat seperti bawang putih, bawang, atau ikan. Lemon mampu merangsang air liur untuk mencegah mulut kering yang menyebabkan bau mulut.

Baca juga: Adakah Efek Samping dari Minum Infused Water?

Itulah manfaat infused water yang perlu diketahui. Kalau kamu tertarik untuk mengonsumsinya, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah. Caranya, cukup siapkan satu liter air hangat yang sudah dimasukan ke dalam botol. Kemudian, masukkan dua irisan lemon dan diamkan selama satu jam. Kamu bisa memasukkannya ke dalam kulkas untuk menambahkan kesegaran. Jika kamu punya masalah kesehatan, hubungi dokter lewat aplikasi Halodoc. Melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call.

Referensi :
Healthline. Diakses pada 2020. 7 Ways Your Body Benefits from Lemon Water.
Medical News Today. Diakses pada 2020. Benefits of drinking lemon water.