• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 2 Makanan yang Baik Dikonsumsi untuk Kulit Sehat

Ini 2 Makanan yang Baik Dikonsumsi untuk Kulit Sehat

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Kamu mempunyai kulit yang kering dan kurang bernutrisi? Hal tersebut dapat terjadi karena kurang menjaga kesehatan kulit. Padahal, kulit yang mulus dapat membuat seseorang terlihat lebih bersih, terutama pada wanita yang membuatnya terlihat cantik. Maka dari itu, kamu harus tahu cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan kulit sehat.

Salah satu hal yang dapat dilakukan agar memiliki kulit indah dan mulus adalah dengan mengonsumsi makanan yang sangat baik untuk menutrisi bagian terluar tubuh tersebut. Cara ini juga dapat mengurangi dampak kulit keriput yang disebabkan oleh pertambahan usia. Berikut adalah beberapa makanan yang dapat kamu konsumsi agar memiliki kulit sehat!

Baca juga: 5 Jenis Makanan yang Baik untuk Kesehatan Kulit

Makanan yang Dikonsumsi Agar Memiliki Kulit Sehat

Banyak orang yang senantiasa menjaga kulitnya agar terlihat mulus dan terawat, salah satunya adalah dengan selalu menggunakan tabir surya. Meski begitu, kamu tetap harus memperhatikan sesuatu yang kamu konsumsi agar dapat menjaga kulit tetap mulut dari dalam. Hal ini mampu memerangi radikal bebas dan membuat kulit menjadi lebih halus. Beberapa makanan juga dapat membuat kulit menjadi bersinar.

Faktanya, kamu tidak perlu terlalu berusaha untuk mengonsumsi makanan super yang terbilang mahal dan sulit didapatkan. Banyak makanan yang berada di sekitar kamu tetap dapat membuat kulit menjadi sehat. Maka dari itu, kamu harus mengetahui beberapa makanan yang sangat direkomendasi untuk dikonsumsi agar memiliki kulit sehat. Berikut ini beberapa makanan tersebut:

1. Ikan Berlemak

Salah satu makanan yang dapat membuat kulit menjadi sehat adalah mengonsumsi ikan berlemak, seperti salmon dan mackerel. Ikan tersebut merupakan makanan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit karena mengandung asam lemak omega-3. Kandungan tersebut dapat membantu tubuh untuk menjaga kulit tetap tebal, kenyal, dan lembap.

Selain itu, kandungan asam lemak omega-3 yang terkandung pada ikan tersebut dapat mengurangi peradangan yang dapat menyebabkan kulit kemerahan dan jerawat. Bahkan, kandungan ini dapat membuat kulit menjadi kurang sensitif pada sinar UV yang dipancarkan oleh matahari agar dapat mengurangi bahaya yang ditimbulkan. Meski begitu, kandungan ini ternyata dapat membuat kulit kering.

Baca juga: Inilah 6 Makanan yang Ampuh Cegah Kulit Berminyak

Jika kamu masih memiliki pertanyaan terkait makanan yang dapat membuat kulit menjadi sehat, dokter kulit dari Halodoc siap membantu untuk memberikan saran. Caranya mudah sekali, cukup dengan download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan dan dapatkan kemudahan dalam akses kesehatan!

2. Alpukat

Makanan lainnya yang dapat membuat kamu memiliki kulit yang sehat adalah dengan rutin mengonsumsi alpukat. Buah ini kaya akan kandungan lemak sehat yang memiliki banyak manfaat untuk meningkatkan fungsi di dalam tubuh, termasuk juga kesehatan kulit. Tubuh yang mendapatkan cukup lemak dapat menjaga bagian kulit untuk tetap fleksibel dan lembap. Maka dari itu, sangat disarankan untuk rutin mengonsumsi alpukat.

Selain itu, alpukat juga disebutkan mengandung senyawa yang dapat membantu tubuh untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Kerusakan UV tersebut dapat menyebabkan keriput dan tanda-tanda penuaan lainnya. Kandungan vitamin E didalamnya juga dapat melindungi kulit dari kerusakan oksidatif. Terlebih lagi jika vitamin E dikombinasikan dengan vitamin C yang dapat membuat kulit menjadi lebih kuat.

Baca juga: 7 Jenis Makanan untuk Sehatkan Kulit dari Dalam

Itulah makanan-makanan sehat yang dapat membuat kulit menjadi sehat. Dengan rutin mengonsumsi makanan ini, diharapkan kamu dapat terhindar dari segala efek buruk yang mungkin terjadi. Karena itu, kamu memiliki kulit yang terlihat sangat mulus dan bersinar agar dapat tampil cantik secara keseluruhan.

Referensi:

Healthline. Diakses pada 2020. The 12 Best Foods for Healthy Skin.
Web MD. Diakses pada 2020. Foods for Healthy, Supple Skin.