• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Jenis Makanan yang Baik untuk Kesehatan Kulit

5 Jenis Makanan yang Baik untuk Kesehatan Kulit

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
undefined

Halodoc, Jakarta – Memiliki kulit cantik dan sehat tentu dambaan kebanyakan orang. Tapi, banyaknya aktivitas di luar ruangan justru enggak jarang membuat kulit menjadi kering dan kusam. Itu kenapa banyak orang yang menggunakan pelembab, tabir surya, dan lain-lain untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Sayangnya, ada satu hal yang sering dilupakan banyak orang dalam merawat kesehatan kulit, yaitu merawat kulit dari dalam. Merawat kulit dari dalam ini bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan kulit. Banyak studi menyebutkan bahwa kesehatan kulit tergantung pada makanan atau minuman yang kamu konsumsi. Lantas, apa saja sih makanan untuk kesehatan kulit? Intip di bawah ini, yuk!

  1. Ikan yang Berlemak

Ikan berlemak, seperti salmon, makarel, adalah beberapa jenis ikan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit. Dilansir dari situs halaman Healthline, beberapa jenis ikan tersebut nyatanya kaya asam lemak omega 3 yang dapat membantu kamu untuk menjaga kesehatan kulit. Tidak hanya itu, lemak omega 3 yang terkandung pada ikan juga dapat membantu kamu mengurangi peradangan yang terjadi pada kulit. Kekurangan omega 3 pada kulit nyatanya dapat sebabkan kulit menjadi kering dan tidak bersinar atau kusam. The American Journal of Clinical Nutrition, kandungan asam lemak omega 3 yang ditemukan pada ikan salmon dapat melindungi kulit dari paparan radikal bebas.

  1. Bayam

Siapa yang tidak suka bayam? Selain mudah ditemukan nyatanya sayuran hijau ini juga mudah untuk diolah menjadi berbagai macam makanan. Dilansir dari Medical News Today, selain baik bagi pengidap diabetes dan asma, nyatanya sayuran bayam juga bisa membantu kamu menjaga kesehatan kulit, loh. Bayam nyatanya memiliki banyak kandungan vitamin A yang dapat memproduksi minyak pada pori-pori untuk menghindari kulit kering. Bayam juga mengandung vitamin C yang cukup tinggi sehingga dapat memelihara kandungan kolagen dalam tubuh.

  1. Alpukat

Nyatanya, buah alpukat kaya akan lemak sehat. Lemak sehat nyatanya memiliki manfaat yang sangat baik untuk tubuh, khususnya kesehatan kulit. Dengan memenuhi kebutuhan lemak sehat dalam tubuh kamu akan dengan mudah memiliki kulit yang sehat dan lembab. Selain itu, dilansir dari situs halaman Healthline, alpukat memiliki kandungan vitamin E dan C yang cukup tinggi sehingga dapat menjaga kulit dari paparan sinar matahari secara langsung. Ada banyak dampak buruk pada kulit akibat paparan sinar matahari secara langsung, salah satunya adalah kulit terbakar. Namun jangan khawatir, kamu bisa bertanya langsung pada dokter untuk penanganan kondisi ini melalui aplikasi Halodoc.

  1. Kacang Edamame

Tubuh juga memerlukan antioksidan untuk menjaga kesehatan kulit. Kamu dapat menemukan kandungan antioksidan yang cukup tinggi pada kacang edamame. Edamame mengandung isoflavon yang berfungsi menjaga kesehatan kulit dari paparan sinar matahari langsung. Menurut Web MD, antioksidan sangat berguna untuk menjaga kesehatan kulit dan mencegah kerusakan kulit akibat sinar matahari.

  1. Telur

Nyatanya tidak ada yang ingin memiliki kulit kering. Tidak ada salahnya untuk mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A cukup tinggi, salah satunya adalah telur. Dengan memenuhi kebutuhan vitamin A dalam tubuh, kamu dapat mengurangi bintik-bintik cokelat atau kerutan yang muncul pada beberapa bagian kulit.

Selain makanan di atas, agar kesehatan kulit tetap terjaga, kamu juga perlu menjaga kelembaban kulit dengan mencukupi kebutuhan cairan tubuh harian. Asupan air yang cukup tidak hanya membuat kulit menjadi lembab, namun juga dapat menyembuhkan jerawat, melindungi kulit dari racun berbahaya, dan membuat kulit lebih cerah.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2019. The 12 Best Foods For Healthy Skin
Web MD. Diakses pada 2019. Foods For Healthy, Supple Skin
BBC Good Food. Diakses pada 2019. Eat Your Way to Faboulous Skin
Medical News Today. Diakses pada 2019. Health Benefits and Nutritional Value of Spinach