• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 3 Bahan Alami untuk Redakan Batuk Berdahak pada Anak
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 3 Bahan Alami untuk Redakan Batuk Berdahak pada Anak

Ini 3 Bahan Alami untuk Redakan Batuk Berdahak pada Anak

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 08 November 2022

“Batuk berdahak pada anak tidak selalu harus diberi obat, karena ada beberapa bahan alami yang dapat meredakannya. Salah satunya adalah madu yang dapat diberikan pada anak berusia di atas satu tahun.”

Ini 3 Bahan Alami untuk Redakan Batuk Berdahak pada AnakIni 3 Bahan Alami untuk Redakan Batuk Berdahak pada Anak

Halodoc, Jakarta – Datangnya musim pancaroba tentu kerap membuat orang tua khawatir. Sebab, pada musim ini, cuaca secara fluktuatif silih berganti, sehingga membuat imun anak mudah turun. Akibatnya, anak jadi rentan terserang berbagai penyakit, seperti pilek yang dapat menyebabkan batuk berdahak. 

Nah, sebagaimana diketahui, saat ini obat batuk dalam bentuk sirup untuk sementara tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi. Lantaran obat tersebut diduga mengandung zat yang menjadi pemicu gagal ginjal akut misterius yang menyerang anak. 

Berita baiknya, batuk berdahak pada anak tidak selalu harus diatasi dengan obat-obatan. Pasalnya, ada beberapa bahan alami yang dapat meredakan batuk berdahak pada anak. Selain aman untuk dikonsumsi, bahan alami tersebut juga mudah ditemukan, bahkan sering dikonsumsi sehari-hari. Lantas, apa saja bahan alami tersebut? 

Bahan Alami untuk Redakan Batuk Berdahak pada Anak 

Berikut adalah beberapa bahan alami yang dapat ibu coba untuk meredakan batuk berdahak pada anak: 

1. Madu 

Bahan alami pertama yang dapat direkomendasikan karena terbukti dapat meredakan batuk adalah madu. Dalam tiga percobaan dengan 568 anak, madu sama efektifnya dengan dua obat batuk yang dijual bebas, dekstrometorfan dan difenhidramin, dan lebih berhasil daripada plasebo. Selama anak berusia di atas satu tahun, ibu bisa memberikan anak satu sendok teh madu. 

Namun, jika anak masih berusia di bawah satu tahun, pastikan untuk tidak memberikan madu. Sebab, hal ini dapat memicu terjadinya botulisme, yaitu penyakit langka yang dapat berdampak fatal. Dalam beberapa kasus, botulisme dapat menyebabkan kelumpuhan atau kematian.

2. Air hangat

Bahan alami selanjutnya yang dapat membantu meredakan batuk berdahak adalah air hangat. Sebab, anak yang mengalami pilek dan batuk berdahak memerlukan banyak cairan untuk membantu proses pemulihan. Selain itu, air hangat juga dapat membantu mengencerkan lendir dan meredakan sakit yang ada pada tenggorokan. 

Karena itu, cobalah untuk memberikan air hangat dengan lemon pada anak untuk meredakan batuknya. Selain itu, ibu juga dapat mencoba menyajikan sup hangat untuk membantu anak merasa lebih baik. 

3. Menggunakan minyak kayu putih

Minyak esensial kayu putih diketahui dapat membantu mengurangi kelebihan lendir pada dada. Sebab, minyak kayu putih yang dioleskan pada dada akan memberikan rasa hangat. Hal ini pada akhirnya dapat melonggarkan lendir yang menumpuk di dada atau tenggorokan, sehingga anak jadi lebih mudah batuk. Menariknya lagi, anak juga dapat menghirup uap minyak kayu putih untuk meredakan pernapasannya, jika hidungnya tersumbat. 

Cara lain yang juga Dapat Dilakukan

Selain beberapa bahan alami sebelumnya, ibu juga dapat meredakan batuk berdahak pada anak dengan cara lain, yaitu: 

1. Menggunakan humidifier

Humidifier dapat meningkatkan kelembapan di udara, yang dapat membantu melonggarkan sinus anak. Sebab, ketika anak-anak terkena flu, sinus mereka juga akan terpengaruh. Nah, menggunakan pelembab udara juga dapat membantu meredakan batuk pada anak. 

2. Mandi air hangat

Ketika anak sedang pilek dan mengalami batuk berdahak, ibu dapat memandikan anak dengan air hangat. Sebab, mandi air hangat memiliki alasan yang sama seperti menggunakan humidifier. Namun, pastikan untuk menggunakan air hangat, bukan air panas. Selain itu, pastikan juga untuk tidak meninggalkan anak tanpa pengawasan di kamar mandi. 

Itulah beberapa bahan alami untuk membantu meredakan batuk berdahak pada anak. Jika beberapa cara tersebut tak kunjung membuat batuk pada anak reda, sebaiknya segeralah periksakan kondisinya ke dokter.

Nah, melalui aplikasi Halodoc, ibu bisa membuat janji medis di rumah sakit pilihan untuk memeriksakan diri. Tentunya tanpa perlu menunggu atau mengantre berlama-lama. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga! 

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi: 
WebMD. Diakses pada 2022. Remedies for Toddler Cough. 
Healthline. Diakses pada 2022. How to Get Rid of Phlegm: Tips, Home Remedies, and Medications to Try. 
JAMA Pediatrics. Diakses pada 2022. Placebo effect in the treatment of acute cough in infants and toddlers: a randomized clinical trial.
JAMA Pediatrics: Diakses pada 2022. Using the Placebo Effect to Treat Cold Symptoms in Children.