• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 3 Keuntungan Punya Karakter Extrovert
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 3 Keuntungan Punya Karakter Extrovert

Ini 3 Keuntungan Punya Karakter Extrovert

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 19 September 2022

“Orang ekstrovert sering digambarkan sebagai orang yang banyak bicara, mudah bergaul, berorientasi pada tindakan, antusias, dan ramah. Karakter tersebut mengantarkannya pada keuntungan cepat berkembag, mencapai tujuan, serta banyak mendapat dukungan sosial.”

Ini 3 Keuntungan Punya Karakter ExtrovertIni 3 Keuntungan Punya Karakter Extrovert

Halodoc, Jakarta – Istilah extrovert mengacu pada kepribadian yang memiliki pola perilaku dan interaksi sosial terbuka dan ekspresif. Orang yang punya karakter extrovert secara psikologi cenderung suka berteman, tegas, hangat, aktif, suka mencari kegembiraan, dan bersikap positif. 

Di sisi positif, orang extrovert sering digambarkan sebagai orang yang banyak bicara, berorientasi pada tindakan, antusias, ramah, dan suka bergaul. Namun, sisi negatifnya, mereka terkadang digambarkan sebagai orang yang suka cari perhatian, mudah terganggu, dan tidak dapat menghabiskan waktu sendirian. 

Lantas, apa keuntungan punya karakter extrovert?

Keuntungan Memiliki Karakter Extrovert

Orang dengan karakter extrovert selalu merasa nyaman dan percaya diri dalam situasi sosial. Hal tersebut dapat membuat kesan yang kuat pada orang lain di sekitarnya. Kekuatan tersebut dapat menjadikan keuntungan tersendiri bagi para extrovert, misalnya di lingkungan sosial atau dunia kerja, yaitu:

1. Lebih cepat berkembang secara profesional

Dengan sifat yang terbuka, seorang ekstrovert cenderung cepat berkembang dalam dunia profesional. Hidupnya jauh lebih cepat maju dibandingkan mereka yang pendiam dan pemalu, karena mereka dapat mengesankan orang lain dengan mudah.

Dengan modal kepercayaan diri yang tinggi, ia dapat membuat kontak yang baik dalam waktu singkat dengan orang yang dianggap penting. Hal tersebut dapat mengantarkannya untuk mencapai tujuan lebih cepat. 

2. Mendapat banyak dukungan sosial

Seorang ekstrovert merasa perlu berada di antara semua orang (atau setidaknya sebagian besar orang). Artinya, ia akan selalu aktif secara sosial. Hal tersebut dapat membuatnya selalu terhubung dengan orang baru. Pada kesempatan seperti itu, ia akan mendapat banyak pengalaman baru. 

Sebab, ia lebih mudah mengerti orang lain dan peka terhadap kebutuhan mereka. Lambat laun, para  ekstrovert akan sering dikagumi karena pesona yang dimilikinya, maka dukungan sosial pun akan mudah didapatkannya. 

3. Memiliki banyak teman baik

Di antara tipe kepribadian lainnya, seorang ekstrovert dapat mengekspresikan perasaannya dengan mudah dibandingkan dengan orang introvert. Artinya, ia dapat mengeluarkan isi hatinya kepada siapa pun. 

Sifat ekspresif ini bisa menjadi keuntungan besar baginya, karena dapat membantunya lebih rileks dan merasa lebih baik. Selain itu, hal tersebut akan memungkinkan dia untuk mendapatkan lebih banyak teman baik. 

Cara Mengetahui Tipe Kepribadian Ekstrovert

Memahami tipe kepribadian dapat membuat kamu belajar lebih banyak tentang diri sendiri. Dengan begitu kamu akan mengetahui kekuatan dan kelemahan diri dalam situasi yang berbeda. Ada sejumlah cara berbeda untuk mengukur tingkat ekstrovert, dan menentukan apakah kamu cenderung lebih mengarah pada kepribadian ekstrovert atau introvert.

Bagi kebanyakan orang dengan hanya membaca deskripsi sifat kepribadian, sudah cukup untuk membantu ia memutuskan jenis kepribadian yang dimilikinya. Namun, dalam kasus lain, seseorang perlu mengambil penilaian yang lebih format atau kuis kepribadian secara online

Hal tersebut dapat memberikan wawasan lebih banyak tentang kepribadianmu, dan mengetahui kecenderungan karakter yang kamu miliki (ekstrovert atau introvert). 

Belakangan ini tes myers briggs type indicator (MBTI) tengah populer untuk mengetahui kepribadian diri sendiri. Tes tersebut merupakan jenis lain dari tes psikologi yang memasukkan tingkat ekstrovert sebagai salah satu komponen utamanya. 

Jika kamu tertarik untuk melakukan tes MBTI secara formal, kamu bisa bertanya pada psikolog di aplikasi Halodoc tentang cara mendapatkan tes tersebut. Psikolog akan merekomendasikan kamu untuk melakukan tes  psikologi untuk mengetahui jenis kepribadianmu. Tunggu apa lagi? Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Very Well Mind. Diakses pada 2022. Are You an Extrovert? 5 Extroverted Personality Traits
Healthline. Diakses pada 2022. Are You an Extrovert? Here’s How to Tell
Insider. Diakses pada 2022. Are you an introvert, extrovert, or in the middle? How to tell, plus pros and cons of each
Science Daily. Diakses pada 2022. Extroverts enjoy four key advantages according to science; here they are