• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 3 Rekomendasi Jus Sayur untuk Buka Puasa
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 3 Rekomendasi Jus Sayur untuk Buka Puasa

Ini 3 Rekomendasi Jus Sayur untuk Buka Puasa

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 24 Mei 2022

"Meminum jus untuk buka puasa akan mempermudah ususmu untuk mencernanya, sehingga khasiat dari sayuran tersebut akan diserap tubuhmu dengan maksimal. Sayuran sendiri adalah sumber vitamin, mineral, fitonutrien, dan zat lainnya."

Ini 3 Rekomendasi Jus Sayur untuk Buka Puasa

Halodoc, Jakarta – Saat menjalankan ibadah puasa, maka tidak ada makanan yang masuk ke sistem pencernaanmu sehingga usus akan mengecil. Penting untuk memilih makanan buka puasa yang sehat agar tubuh kembali segar. Nah, salah satu makanan yang baik adalah sayuran.

Apabila kamu merasa bosan menyajikan sayuran dalam bentuk sup atau sayuran tumis, kamu dapat mencoba untuk mengolah sayuran tersebut menjadi jus. Baca selengkapnya rekomendasi jus sayur sehat untuk buka puasa di sini!

Kaya akan Kandungan Sehat

Meminum jus untuk buka puasa akan mempermudah ususmu untuk mencernanya, sehingga khasiat dari sayuran tersebut akan diserap tubuhmu dengan maksimal.

Sayuran sendiri adalah sumber vitamin, mineral, fitonutrien, dan zat lainnya. Apalagi jika kamu memilih sayuran organik, maka manfaatnya akan semakin maksimal. Sebab, sayuran organik bebas dari pestisida, herbisida, hormon, antibiotik, dan bahan kimia berbahaya lainnya. Nah, berikut ini beberapa jus untuk buka puasa berbahan dasar sayuran yang patut kamu coba:

1. Tomat

Tomat termasuk pada jenis buah-buahan, tetapi tomat juga dapat disebut sayuran yang mudah ditemukan di pasar dan harganya pun cukup terjangkau. Apabila kamu membuatnya menjadi jus pun, buah ini akan memberikan efek yang sangat baik bagi tubuh.

Rutin meminum segelas jus tomat setiap hari juga dapat menguatkan sistem imun tubuh, melindungi diri dari penyakit kardiovaskular, dan mengurangi kemungkinan kanker. Selain itu, tomat juga terbukti ampuh mengatasi masalah pencernaan.

Buah yang kaya kandungan potasium, kalsium, karbohidrat, vitamin C, dan protein nabati ini juga dapat mencegah penyakit hati, paru-paru, pankreas, dan kandung kemih. Selain itu, tomat juga secara signifikan mengurangi batuk, mencegah anemia, mengurangi gejala rematik, bahkan mengatasi kram otot.

2. Mentimun

Salah satu jus sayuran yang sangat direkomendasikan untuk diminum setiap hari adalah jus mentimun. Dalam mentimun pun terkandung banyak gizi, di antaranya vitamin A, kalsium, vitamin B6, B12, C, D, dan vitamin K, magnesium, serat, potasium, sodium, zat besi, fosfor, mangan, zinc, karoten, dan masih banyak lagi.

Mentimun juga termasuk sayur yang kaya kandungan air, sehingga ketika kamu meminumnya rutin, maka tubuhmu akan terhidrasi dengan baik. Apalagi saat menjalani puasa, hal ini sangat diperlukan. Jus mentimun pun membantu proses detoksifikasi, mendinginkan tubuh, dan menjaga sistem pencernaan.

3. Bayam

Jus untuk buka puasa berbahan sayuran terakhir yang patut kamu coba sebagai jus adalah bayam. Bayam terkenal berkat khasiatnya yang kaya akan zat besi. Tidak hanya itu, di dalam bayam juga terkandung karoten, asam amino, iodin, potasium dan magnesium, vitamin A, C, K, E, dan B kompleks.

Rutin mengonsumsi jus bayam akan membuat tubuh tak gampang sakit. Bayam juga kaya akan nutrisi dan akan membantu pembentukan sel darah merah, sehingga tubuh tidak akan terkena anemia. Selain membantu mengatur kadar alkali atau basa dalam tubuh, kandungan alkalin dalam bayam juga mampu mengobati radang sendi.

Vitamin C pada bayam juga membantu penyembuhan gusi berdarah. Kandung klorofil dan flavonoid pun ternyata ampuh membantu tubuh melawan sel kanker dan menurunkan risiko kanker hingga 34 persen, terutama pada kanker payudara, kanker rahim, kanker prostat, kanker kulit, dan kanker perut.

Jika kamu punya keluhan kesehatan saat berpuasa, sebaiknya kamu segera bicara dengan dokter. Kabar baiknya, saat ini kamu sudah bisa bicara pada dokter tanpa perlu repot ke luar rumah. Kamu hanya perlu download Halodoc di App Store atau Google Play. Belum punya aplikasinya? Yuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. What Breaks a Fast? Foods, Drinks, and Supplements
Betterme.world. Diakses pada 2022. Best Foods To Break A Fast: Top 14 Foods That Make The Fast To Feast Transition Smooth
Eatthis.com. Diakses pada 2022. 20 Best Foods to Eat While Intermittent Fasting