7 Rekomendasi Buah dengan Kandungan Vitamin A yang Tinggi

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   02 Februari 2023

“Tubuh memerlukan asupan vitamin dan mineral untuk membantu menjaga tubuh tetap sehat dan organ bisa berfungsi optimal. Salah satunya adalah vitamin A yang bisa kamu dapatkan dari asupan buah seperti tomat, pepaya, hingga semangka.”

7 Rekomendasi Buah dengan Kandungan Vitamin A yang Tinggi7 Rekomendasi Buah dengan Kandungan Vitamin A yang Tinggi

Halodoc, Jakarta – Vitamin A tidak hanya penting untuk menunjang kesehatan mata. Nutrisi satu ini juga memiliki peran yang tak kalah pentingnya untuk fungsi imunitas tubuh, kesehatan kulit, hingga reproduksi. 

Tidak hanya melalui makanan sehat seperti ikan, kamu bisa mendapatkan asupan vitamin A dari telur, produk susu, dan daging. Namun, jangan lupa, masih ada buah-buahan yang turut memiliki kandungan vitamin yang tinggi. 

Pilihan Buah Tinggi Vitamin A

Setiap orang tentu memerlukan asupan vitamin A yang tidak sama. Misalnya, pria memerlukan vitamin tersebut sekitar 900 mikrogram setiap hari. Lalu, wanita perlu 700 mikrogram, dan anak-anak sekitar 300 sampai 600 mikrogram setiap harinya. Kamu bisa memenuhi asupan nutrisi satu ini melalui beberapa jenis buah-buahan berikut:

1. Tomat

Siapa sangka, tomat ternyata menjadi salah satu buah yang memiliki kandungan vitamin yang terkenal baik untuk mata ini. Selain itu, buah satu ini juga mengandung vitamin C dan likopen yang merupakan sejenis antioksidan. 

2. Pepaya

Lalu, ada pula pepaya, buah dengan rasa manis yang memiliki kandungan vitamin B, C, A, serat, protein, dan karbohidrat. Bahkan, pepaya juga mengandung kalsium dan magnesium. Tidak heran kalau buah satu ini memang baik untuk kesehatan jantung, kulit, sistem pencernaan, hingga menurunkan risiko kanker. 

3. Semangka dengan kandungan vitamin A yang tinggi

Buah lain yang bisa kamu konsumsi adalah semangka. Kadarnya bahkan mencapai 569 IU pada porsi 100 gram. Buah ini juga mengandung banyak nutrisi penting lainnya untuk tubuh, mulai dari magnesium, kalium, dan vitamin B. 

Mengonsumsi buah semangka secara rutin bisa membantu mencegah terjadinya peradangan, membuat kulit lebih sehat, hingga menurunkan tekanan darah serta kolesterol, sehingga kesehatan jantung juga terjaga.

4. Buah tinggi vitamin A, Jeruk bali

Jeruk memang buah kaya nutrisi, tak terkecuali vitamin A. Sebanyak 100 gram buah jeruk bali mengandung vitamin tersebut sebanyak 1.150 IU. Belum lagi dengan berbagai nutrisi lain yang tak kalah pentingnya untuk tubuh, termasuk untuk menurunkan risiko batu ginjal, meningkatkan kekebalan, sampai menyehatkan organ jantung.

5. Aprikot

Vitamin satu ini juga banyak terdapat dalam buah aprikot. Buah ini bisa kamu konsumsi sebagai salah satu camilan sehat dan bisa memenuhi asupan kebutuhan harian hingga 25 persen. 

Selain itu, buah aprikot juga memiliki kandungan antioksidan dan serat yang pastinya berguna untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Hanya, pastikan asupannya tidak berlebihan. Sebab, aprikot juga mengandung gula dan kalori yang tinggi.

6. Jambu biji

Selain vitamin C, buah jambu biji turut menjadi buah yang mengandung vitamin A. Sebanyak 100 gram buah jambu biji mengandung 624 IU vitamin tersebut. Tidak hanya menambah sel darah merah, buah jambu biji juga baik untuk menurunkan gula darah, menyehatkan jantung, dan saluran pencernaan.

7. Stroberi

Terakhir, ada buah stroberi, buah dengan rasa asam dan manis yang sangat menyegarkan. Buah satu ini memiliki kandungan vitamin A sebanyak 12 IU untuk 100 gram asupannya, belum lagi dengan vitamin C, B9, mangan, dan kalium. 

Itu tadi beberapa jenis buah dengan kandungan vitamin yang bisa kamu konsumsi. Jangan lupa untuk selalu melakukan pemeriksaan kesehatan untuk mendeteksi ada atau tidaknya kelainan pada tubuh. Cek rekomendasi rumah sakit di Halodoc dengan download Halodoc melalui App Store atau Play Store.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2023. 20 Foods That Are High in Vitamin A.
Medical News Today. Diakses pada 2023. Which foods are rich in vitamin A?
Souper Sage. Diakses pada 2023. Top Fruits High in Vitamin A.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan