• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 4 Cara Ampuh Mencegah Diabetes Tipe 2 pada Anak
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 4 Cara Ampuh Mencegah Diabetes Tipe 2 pada Anak

Ini 4 Cara Ampuh Mencegah Diabetes Tipe 2 pada Anak

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 14 November 2022

“Tidak hanya pada orang dewasa, diabetes juga bisa terjadi pada anak-anak. Pastikan orang tua melakukan tindakan pencegahan dengan menerapkan pola makan sehat, rutin beraktivitas fisik, dan melakukan pemeriksaan kesehatan, terutama gula darah.”

Ini 4 Cara Ampuh Mencegah Diabetes Tipe 2 pada AnakIni 4 Cara Ampuh Mencegah Diabetes Tipe 2 pada Anak

Halodoc, Jakarta – Dari dua jenis diabetes yang ada, diabetes tipe 1 menjadi jenis yang paling sering terjadi pada anak-anak. Masalah kesehatan ini muncul karena masalah autoimun, ketika imunitas tubuh anak justru menyerang organ pankreas. Alhasil, organ tersebut tidak dapat bekerja dengan optimal.

Salah  satu dampaknya adalah pankreas hanya membuat sedikit insulin atau tidak lagi bisa memproduksinya. Insulin sendiri adalah hormon yang memiliki peran penting untuk mengubah glukosa pada tubuh menjadi energi. Apabila kadar insulin tidak tercukupi, akan terjadi akumulasi gula pada aliran darah di tubuh anak. 

Tak hanya itu, kondisi tersebut juga bisa memicu banyak gangguan kesehatan lain di tubuh. Adapun faktor yang dapat meningkatkan risiko terjadinya diabetes tipe 1 pada anak, di antaranya:

  • Faktor genetik atau keturunan.
  • Mengidap penyakit karena infeksi virus.

Sementara itu, diabetes tipe 2 menjadi jenis diabetes yang jarang terjadi. Meski begitu, beberapa waktu terakhir terjadi peningkatan kasus diabetes tipe 2 pada anak. 

Tak seperti diabetes tipe 1, jenis diabetes tipe 2 biasanya terjadi karena tubuh mengalami resistensi insulin. Ini artinya, tubuh akan kesulitan memakai insulin guna mengubah gula darah menjadi energi meski kadarnya dalam tubuh normal.

Cara Mencegah Diabetes Tipe 2 pada Anak

Diabetes tipe 2 sebagian besar bersifat genetik. Meski begitu, kondisi ini tetap dapat dicegah dalam banyak kasus. Kunci mencegah diabetes tipe 2 pada anak adalah disiplin menerapkan gaya hidup sehat.

  1. Pola makan sehat

Diet yang paling sehat adalah diet tinggi makanan nabati, rendah garam dan lemak jenuh. Caranya dengan mengurangi membeli makanan cepat saji, menyiapkan bekal makanan sehat, perbanyak asupan buah dan sayur, dan mengolah makanan dengan cara direbus alih-alih digoreng. 

Tak lupa, berikan contoh yang baik kepada anak dengan turut membiasakan pola makan sehat untuk diri sendiri dan keluarga. Dengan begitu, risiko diabetes tidak hanya dapat ditekan pada anak, tetapi juga anggota keluarga lainnya. 

  1. Ajak anak untuk melakukan aktivitas fisik

Mencegah diabetes tipe 2 pada anak juga bisa dengan melakukan aktivitas fisik. Semakin banyak aktivitas fisik yang dilakukan, semakin banyak kalori yang dibakar oleh tubuh. Anak-anak dan remaja harus aktif secara fisik setidaknya selama 60 menit hampir setiap hari dalam seminggu. 

Supaya bisa mewujudkan hal ini, batasi waktu interaksi dengan televisi dan perangkat elektronik setidaknya 2 jam sehari. Selain itu, tidak ada salahnya untuk memberikan tugas rumah pada anak, seperti menyapu. Ajak anak beraktivitas di luar, bersepeda, jalan kaki, atau jogging. Tak lupa, selalu jadilah contoh nyata yang baik untuk anak. 

  1. Lakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala

Tak boleh lupa, lakukan pemeriksaan kesehatan anak dan keluarga secara berkala. Terutama apabila terdapat anggota keluarga lainnya yang memiliki kondisi serupa. Tanyakan pada dokter apa saja gejala dari diabetes tipe 2 pada anak, atau cara lain yang bisa dilakukan sebagai tindakan pencegahan masalah kesehatan ini. 

Ibu bisa tanya dokter spesialis anak di Halodoc jika anak menunjukkan adanya keluhan medis. Cek dan download Halodoc di ponsel ibu, gratis dari App Store dan Play Store. 

  1. Pastikan untuk melakukan diet sesuai arahan dokter

Jika ibu merasa Si Kecil memiliki kelebihan berat badan yang mengarah pada obesitas, hindari memberikan diet untuk menurunkan berat badan sendiri. Sebab, anak yang kelebihan berat badan tetap membutuhkan nutrisi dan kalori untuk mendukung tumbuh kembangnya. 

Tanyakan kepada dokter dan ahli gizi bagaimana membantu anak menurunkan berat badan. Dengan begitu, anak mendapatkan asupan makanan yang sesuai dengan kebutuhan tubuhnya. 

Seorang anak atau remaja yang terkena diabetes tipe 2 membutuhkan saran ahli tentang diet dan olahraga. Ahli diet dapat membantu anak dan keluarga belajar makan dengan cara yang sehat. Konselor olahraga anak dapat membantu anak dan keluarga memulai program olahraga. Dalam semua kasus, ada baiknya seluruh keluarga mengubah kebiasaannya.

Diabetes tipe 2 cenderung memburuk dari waktu ke waktu. Setelah beberapa saat, pengidap diabetes tipe 2 mungkin memerlukan obat-obatan untuk menjaga kadar glukosa darah tetap terkendali, bahkan jika mereka telah merawat diri mereka sendiri dengan baik. Obat-obatan termasuk insulin dan berbagai jenis obat diabetes.

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
Diabetes Spectrum. Diakses pada 2022. Preventing Type 2 Diabetes in Children and Teens.
Children’s Mercy Kansas City. Diakses pada 2022. How to Prevent and Reverse Type 2 Diabetes in Children.
CDC. Diakses pada 2022. Prevent Type 2 Diabetes in Kids.