• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 4 Gejala Hernia pada Pria yang Perlu Diwaspadai
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 4 Gejala Hernia pada Pria yang Perlu Diwaspadai

Ini 4 Gejala Hernia pada Pria yang Perlu Diwaspadai

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 07 November 2022

“Gejala hernia pada pria sedikit berbeda dengan wanita. Beberapa gejala hernia pada pria yaitu rasa sakit pada benjolan, benjolan membesar, dan pembengkakan pada testis.”

Ini 4 Gejala Hernia pada Pria yang Perlu DiwaspadaiIni 4 Gejala Hernia pada Pria yang Perlu Diwaspadai

Halodoc, Jakarta – Meskipun hernia dapat dialami siapa saja (pria dan wanita, serta segala usia), tapi gejala hernia pada pria memiliki perbedaan dengan yang dialami wanita. Jenis hernia yang lebih sering dialami pria yaitu hernia inguinal. Pasalnya, tubuh pria memiliki lubang kecil dekat otot pangkal paha, yang memungkinkan pembuluh darah dan tali spermatika dapat turun ke area testis.

Gejala hernia pada pria biasanya berupa rasa sakit di pinggul dan selangkangan. Sedangkan gejala yang perlu diwaspadai adalah sakit saat duduk dan nyeri perut bawah saat beraktivitas. Untuk lebih jelasnya, simak artikel ini untuk mengetahui gejala hernia pada pria.

Gejala Hernia pada Pria yang Jangan Diabaikan

Sebenarnya, tidak semua hernia menimbulkan gejala. Terkadang gejala muncul dan hilang. Sering kali gejala muncul saat kamu melakukan aktivitas tertentu, kemudian gejala hilang saat tidur. Berikut ini beberapa gejala hernia pada pria yang perlu diwaspadai:

1. Rasa sakit pada benjolan

Hernia biasanya menyebabkan munculnya benjolan yang terasa sakit dan tidak nyaman. Rasa sakit pada benjolan tersebut membuat aktivitas menjadi terganggu. Terutama pada pria dewasa yang sering melakukan gerakan meregangkan otot. Rasa sakit juga dapat terasa saat kamu mengangkat benda dengan beban berat. 

2. Benjolan membesar

Seperti yang sudah disebutkan, hernia terkadang tidak menimbulkan rasa sakit meski ada benjolan. Sering kali pengidap menganggap benjolan tersebut tidak mengkhawatirkan. Padahal, pengabaian tersebut dapat menyebabkan benjolan semakin membesar.

Meskipun gejala hernia tidak dapat memburuk, pekerjaan berat yang dilakukan pria dewasa memungkinkan hernia semakin parah. Benjolan hernia yang membesar disebabkan oleh dinding otot perut semakin lemah. Selain itu, banyak jaringan yang menonjol keluar. 

3. Pembengkakan testis

Salah satu gejala hernia pada pria yang perlu diwaspadai yaitu pembengkakan pada testis. Benjolan yang muncul terkadang dapat menyebabkan pembengkakan dan nyeri, sehingga menyebabkan rasa tidak nyaman pada testis. 

Selain itu, pembengkakan akan terasa sakit dan mengganggu saat batuk atau meregangkan otot. Kemungkinan juga dapat muncul juga sensasi terbakar dan gatal di testis.

4. Sensasi terbakar di dada

Gejala yang satu ini biasanya dialami oleh pria lanjut usia (lansia) dan obesitas. Berbeda dengan gejala lainnya, benjolan dari hernia tidak terlihat keluar tubuh karena jaringan atau sebagian usus mendorong ke arah dada. Itulah mengapa muncul sensasi terbakar di dada atau mulas. Terkadang pengidap mengira bahwa ia sedang mengalami gangguan maag biasa, sehingga gejala ini mudah terabaikan.

Cara Mencegah Hernia

Kamu mungkin tidak dapat mencegah cacat bawaan yang membuatmu rentan terhadap hernia. Namun, kamu dapat mengurangi ketegangan pada otot dan jaringan perut. Beberapa pencegahan rasa sakit pada hernia yaitu:

  • Pertahankan berat badan sehat. Bicarakan dengan dokter mengenai cara mencapai dan menjaga berat badan sehat. 
  • Konsumsi makanan berserat. Buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian mengandung serat yang dapat mencegah sembelit dan mengejan.
  • Angkat benda dengan hati-hati atau hindari mengangkat beban berat. Jika harus mengangkat sesuatu yang berat, selalu tekuk dari lutut, bukan menahan pinggang.
  • Berhenti merokok. Merokok sering menyebabkan batuk kronis yang dapat menyebabkan atau memperburuk hernia. 

Itulah yang perlu diketahui tentang gejala hernia pada pria. Jika kamu memiliki kondisi serupa, jangan ragu untuk memeriksakannya pada dokter. Kamu bisa membuat janji medis di rumah sakit pilihan melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. Hernia
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Inguinal hernia
WebMD.com. Diakses pada 2022. Inguinal Hernia 
Healthline. Diakses pada 2022. Inguinal Hernia Overview