Mengidap Hernia? Ini Dokter Bedah yang Bisa Bantu Pengobatannya

4 menit
Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   16 Januari 2024

“Hernia bisa diobati dengan tindakan pembedahan. Namun sebelumnya, kamu bisa konsultasi dulu dengan dokter spesialis bedah di Halodoc mengenai persiapannya.”

Mengidap Hernia? Ini Dokter Bedah yang Bisa Bantu PengobatannyaMengidap Hernia? Ini Dokter Bedah yang Bisa Bantu Pengobatannya

DAFTAR ISI


Halodoc, Jakarta – Hernia adalah kondisi di mana organ internal atau jaringan menonjol melalui dinding otot atau jaringan yang mengelilinginya.

Jenis hernia yang umum melibatkan bagian dari usus yang menonjol melalui dinding perut atau panggul dan disebut hernia inguinal atau hernia perut.

Salah satu pengobatan hernia adalah melalui pembedahan. Namun, keputusan untuk melakukan operasi pada hernia tergantung pada beberapa faktor, termasuk jenis hernia, gejala, dan kondisi kesehatan secara keseluruhan.

Untuk itu, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis bedah di Halodoc untuk menentukan penanganan yang paling tepat. 

Pertimbangan untuk Melakukan Pembedahan pada Hernia

Berikut adalah beberapa pertimbangan umum dalam memutuskan apakah hernia perlu dioperasi atau tidak:

  • Gejala dan ketidaknyamanan: Jika hernia menyebabkan gejala yang signifikan seperti nyeri, pembengkakan, atau kesulitan menelan, dokter mungkin merekomendasikan operasi untuk mengatasi masalah ini.
  • Komplikasi potensial: Jika hernia menyebabkan komplikasi serius, seperti terjebaknya bagian usus (obstruksi usus) atau pasokan darah terputus (gangren), operasi mungkin menjadi keputusan yang mendesak.
  • Ukuran dan jenis hernia: Beberapa hernia kecil mungkin tidak memerlukan operasi, terutama jika tidak menyebabkan gejala. Namun, hernia yang lebih besar atau yang cenderung memburuk seiring waktu mungkin memerlukan intervensi bedah.
  • Kesehatan umum pasien: Kondisi kesehatan umum pasien juga menjadi faktor penting. Pada beberapa kasus, risiko operasi mungkin lebih tinggi daripada manfaatnya, terutama jika pasien memiliki kondisi kesehatan yang bisa membuatmu semakin lemah.

Dalam banyak kasus, dokter akan mempertimbangkan baik manfaat maupun risiko operasi serta alternatif pengobatan non-bedah sebelum memutuskan untuk melakukan operasi hernia.

Jika kamu mengalami hernia atau memiliki pertanyaan spesifik tentang kondisimu, sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli bedah di Halodoc untuk mendapatkan informasi dan saran yang lebih akurat sesuai dengan situasi kesehatanmu.

Selain itu, Ketahui 7 Jenis Penyakit Hernia yang Dikenal sebagai Turun Berok.

Pilihan Dokter Spesialis Bedah di Halodoc untuk Penanganan Hernia

Kamu perlu segera menghubungi dokter spesialis bedah di Halodoc apabila kondisi hernia yang kamu alami tak kunjung membaik. 

Nah, berikut ini terdapat beberapa rekomendasi dokter spesialis bedah di Halodoc yang sudah memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun. 

Mereka juga memiliki penilaian yang baik dari pasien-pasien yang pernah mereka tangani sebelumnya, ini daftarnya:

1. dr. H. Sopyan Hadi Sp.B, FINACS

H. Sopyan Hadi Sp.B, FINACS berhasil menamatkan pendidikan dokter umumnya dari Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya pada 2005.

Ia pun memutuskan untuk melanjutkan studinya ke kampus yang sama hingga akhirnya mendapatkan gelar dokter spesialis bedah pada 2018. 

Ia kini membuka praktik di Lubuk Linggau, Sumatera Selatan, dan masih terdaftar sebagai anggota aktif Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Perhimpunan Dokter Spesialis Bedah Indonesia (PP IKABI).

Dengan pengalaman selama 19 tahun, dr. H. Sopyan Hadi Sp.B, FINACS bisa memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait kondisi kesehatan yang perlu tindakan bedah seperti hernia, dan masih banyak lagi.

Chat dr. H. Sopyan Hadi Sp.B, FINACS mulai dari Rp 49.000,- di Halodoc.

2. dr. Rachdithia Ichwiyantho Sp.B

Rachdithia Ichwiyantho Sp.B mendapatkan gelar dokter umum dari Fakultas Kedokteran UPN Veteran Jakarta pada 2012.

Ia kemudian melanjutkan studinya ke Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala pada 2022.

Ia kini membuka praktik di Bogor, Jawa Barat dan masih terdaftar sebagai anggota aktif IDI dan PP IKABI.

Berbekal pengalaman selama 12 tahun, dr. Rachdithia Ichwiyantho Sp.B bisa memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait kondisi kesehatan yang perlu tindakan bedah seperti hernia, dan masih banyak lagi.

Chat dr. Rachdithia Ichwiyantho Sp.B mulai dari Rp 49.000,- di Halodoc.

3. dr. AA Christedy Pramana Sp.B

AA Christedy Pramana Sp.B adalah alumnus Fakultas Kedokteran Univertas Udayana. Ia berhasil meraih gelar dokter pada 2013 dan gelar dokter spesialis pada 2022 .

Ia kini membuka praktik di Jembrana, Bali, dan masih terdaftar sebagai anggota aktif Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Perhimpunan Dokter Spesialis Bedah Indonesia (PP IKABI).

Dengan pengalaman selama 19 tahun, dr. AA Christedy Pramana Sp.B bisa memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait kondisi kesehatan yang perlu tindakan bedah seperti hernia, dan masih banyak lagi.

Chat dr. AA Christedy Pramana Sp.B mulai dari Rp 49.000,- di Halodoc.

Itulah beberapa pilihan dokter spesialis bedah di Halodoc  yang bisa kamu hubungi jika kamu ingin berkonsultasi terkait kondisi hernia.

Jika dokter sedang tidak tersedia atau offline, kamu tak perlu khawatir.

Sebab kamu tetap bisa membuat janji konsultasi di lain waktu melalui aplikasi Halodoc atau berkonsultasi dengan dokter lainnya.

Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2024. Hernia.
Healthline. Diakses pada 2024. Everything You Want to Know About a Hernia.
Mayo Clinic. Diakses pada 2024. Inguinal hernia.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan