• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 4 Jenis Sayuran Penurun Darah Tinggi yang Wajib Dikonsumsi
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 4 Jenis Sayuran Penurun Darah Tinggi yang Wajib Dikonsumsi

Ini 4 Jenis Sayuran Penurun Darah Tinggi yang Wajib Dikonsumsi

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 31 Mei 2022

“Selain dengan mengonsumsi obat-obatan, makan makanan sehat seperti sayuran juga bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Sayuran penurun darah tinggi biasanya merupakan sayuran berdaun hijau.”

Ini 4 Jenis Sayuran Penurun Darah Tinggi yang Wajib Dikonsumsi

Halodoc, Jakarta – Sayur-sayuran sudah dikenal sebagai jenis makanan sehat yang bisa memberikan banyak manfaat bagi tubuh, salah satunya adalah menurunkan darah tinggi. Sayuran penurun darah tinggi biasanya merupakan sayuran berdaun hijau yang punya berbagai nutrisi penting untuk tekanan darah sehat.

Darah tinggi sendiri merupakan kondisi yang cukup umum yang sering kali menjadi penyebab penyakit jantung. Meskipun kondisi tersebut bisa diatasi dengan konsumsi obat-obatan, tapi perubahan gaya hidup seperti mengonsumsi makanan sehat, juga bisa membantu mengurangi tingkat tekanan darah ke kisaran optimal. Yuk, cari tahu apa saja sayuran penurun darah tinggi di sini.

Jenis Sayuran Penurun Darah Tinggi

Berikut jenis sayuran penurun darah tinggi atau hipertensi yang perlu dikonsumsi oleh pengidapnya:

1. Swiss Chard

Swiss chard merupakan sayuran berdaun hijau yang masih berkerabat dekat dengan bayam dan bit. Sayuran ini baik dikonsumsi oleh pengidap darah tinggi karena kaya akan nutrisi yang bermanfaat untuk mengatur tekanan darah, yaitu kalium dan magnesium.

2. Seledri

Manfaat kesehatan sayuran yang satu ini sudah tidak perlu diragukan lagi, termasuk untuk mengurangi tekanan darah. Seledri merupakan sayuran penurun darah tinggi yang baik karena mengandung senyawa yang disebut phthalides, yang bisa membantu mengendurkan pembuluh darah dan menurunkan tingkat tekanan darah. 

3. Brokoli

Bagi kamu yang punya masalah darah tinggi, menambahkan brokoli ke dalam menu makanan kamu sehari-hari juga merupakan cara yang sangat baik untuk mengurangi tekanan darah. Sayuran berbentuk unik ini memiliki kandungan antioksidan flavonoid. Nah, zat tersebut bisa membantu menurunkan tekanan darah dengan meningkatkan fungsi pembuluh darah, dan meningkatkan kadar oksida nitrat dalam tubuh.

4. Bayam

Bayam kaya akan kandungan nitrat yang bisa mengendurkan pembuluh darah dan mengurangi tekanan darah. Kandungan ini membuat bayam juga bisa menjadi salah satu pilihan sayuran penurun darah tinggi yang baik dikonsumsi. Selain itu, sayuran hijau ini juga sarat dengan antioksidan, potasium, kalsium, dan magnesium yang semuanya bermanfaat untuk tekanan darah yang normal.

Bila kamu ingin mendapatkan tips-tips menurunkan darah tinggi lainnya, tanya dokter saja dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang melalui App Store dan Google Play.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. The 17 Best Foods for High Blood Pressure.
Medical News Today. Diakses pada 2022. Fifteen good foods for high blood pressure