• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 4 Latihan Pernapasan untuk Meningkatkan Fungsi Paru-Paru
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 4 Latihan Pernapasan untuk Meningkatkan Fungsi Paru-Paru

Ini 4 Latihan Pernapasan untuk Meningkatkan Fungsi Paru-Paru

2 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 01 Maret 2022

“Rutin melakukan latihan pernapasan bisa memberi banyak manfaat. Salah satunya untuk meningkatkan fungsi organ paru-paru. Ada beberapa jenis latihan yang bisa dilakukan, termasuk teknik pernapasan diafragma dan pose yoga Lion’s breath.”

Ini 4 Latihan Pernapasan untuk Meningkatkan Fungsi Paru-Paru

Halodoc, Jakarta – Latihan pernapasan tergolong dalam jenis latihan yang sederhana. Namun jangan salah, manfaat yang bisa didapat dari aktivitas ini tidak main-main. Rutin melakukan teknik pernapasan disebut bisa membantu meningkatkan fungsi paru-paru. Selain itu, cara ini juga dipercaya ampuh sebagai relaksasi, sehingga bisa membantu meredakan stres dan rasa cemas. 

Beberapa jenis latihan bahkan tidak membutuhkan alat maupun keahlian khusus. Kamu bisa menyelipkan jenis latihan ini ke dalam daftar olahraga harian atau menyempatkan waktu beberapa menit di malam hari untuk melakukannya. Lantas, apa saja jenis latihan atau teknik pernapasan yang bisa meningkatkan fungsi paru-paru? 

Beragam Latihan Pernapasan yang Bisa Dicoba 

Latihan pernapasan bisa menjadi satu cara untuk menjaga kesehatan sekaligus meningkatkan fungsi organ paru-paru. Tidak hanya itu, melakukan teknik yang benar juga disebut bisa membantu meredakan stres. Ada beberapa jenis latihan pernapasan yang tergolong sederhana dan bisa kamu praktekkan di rumah, antara lain: 

  1. Latihan Pernapasan Diafragma
pernapasan diafragma

Latihan ini melibatkan diafragma dan bagian perut. Jika dilakukan dengan benar dan rutin, latihan diafragma bisa membantu meningkatkan fungsi paru-paru. Untuk melakukannya, mulai dengan duduk santai sambil meletakkan satu tangan di perut dan satu lagi di dada. Kemudian, tarik napas sampai udara terasa memenuhi perut lalu embuskan secara perlahan dengan mulut terbuka kecil. 

  1. Latihan Pursed-Lips Breathing
pursed-lips breathing

Teknik pernapasan yang satu ini cukup sederhana. Caranya, cukup bernapas melalui hidung kemudian mengembuskannya melalui mulut secara perlahan dalam keadaan bibir mengerucut. Usahakan untuk mengeluarkan udara selama mungkin. Latihan ini akan membantu mengurangi jumlah napas yang diambil sementara saluran udara di dalam tubuh terbuka lebih lama. 

  1. Lion’s Breath 
lion's breath

Cara meningkatkan fungsi paru-paru selanjutnya adalah latihan yoga, salah satunya pose “lion’s breath” atau simhasana. Pose yoga yang satu ini disebut bisa membantu meredakan ketegangan pada area dada hingga wajah. 

  1. Deep Breathing 
deep breathing

Deep breathing atau pernapasan dalam juga bisa dicoba untuk meningkatkan fungsi paru-paru. Teknik ini cukup sering digunakan untuk meredakan keluhan sesak napas, karena bisa mencegah udara terperangkap di paru-paru. Jadi, kamu bisa menghirup udara yang lebih segar. 

Itulah beberapa jenis latihan pernapasan yang bisa dicoba. Jika masih memiliki pertanyaan seputar kesehatan paru-paru, coba tanyakan pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Ada fitur tanya dokter untuk berbicara dengan ahli kesehatan melalui Video/Voice Call atau Chat. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store atau Google Play! 

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. Breathing Exercises to Increase Lung Capacity.
Healthline. Diakses pada 2022. 10 Breathing Techniques for Stress Relief and More. 
American Lung Association. Diakses pada 2022. Breathing Exercises.