Ini 4 Stadium Kanker Hati yang Perlu Diketahui

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
kanker hati, gangguan hati, stadium kanker hati

Halodoc, Jakarta – Kanker hati adalah jenis penyakit yang menyerang organ hati dalam tubuh manusia. Tak hanya itu, jenis kanker yang satu ini juga bisa menyebar ke organ dan bagian lain di tubuh. Kanker hati terjadi akibat sel-sel yang ada di organ tersebut bermutasi dan membentuk tumor.

Sama seperti kebanyakan gangguan hati lainnya, kanker juga akan memicu penurunan fungsi di organ yang satu ini. Padahal, hati termasuk dalam organ tubuh yang memiliki banyak fungsi penting. Mulai dari membersihkan zat racun yang bisa mengontaminasi darah. Misalnya dari konsumsi minuman beralkohol dan jenis obat-obatan tertentu. Artinya, jika organ hati mengalami gangguan, termasuk kanker, fungsi ini tidak akan bisa dilakukan dengan maksimal.

Sama seperti jenis kanker lain, penyakit ini juga berkembang dan dibagi ke dalam beberapa tahap atau lebih dikenal dengan stadium. Pembagian stadium pada kondisi kanker tergantung dari tingkat keparahan dan penyebaran kanker. Dengan kata lain, semakin luas penyebaran kanker maka akan semakin tinggi stadium yang dialami.

Penyebaran kanker hati dibagi ke dalam 4 stadium yang dilihat dari ukuran dan tingkat penyebaran kanker. Agar lebih jelas, yuk kenali keempat stadium kanker hati yang perlu diketahui!

1. Stadium A

Pada level ini, gangguan yang terjadi masih terbilang kecil. Stadium A merupakan tahap awal seseorang mengalami kanker hati. Pada tahap ini, ditemukan satu tumor kecil berukuran kurang dari 5 cm, dalam  kasus lain tumor yang ditemukan mungkin lebih banyak sekitar 2-3, tapi dengan ukuran yang lebih kecil pula.

Jika tumor yang ditemukan lebih dari satu, biasanya hanya berukuran kurang dari 3 cm. Kanker hati stadium A biasanya belum terlalu banyak menggerogoti organ ini. Fungsi hati pun masih tergolong normal, kalaupun ada gangguan, biasanya hanya bersifat kecil atau sangat minimal.

2. Stadium B

Tahap ini merupakan lanjutan dari kanker hati stadium A. Sebenarnya, pada stadium B, belum banyak terjadi perubahan, baik secara fungsi hati maupun jumlah sel tumor. Namun di tahap ini, biasanya sudah mulai ditemukan beberapa tumor besar di organ hati. Kendati demikian, fungsi hati secara keseluruhan masih belum terganggu.

3. Stadium C

Pada stadium C, kanker yang terjadi sudah mulai menyebar ke beberapa bagian tubuh. Mulai dari pembuluh darah, kelenjar getah bening, atau organ tubuh lainnya. Jika sudah memasuki stadium ini, biasanya kondisi tubuh pengidap akan mulai memburuk dan tampak tidak sehat. Meski demikian, secara umum organ hati masih bisa berfungsi meski tidak sebaik saat sehat.

4. Stadium D

Tingkat paling parah kanker hati adalah stadium D. Jika kanker hati sudah memasuki tahap ini, fungsi organ tersebut sudah mulai terganggu. Lambat laun, kondisi pengidap kanker hati akan semakin menurun dan sulit melakukan aktivitas harian. Jika sudah memasuki stadium D, ukuran tumor yang ditemukan sudah tidak lagi menjadi acuan.

Menjaga kesehatan tubuh sangat penting untuk menghindari gangguan hati seperti kanker hati, fatty liver alias perlemakan hati, dan lainnya.  Sebab tak dapat dimungkiri, hati masuk dalam daftar organ yang berperan penting dalam tubuh manusia. Jika mengalami masalah atau keluhan seputar organ ini, segera lakukan pemeriksaan ke dokter untuk mencegah hal yang tidak diinginkan.

Bisa juga menggunakan aplikasi Halodoc untuk menyampaikan keluhan awal kepada dokter melalui Video/Voice Call atau Chat. Dapatkan rekomendasi beli obat dan tips menjaga kesehatan dari dokter terpercaya. Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play!

Baca juga: