• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 5 Cara Jaga Kesehatan Mata Anak

Ini 5 Cara Jaga Kesehatan Mata Anak

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Tak bisa dimungkiri lagi, mata dan penglihatan yang sehat adalah bagian penting dari perkembangan anak-anak. Oleh karena itu, anak wajib memeriksakan matanya secara teratur, karena banyak masalah penglihatan dan penyakit mata dapat dideteksi dan diobati sejak dini.

Selain itu, ada juga beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan mata anak. Caranya antara lain:

Baca juga: Gangguan Mata pada Anak dan Cara Mengatasinya

Istirahatkan Mata Anak

Anak dianjurkan untuk mengistirahatkan mata mereka secara teratur setiap 30-40 menit usai membaca, menulis, atau bermain gadget. Tak hanya itu, waktu yang dihabiskan untuk perangkat elektronik seperti tablet, ponsel, atau perangkat genggam juga harus dikurangi. American Academy of Pediatric (AAP) merekomendasikan bahwa anak-anak hanya boleh terlibat dengan media hiburan tidak lebih dari 1 atau 2 jam per hari. 

Televisi atau media hiburan lainnya harus dihindari untuk bayi dan anak-anak di bawah usia. Ini karena otak anak berkembang pesat selama tahun-tahun pertama ini. Selain itu, anak-anak belajar lebih baik dengan berinteraksi dengan orang di sekitarnya dan bukan melalui gadget

Lindungi Mata Anak dari Sinar Matahari

Sedini mungkin investasikan aksesoris pelindung matahari seperti kacamata hitam dengan perlindungan ultraviolet (UV). Orangtua juga bisa melindungi anak dari sinar matahari dengan penggunaan topi. Untuk anak-anak yang lebih muda, topi atau payung akan lebih ideal untuk menghindari paparan sinar matahari secara langsung ketimbang dengan kacamata hitam.

Tingkatkan Waktu Bermain di Luar Rumah 

Nyatanya aktivitas luar ruangan bisa menunda perkembangan miopia. Oleh karena itu, melakukan lebih banyak kegiatan mengasyikkan di luar ruangan dengan anak, seperti berenang atau bersepeda, bisa sangat bermanfaat. Kegiatan luar ruangan ini juga akan meningkatkan kebugaran fisik serta meningkatkan koordinasi antara tangan dan mata anak. Namun, hindari periode terpanas seperti jam 11 siang hingga jam 4 sore.

Beri Asupan Buah, Sayuran, dan Ikan Berlemak

Makan sayuran dan buah-buahan yang tinggi lutein dan zeaxanthin terbukti sangat baik untuk melindungi mata dari kerusakan akibat radikal bebas. Nutrisi ini juga dapat ditemukan dalam makanan seperti kangkung, bayam, kuning telur, jagung, alpukat, pistachio, goji berry, paprika, jeruk, kiwi, anggur, dan zucchini. Makan ikan berlemak seperti salmon, herring, dan tuna juga bermanfaat untuk kesehatan mata anak. 

Jadwalkan Pemeriksaan Mata Rutin

Penglihatan yang baik adalah kunci perkembangan fisik anak, sehingga akan mendukung keberhasilan anak di sekolah dan kesejahteraan secara keseluruhan. American Academy of Ophthalmology (AAO) dan American Association for Pediatric Ophthalmology and Strabismus (AAPOS) merekomendasikan pemeriksaan mata secara teratur untuk dilakukan pada anak-anak mulai dari mereka yang baru lahir, selama masa bayi (antara enam bulan hingga satu tahun), dan sepanjang tahun prasekolah dan masa sekolah.

Baca juga: Kapan Waktu yang Tepat Melakukan Pemeriksaan Mata Anak?

Deteksi Dini Gangguan Mata pada Anak

Ada beberapa tanda umum yang menunjukkan seorang anak memiliki masalah penglihatan, gejalanya antara lain: 

  • Anak sering menggosok matanya.
  • Sensitif terhadap cahaya.
  • Fokus yang buruk.
  • Pergerakan mata yang abnormal (setelah usia 6 bulan).
  • Mata sering memerah.
  • Ada robekan mata yang kronis.

Sementara pada anak usia sekolah, tanda-tanda lain yang harus diperhatikan antara lain: 

  • Tidak dapat melihat objek dari kejauhan.
  • Kesulitan membaca tulisan di papan tulis.
  • Sering menyipitkan mata.
  • Kesulitan membaca.
  • Duduk terlalu dekat dengan TV.

Baca juga: 3 Kebiasaan Ini Bisa Sebabkan Mata Kering

Semakin dini masalah mata terdeteksi, semakin mudah pengobatan yang dapat dilakukan. Ingat, memastikan anak memiliki kualitas penglihatan yang baik akan membantunya untuk belajar lebih baik. 

Jika anak menunjukkan gangguan pada mata seperti yang telah disebutkan sebelumnya, coba diskusikan dahulu dengan dokter di Halodoc. Ambil smartphone-mu, dan nikmati kemudahan bicara dengan dokter kapan dan di mana saja.

Referensi:
Kids Health. Diakses pada 2020. Your Child's Vision.
WebMD. Diakses pada 2020. Protecting Your Child's Eyes and Vision.
Cordlife Technologies. Diakses pada 2020. Simple Ways to Protect Your Child’s Eyes.