• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 5 Cara Memutihkan Badan Secara Alami dan Cepat
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 5 Cara Memutihkan Badan Secara Alami dan Cepat

Ini 5 Cara Memutihkan Badan Secara Alami dan Cepat

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 10 Agustus 2022

“Memiliki badan bersih dan putih tentu akan membuat penampilan semakin terlihat menarik. Pastikan saja kamu cukup istirahat, perbanyak asupan cairan, dan konsumsi buah dan sayur.”

Ini 5 Cara Memutihkan Badan Secara Alami dan CepatIni 5 Cara Memutihkan Badan Secara Alami dan Cepat

Halodoc, Jakarta – Kulit kusam dan tidak bercahaya sebenarnya bisa terjadi karena banyak penyebab. Misalnya, sel kulit mati yang menumpuk, paparan sinar matahari berlebihan, stres yang tidak tertangani, pola hidup dan pola makan tidak tepat, paparan polusi udara, dan kondisi medis yang terjadi pada kulit. 

Namun, kalau penyebab kulit kusam adalah masalah medis, pastinya kamu harus langsung melakukan pemeriksaan ke dokter atau rumah sakit. Sementara itu, jika bukan karena masalah medis, ada cara memutihkan badan secara alami dan cepat dalam 1 minggu yang bisa kamu coba lakukan di rumah.

Cara Memutihkan Badan Secara Alami

Lalu, apa saja caranya? Berikut di antaranya:

  1. Cukup Istirahat

Ternyata, kamu hanya perlu mendapatkan cukup istirahat setiap harinya. Sebab, saat kamu tidur, sel di dalam kulit akan beregenerasi lebih cepat, terlebih saat malam hari. Sel kulit akan secara alami membentuk kolagen yang membantu menutrisi kulit. 

Selain itu, saat tidur, darah akan mengalir lebih lancar. Ini akan membantu mengantarkan nutrisi pada kulit di seluruh tubuh. Adapun durasi tidur malam yang ideal untuk usia dewasa adalah tujuh sampai sembilan jam untuk membantu menutrisi kulit. 

Tak hanya itu, studi dalam Journal of Cosmetics, Dermatological Sciences and Application menyebutkan, tidak mendapatkan cukup tidur membawa efek negatif untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk kulit. 

  1. Memenuhi Asupan Cairan Tubuh

Cara memutihkan badan secara alami dan cepat dalam 1 minggu berikutnya yaitu memastikan bahwa asupan cairan harian tubuh tetap terjaga. Alasannya, cukup minum bisa membantu menjaga kulit tetap lembap dan terhidrasi. Tak hanya itu, asupan cairan juga membantu meningkatkan elastisitas dan mencerahkan kulit. 

Studi dalam International Journal of Cosmetic Science menyebutkan, konsumsi air putih setiap hari dalam waktu empat minggu akan membantu meningkatkan kecerahan dan kekenyalan kulit. 

  1. Perbanyak Asupan Sayur dan Buah

Lalu, pastikan juga kamu meningkatkan asupan sayur dan buah setiap hari. Sumber makanan ini mengandung banyak mineral dan vitamin yang baik untuk kesehatan kulit, terutama vitamin E, B, dan C. Buah dan sayur yang banyak mengandung vitamin ini seperti sayuran hijau, alpukat, wortel, tomat, pepaya, dan apel. 

Studi dalam jurnal Plos One menyebutkan, konsumsi sayur dan buah secara rutin setidaknya enam minggu atau lebih bisa membantu meningkatkan kecerahan kulit.

  1. Pakai Tabir Surya

Jika kamu berpikir tabir surya hanya dipakai saat beraktivitas di luar, itu tidak tepat. Sebab, paparan radiasi dari sinar matahari juga bisa menembus kaca di rumah. Jadi, sebaiknya kamu tetap memakai sunscreen meski sedang tidak beraktivitas di luar ruangan. 

Pilih produk tabir surya dengan SPF minimal 30 atau lebih kalau kamu beraktivitas di luar. Sedangkan untuk aktivitas di dalam rumah, tabir surya dengan SPF 15 sebenarnya sudah cukup. 

  1. Gunakan Pelembap Kulit

Tak ketinggalan, selalu jaga kelembapan kulit. Selain cukup minum, kamu juga dapat memanfaatkan bahan alami untuk melembapkan kulit, misalnya madu dan minyak zaitun. Keduanya mengandung senyawa aktif yang tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh, tetapi juga efektif untuk membuat kulit lebih cerah secara alami. 

Itu tadi beberapa cara memutihkan badan secara alami dan cepat dalam 1 minggu yang bisa kamu coba lakukan di rumah. Jika kamu memiliki masalah kulit lain seperti alergi atau iritasi, kamu bisa langsung melakukan pemeriksaan dengan memanfaatkan Layanan Janji Medis di Halodoc. Pastikan saja kamu sudah download aplikasi Halodoc di ponselmu. 

Referensi:
India.com. Diakses pada 2022. How To Lighten Skin Tone? 14 Skin-Whitening Beauty Tips To Lighten Your Skin Tone Naturally!
Journal of Cosmetics, Dermatological Sciences and Application. Diakses pada 2022. The Effects of Sleep Deprivation on the Biophysical Properties of Facial Skin.
International Journal of Cosmetic Science. Diakses pada 2022. Effect of fluid intake on skin physiology: distinct differences between drinking mineral water and tap water.
Plos One. Diakses pada 2022. You Are What You Eat: Within-Subject Increases in Fruit and Vegetable Consumption Confer Beneficial Skin-Color Changes.