Perawatan Tubuh

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc

Tak hanya kulit, tubuh pun butuh perawatan agar terhindari dari masalah kesehatan. Dari ujung rambut hingga ujung kaki, ada tips dan trik yang bisa dilakukan untuk merawat tubuh. Terutama jika aktif bergerak dan bekerja setiap hari, perawatan tubuh yang tepat bisa membantu tubuh tetap bugar dan segar sepanjang hari.

Berikut adalah jenis perawatan tubuh yang bisa dilakukan di salon:

  1. Masker Wajah

Masker wajah menjadi salah satu jenis perawatan tubuh yang paling sering dilakukan. Selain khasiatnya yang dikenal ampuh untuk mengurangi kerutan, meremajakan, serta memutihkan kulit, jenis perawatan ini juga menjadi favorit karena praktis dilakukan dan tidak memerlukan biaya besar.

  1. Creambath

Untuk membersihkan dan merawat rambut secara sempurna, diperlukan perawatan khusus seperti creambath. Perawatan ini tidak hanya memberikan efek menyegarkan, tapi juga bisa memperbaiki kerusakan pada rambut. Creambath bisa merawat rambut yang kusam, bercabang, dan mudah patah.

  1. Lulur

Lulur berfungsi mengangkat kulit mati, meremajakan kulit dan juga untuk membuat kulit menjadi putih. Lulur biasanya terbuat dari bahan-bahan rempah alami seperti cengkeh, jahe, serai, kunyit, bunga melati, bunga mawar, dan lain sebagainya. Tidak harus pergi ke salon, kamu bisa melakukan lulur sendiri di rumah.

  1. Spa

Spa merupakan jenis perawatan yang juga sering dilakukan banyak orang karena bisa memberi banyak manfaat, yaitu melancarkan peredaran darah, meremajakan, serta melembapkan kulit. Tidak hanya berkhasiat secara fisik, spa juga memberikan efek pada psikis, yakni membantu menghilangkan stres, membuat tubuh menjadi rileks, serta menyegarkan pikiran.

  1. Totok Wajah

Selama ini totok lebih dikenal sebagai perawatan untuk tubuh, tetapi totok ternyata juga bisa dilakukan pada wajah. Totok wajah bisa menjadikan wajah lebih cerah, segar, serta tidak kusam. Perawatan ini dilakukan dengan cara memijat pada titik-titik wajah tertentu.

  1. Facial

Facial bermanfaat untuk mengangkat komedo, sehingga membuat kulit bersih dan cerah. Meski banyak manfaatnya, facial juga menimbulkan efek samping pada kondisi tertentu. Tidak semua jenis kulit cocok melakukan perawatan ini. Jika kamu memiliki kulit sensitif, sebaiknya jangan melakukan perawatan facial, karena justru bisa membuat masalah baru.

  1. Massage

Massage atau pijat juga merupakan perawatan yang tidak hanya bermanfaat untuk tubuh, tapi juga untuk kecantikan. Pemijatan pada titik-titik bagian tubuh tertentu yang dilakukan saat massage, dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks,ringan, serta menyegarkan pikiran.

  1. Scrub

Perawatan tubuh berupa scrub bermanfaat untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada tubuh, sehingga kulit terlihat lebih cerah. Scrub bisa juga dilakukan pada kulit wajah. Perawatan ini bisa dilakukan sendiri di rumah, tetapi akan lebih baik dilakukan di salon kecantikan agar hasilnya lebih maksimal.

  1. Laser

Perawatan tubuh dan wajah dengan menggunakan teknologi laser sekarang ini semakin digemari banyak orang. Perawatan yang terbilang canggih tersebut efektif untuk mengatasi wajah berjerawat, mengecilkan pori-pori, mengatasi kulit kusam, serta flek hitam. Bila dibandingkan dengan teknik perawatan pada umumnya, perawatan dengan menggunakan laser ini dapat memberikan hasil yang diinginkan lebih cepat. Itulah mengapa harganya relatif mahal.

  1. Manicure dan Pedicure

Kebersihan kuku juga perlu dijaga untuk mencegah masuknya kuman yang menyebabkan penyakit. Nah, perawatan untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kuku yang sering dilakukan, khususnya oleh wanita adalah pedicure dan manicure. Perawatan tersebut bisa didapati di salon-salon, bahkan ada salon yang khusus menyediakan perawatan manicure dan pedicure.

Baca juga: Malu karena Kuku Kaki Rusak Akibat Jamur Kuku? Ini Cara Obatinya

 

Perawatan Tubuh di Rumah

Selain salon, wanita juga sering kali melakukan perawatan tubuh di rumah dengan tidak mengeluarkan banyak biaya. Berikut adalah jenis perawatan tubuh yang bisa dilakukan di rumah.

  1. Semprotan Wajah

Kulit kering mungkin adalah masalah yang paling umum dihadapi oleh banyak orang. Apakah kamu salah satunya? Carilah semprotan wajah yang tidak hanya akan melembapkan kulit wajah, tetapi juga mengurangi munculnya pori-pori kulit.

  1. Masker Madu

Madu adalah salah satu bahan alami yang sering digunakan dalam perawatan kecantikan. Hal ini karena madu kaya akan asam amino dan antioksidan yang sangat baik untuk kulit. Menggunakan masker yang terbuat dari madu secara rutin bisa membersihkan pori-pori dan mengembalikan cahaya wajah, lho. Caranya, aplikasikan masker madu pada wajah selama dua menit. Lakukan setiap hari untuk mendapatkan manfaat maksimal.

Baca juga: Ini Manfaat Asam Amino Esensial Bagi Tubuh

  1. Masker Rambut

Masker rambut adalah perawatan kecantikan terbaik yang bisa digunakan untuk mengatasi rambut kering. Selain itu, masker rambut sebagai perawatan kecantikan bisa membuat rambut terasa lebih lembut dan bebas dari keriting.

  1. Tisu Pembersih Makeup

Jika kamu tidak memiliki banyak waktu untuk membersihkan makeup, tisu pembersih makeup bisa menjadi solusi. Tisu ini praktis untuk digunakan sewaktu-waktu dan di mana saja.

  1. Eksfoliator Bibir

Sekarang ini, sudah banyak produk eksfoliator bibir yang jauh lebih mudah untuk diaplikasikan. Produk ini akan membantu kamu mengelupas kulit mati dan memperbaiki tekstur bibir.

  1. Krim Tangan

Kamu bisa menaruh sedikit krim tangan di sebuah wadah, kemudian panaskan selama 10 detik, baru oleskan di tangan. Bungkus tangan menggunakan handuk hangat agar kelembapan dari krim tangan meresap dengan baik.

Baca juga: Pacaran dengan Tyler Cameron, Ini Tips Cantik Gigi Hadid

 

Referensi:
Stylecraze. Diakses pada 2019. Best Body Care Tips.

Diperbarui pada 18 September 2019