• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 6 Cara Mencegah Gigitan Nyamuk Aedes Aegypti
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 6 Cara Mencegah Gigitan Nyamuk Aedes Aegypti

Ini 6 Cara Mencegah Gigitan Nyamuk Aedes Aegypti

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 08 September 2022

“Gigitan nyamuk Aedes aegypti sangat berbahaya, karena dapat menyebarkan penyakit demam berdarah yang bisa berakibat fatal. Untuk mencegah gigitannya, kamu dapat menghindari jam ‘sibuk’ nyamuk, mengenakan pakaian yang menutup kulit, dan membersihkan genangan air di sekitar rumah.”

Ini 6 Cara Mencegah Gigitan Nyamuk Aedes AegyptiIni 6 Cara Mencegah Gigitan Nyamuk Aedes Aegypti

Halodoc, Jakarta – Nyamuk Aedes aegypti mungkin hanya serangga kecil. Gigitannya pun mungkin tidak terasa menyakitkan, bahkan kamu bisa saja tidak sadar telah digigit oleh ini. Meskipun begitu, gigitan nyamuk Aedes aegypti sangat berbahaya, karena ia dapat menyebarkan penyakit demam berdarah yang bisa berakibat fatal.

Lantas, bagaimana cara mencegah gigitan nyamuk Aedes aegypti?

Cegah Gigitan Nyamuk Aedes Aegypti dengan Cara Ini

Gigitan nyamuk Aedes aegypti perlu dicegah di mana pun kamu berada. Di rumah, kamu harus membuat lingkungan bebas nyamuk dengan menyingkirkan hal-hal yang berpotensi menjadi sarang nyamuk. Sedangkan saat bepergian, sebisa mungkin kenakan pakaian yang menutup kulit dan mengaplikasikan losion anti nyamuk.

Berikut ini beberapa cara untuk mencegah gigitan nyamuk Aedes aegypti:

  1. Hindari jam sibuk nyamuk sebisa mungkin

Sama seperti manusia, nyamuk juga memiliki aktivitas mencari makan pada waktu-waktu tertentu dalam sehari. Menurut ahli, nyamuk sering kali beraktivitas untuk mencari makan di waktu senja dan pagi saat fajar. Sebab, angin biasanya tidak terlalu berhembus saat matahari terbit dan terbenam, sehingga nyamuk merasa aman untuk keluar mencari makan. 

Kalau bisa, sebaiknya kamu tetap berada di dalam rumah saat cuaca sedang hangat. Dengan begitu gigitan nyamuk Aedes aegypti dan jenis nyamuk lainnya dapat dicegah.

  1. Pangkas area hijau di halaman rumah

Memangkas rumput dan pohon yang terlalu rimbun merupakan cara mencegah gigitan nyamuk. Selain itu, pastikan halaman rumah bersih dari sampah, sampah daun, dan puing-puing lainnya. Dengan begitu, nyamuk memiliki sedikit tempat untuk bersembunyi dan berkembang biak.

  1. Buang genangan air

Seperti yang diketahui, nyamuk Aedes aegypti dapat berkembang biak dalam genangan air, meskipun sedikit. Sebaiknya jadwalkan kegiatan membuat atau membersihkan tempat-tempat yang berpotensi menampung air. Misalnya, ban bekas, selokan, tempat mandi burung, pot, tong sampah, dan lainnya.

  1. Kenakan pakaian yang menutup kulit

Saat kamu berada di luar ruangan dimana banyak nyamuk, sebaiknya kenakan celana panjang, baju lengan panjang, kaus kaki, dan sepatu. Selain itu, pilihlah pakaian yang longgar dan nyaman. Cara ini dapat mencegah kamu digigit oleh nyamuk Aedes aegypti.

  1. Aplikasikan produk DEET sebelum keluar rumah

Perlu diketahui, produk diethyltoluamide (DEET) tidak dapat membunuh nyamuk, reaksinya hanya menghalau nyamuk saat mendekati kulit. Namun, penggunaan DEET perlu hati-hati, karena tidak boleh sampai tertelan atau menghirupnya.

Untuk menggunakan DEET, hindari menyemprotkannya ke seluruh tubuh dan pakaian. Sebaliknya, semprotkan sedikit ke tangan dan gosokkan ke pergelangan kaki, siku, pergelangan tangan, dahi, tempat yang memiliki kulit tipis. 

Perlu diketahui juga, konsentrasi DEET suatu produk menentukan berapa lama ia akan bertahan di kulit, bukan seberapa baik ia bekerja. Jika kamu berada di luar ruangan selama 90 menit atau kurang, maka efektivitas produk mencapai 10 persen. 

  1. Semprot halaman rumah dengan insektisida

Jika lingkungan tempat tinggal kamu banyak nyamuk yang sulit dikendalikan, mungkin ada baiknya untuk menyewa jasa penyemprot insektisida. Dengan menggunakan jasa penyemprotan insektisida, lingkungan rumah dapat bersih dari nyamuk. Minta juga ia secara khusus menyemprotkan halaman rumah.

Itulah beberapa cara untuk mencegah gigitan nyamuk Aedes aegypti. Sebaiknya jangan sepelekan gigitan dan keberadaan nyamuk ini, sebab dampaknya bisa fatal pada kesehatan.

Jika kamu mengalami gejala demam berdarah, sebaiknya segera kunjungi dokter. Kamu bisa menemukan rumah sakit terdekat melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Prevent. Diakses pada 2022. 11 Ways to Prevent Mosquito Bites That Actually Work, According to Entomologists
Healthline. Diakses pada 2022. 21 Tips for How to Prevent Mosquito Bites
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. Mosquito Bites
Medical News Today. Diakses pada 2022. What to know about Dengue fever