• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 6 Dampak Jika Tak Rutin Menjaga Kebersihan Miss V
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 6 Dampak Jika Tak Rutin Menjaga Kebersihan Miss V

Ini 6 Dampak Jika Tak Rutin Menjaga Kebersihan Miss V

4 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 31 Mei 2022

“Menjaga kebersihan miss V (vagina) penting agar organ penting tersebut tetap sehat dan terhindar dari berbagai kuman yang bisa menjadi penyebab penyakit. Ada berbagai masalah yang bisa terjadi bila vagina tidak rutin dibersihkan, mulai dari gatal, aroma tidak sedap, keputihan, hingga kanker vagina.”

Ini 6 Dampak  Jika Tak Rutin Menjaga Kebersihan Miss V

Halodoc, Jakarta- Menjaga kebersihan vagina adalah hal yang wajib dilakukan wanita. Sebab, sebagai organ reproduksi wanita, kebersihan dan kesehatan vagina bisa memengaruhi banyak hal terutama kehidupan seksual.

Sejumlah ahli merekomendasikan wanita untuk rutin membersihkan vagina setiap habis buang air. Jangan lupa juga untuk mengeringkan organ ini sebelum kembali beraktivitas. Wanita juga disarankan untuk mengganti pakaian dalam setidaknya dua kali dalam satu hari. Yuk, simak alasan pentingnya menjaga kebersihan vagina di sini.

Dampak Akibat Tidak Menjaga Kebersihan Vagina dengan Baik

Bila kamu tidak rutin membersihkan vagina, bakteri dan jamur bisa menumpuk di area intim tersebut. Hal itu tentu saja berpotensi menyebabkan berbagai masalah kesehatan dan penyakit. Berikut beberapa masalah kesehatan yang bisa terjadi akibat kebersihan vagina yang buruk:

1. Keputihan

Keputihan adalah yang wajar dan cukup sering dialami hampir semua wanita. Pada dasarnya, keputihan adalah cara alami dan proses yang biasa terjadi pada wanita untuk melindungi vagina dari iritasi dan infeksi.

Namun, pada beberapa kasus, keputihan mungkin terjadi secara tidak normal. Hal ini ditandai dengan cairan yang keluar sangat kental dan cenderung berbau. Kamu juga harus tahu, keputihan juga bisa disebabkan karena salah memilih pakaian dalam dan jarang membersihkan vagina  dengan benar.

2. Aroma Tidak Sedap

Tidak menjaga kebersihan vagina dengan baik juga bisa menyebabkan munculnya aroma tidak sedap dari organ tersebut. Bukan hanya membuat risih dan tidak nyaman, aroma tidak sedap dari vagina juga merupakan tanda bahwa adanya masalah pada area kewanitaan kamu.

Sebenarnya bau busuk pada organ intim bisa disebabkan oleh berbagai hal. Salah satu penyebabnya adalah penumpukan bakteri atau jamur. Bakteri vaginosis atau trikomoniasis adalah jenis bakteri yang paling sering ditemukan. Jika ini penyebabnya, kamu akan membutuhkan antibiotik untuk menghilangkan aroma dan mengobatinya.

3. Gatal

Penumpukan bakteri yang terjadi akibat jarang membersihkan vagina juga bisa menyebabkan rasa gatal yang tak tertahankan. Rasa gatal yang terjadi biasanya akan seperti kumpulan semut yang sangat geli dan mengganggu. Jika gatal yang dialami dibarengi dengan keputihan yang tak berhenti, bisa jadi itu adalah tanda infeksi jamur atau bakteri vaginosis.

4. Infeksi dan Luka

Bukan tidak mungkin kulit di sekitar area kewanitaanmu akan terluka jika kamu jarang membersihkan vagina. Jadi, penting sekali untuk menjaga kebersihan vagina, terutama pada saat haid. Sebab, saat proses pengeluaran darah kotor dari tubuh ini, jumlah bakteri di sekitar vagina akan lebih banyak dibanding biasanya.

5. Radang Vagina

Masalah kesehatan lain yang bisa disebabkan oleh kebersihan vagina yang buruk adalah radang vagina atau vulvovaginitis. Ini adalah kondisi umum yang memengaruhi wanita dan anak perempuan dari segala usia. Radang vagina disebabkan terutama oleh bakteri dari feses yang menyebar ke vagina. Gejalanya, antara lain keputihan yang tidak biasa, gatal dan iritasi.

6. Kanker Vagina

Vagina bisa menjadi pintu masuknya sejumlah bakteri atau virus penyebab penyakit, termasuk kanker. Kanker vagina merupakan dampak yang paling menakutkan yang bisa terjadi akibat jarang membersihkan vagina.

Jenis kanker yang satu ini mungkin jarang atau belum pernah kamu dengar sebelumnya. Tidak seperti kanker leher rahim alias kanker serviks, kanker vagina ini memang cenderung jarang terjadi. Biasanya penyakit ini banyak menyerang wanita yang telah memasuki usia lebih dari 60 tahun. 

Kanker vagina bisa ditularkan melalui hubungan seksual. Nah, bila kamu sering berhubungan seksual tanpa menggunakan kondom dan tidak membersihkan vagina setelahnya, risiko untuk tertular kanker vagina bisa meningkat.

Tips Membersihkan Vagina dengan Benar

Tidak hanya harus dibersihkan secara rutin, vagina juga harus dibersihkan secara benar. Pasalnya, bila tidak dibersihkan secara benar, bakteri bukannya hilang, malah bisa masuk ke vagina dan menyebabkan infeksi. Cara membersihkan vagina yang benar adalah bersihkan dengan air mengalir dari arah depan ke belakang. Perlu diperhatikan, kamu tidak perlu menggunakan sabun untuk membersihkan vagina.

Itulah masalah kesehatan yang bisa terjadi akibat jarang membersihkan vagina. Bila organ intim kamu terlanjur terinfeksi bakteri atau jamur, dokter biasanya bisa memberikan pengobatan yang sesuai dengan penyebabnya. 

Nah, untuk mendapatkan obat dan vitamin yang kamu butuhkan, gunakan saja aplikasi Halodoc. Caranya sangat mudah, tinggal order lewat aplikasi dan pesananmu akan diantar dalam waktu satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang juga di Apps Store dan Google Play.

Referensi:
Health Shots. Diakses pada 2022. Here are 4 signs that you’ve been neglecting vaginal hygiene
Healthline. Diakses pada 2022. How to Clean Your Vagina and Vulva.
Health Shots. Diakses pada 2022. Can poor hygiene down there give you cervical cancer? Here’s the truth.