Keputihan

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc

Pengertian Keputihan

Keputihan (fluor albus) adalah gejala gangguan alat kelamin yang dialami oleh wanita, berupa keluarnya cairan putih kekuningan atau putih kelabu dari Miss V.

 

Gejala Keputihan

Pada umumnya keputihan yang perlu diwaspadai ketika berwarna kuning atau hijau keabu-abuan, berbau tidak enak, jumlahnya banyak, dan menimbulkan rasa tidak nyaman seperti gatal dan rasa terbakar.

Pada beberapa kondisi juga terdapat keluhan berkemih maupun saat berhubungan intim. Jika infeksi sudah cukup parah, gejala sistemik seperti demam, mual, dan muntah juga dapat muncul.  

 

Penyebab dan Faktor Risiko Keputihan

Penyebab keputihan sering dikaitkan dengan pH Miss V. Sementara itu, bisa juga disebabkan akibat penggunaan obat-obatan tertentu seperti pil KB, IUD, dan kortikosteroid jangka panjang.

Beberapa penyakit menular seksual umumnya menjadi penyebab utama dari keputihan pada wanita. Bakteri penyebab yang sering ditemukan adalah Candida albicans.

 

Diagnosis Keputihan

Diagnosis biasanya ditegakkan berdasarkan pemeriksaan fisik, dan terutama dengan pemeriksaan penunjang seperti swab dan kultur cairan dari Miss V.

 

Pencegahan Keputihan

Dianjurkan untuk selalu menjaga kebersihan kebersihan daerah kewanitaan, hindari kondisi lembap, hindari memakai pakaian yang terlalu ketat, jangan berganti pasangan seksual.

 

Penanganan Keputihan

Penanganan keputihan umumnya diberikan obat oral baik berupa antijamur ataupun antibiotic sesuai dengan etiologi keputihan.

 

Kapan Harus ke Dokter?

Jika keputihan banyak, berbau, berdarah, serta menimbulkan gejala yang mengganggu, segera periksakan diri ke dokter. Untuk melakukan pemeriksaan, bisa langsung membuat janji dengan dokter di rumah sakit pilihan kamu di sini.