27 August 2018

Ini 6 Manfaat Jalan Kaki Setiap 30 Menit Setiap Hari

Jalan kaki, manfaat jalan kaki

Halodoc, Jakarta – Jalan kaki termasuk jenis olahraga yang mudah dan murah untuk dilakukan. Meski begitu, jalan kaki punya banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, terutama jika kamu melakukannya secara rutin. Lantas, apa saja sih manfaat jalan kaki untuk kesehatan?

Baca juga: Kebiasaan Berjalan Kaki Bisa Membantu Menjaga Kesehatan Otak

Jalan kaki memang sebaiknya dilakukan selama 30 menit dalam sehari. Namun, jika kamu baru memulai dan belum terbiasa, kamu bisa melakukannya selama 10 menit per hari. Setelah terbiasa, kamu bisa meningkatkan durasi jalan kaki secara bertahap. Berikut ini beberapa manfaat jalan kaki 30 menit dalam sehari yang bisa kamu dapatkan:

1. Menurunkan Berat Badan

Berjalan kaki bisa meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga membantu membakar kalori dalam tubuh. Sebuah studi menyebutkan bahwa jalan kaki 30 menit setiap hari bisa membakar kalori tubuh sekitar 150 kalori per hari. Itu mengapa olahraga ini bisa membantu mengendalikan berat badan, termasuk menurunkan berat badan.

2. Mengurangi Stres

Sama halnya dengan olahraga lain, berjalan kaki bisa mengurangi stres. Ini karena olahraga bisa merangsang produksi endorfin, yaitu hormon yang menciptakan perasaan bahagia. Bahkan, sebuah studi menyebutkan bahwa berjalan kaki selama 30 menit dalam sehari sama dengan mengonsumsi tiga buah cokelat hitam. Di mana cokelat hitam mengandung senyawa kimia bernama Phenylethylamine (PEA) yang bisa memberikan dampak positif pada suasana hati dan kemampuan kognitif seseorang.

Baca juga: Ketahui Manfaat Coklat Hitam yang Luar Biasa

3. Mengurangi Gejala Varises

Varises adalah pembengkakan dan pelebaran pembuluh darah vena akibat penumpukan darah, biasanya terjadi di sekitar betis dan kaki. Pembuluh darah pengidap varises biasanya akan terlihat menonjol keluar dan berwarna biru atau ungu tua. Kabar baiknya, kamu bisa meminimalkan gejala varises dengan rutin berjalan kaki selama 30 menit sehari.

4. Menguatkan Otot Paha dan Betis

Olahraga ini melibatkan otot-otot kaki, terutama otot paha dan betis. Itu sebabnya olahraga ini bisa menguatkan otot pada dan betis, terutama jika kamu melakukannya secara rutin.

5. Melancarkan Sistem Pencernaan

Berjalan kaki selama 30 menit setiap hari bisa membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil, sehingga mencegah lonjakan kadar gula darah yang bisa membahayakan tubuh.

6. Menurunkan Risiko Penyakit

Berjalan kaki secara rutin bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga menurunkan risiko beberapa penyakit, seperti:

  • Menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, seperti stroke, hipertensi, dan penyakit jantung. Studi yang dipublikasikan dalam New England Journal of Medicine tahun 2002 menyebutkan bahwa orang yang berjalan kaki selama 30 menit sehari bisa menurunkan risiko penyakit kardiovaskular hingga 30 persen.
  • Mencegah osteoporosis. Kondisi ini disebabkan oleh penipisan tulang, sehingga tulang menjadi rapuh, keropos, dan rentan patah. Namun, kondisi ini bisa dicegah dengan berjalan kaki. Sebab, berjalan kaki bisa menguatkan tulang dan otot-otot tubuh.
  • Mencegah diabetes tipe-2. Sebuah studi menyebutkan bahwa berjalan kaki selama 30 menit sehari bisa menurunkan risiko diabetes tipe-2 hingga 30 persen. Ini karena saat berjalan kaki, otot akan terpacu untuk bekerja lebih keras sehingga bisa meningkatkan kemampuan otot-otot tubuh untuk menyerap glukosa.

Itulah mengapa jalan kaki selama 30 menit setiap hari bisa bermanfaat untuk kesehatan. Kalau kamu punya pertanyaan lain seputar jalan kaki, tanyakan saja pada dokter Halodoc. Melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa bertanya pada dokter tepercaya kapan saja dan dimana saja melalui Chat, dan Voice/Video Call. Jadi, yuk download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga!