• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 6 Manfaat Tongkat Ali atau Biasa Disebut juga Pasak Bumi bagi Pria
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 6 Manfaat Tongkat Ali atau Biasa Disebut juga Pasak Bumi bagi Pria

Ini 6 Manfaat Tongkat Ali atau Biasa Disebut juga Pasak Bumi bagi Pria

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 01 September 2022

“Manfaat tongkat ali untuk kesehatan pria ternyata sangat banyak. Ia bisa mengatasi disfungsi ereksi, infertilitas pria, meningkatkan hasrat seksual, serta meningkatkan kinerja atletik.”

Ini 6 Manfaat Tongkat Ali atau Biasa Disebut juga Pasak Bumi bagi PriaIni 6 Manfaat Tongkat Ali atau Biasa Disebut juga Pasak Bumi bagi Pria

Halodoc, Jakarta – Tongkat ali atau biasa juga disebut pasak bumi adalah tanaman golongan afrodisiak yang bisa membantu meningkatkan stamina dan libido untuk pria. Tanaman dengan nama latin Eurycoma longifolia ini biasa ditemui di Asia Tenggara dan sejak lama digunakan sebagai bahan jamu untuk vitalitas pria. 

Akar tongkat ali mengandung beberapa bahan kimia yang berpengaruh pada cara tubuh memproduksi hormon testosteron. Bahkan tanaman herbal ini diyakini mampu meningkatkan kadar testosteron dalam tubuh. Simak selengkapnya manfaat tongkat ali atau biasa disebut juga pasak bumi bagi pria di sini!

Manfaat Tongkat Ali untuk Kesehatan Pria 

Manfaat tongkat ali yang paling utama adalah mengatasi disfungsi ereksi, infertilitas pria, meningkatkan hasrat seksual, serta meningkatkan kinerja atletik. Ini karena dalam tanaman tongkat ali, terkandung senyawa seperti flavonoid, alkaloid, dan senyawa lain yang berperan sebagai antioksidan. 

Antioksidan adalah senyawa yang melawan kerusakan sel yang disebabkan oleh molekul yang disebut radikal bebas. Tongkat ali biasanya dikonsumsi dalam bentuk pil yang mengandung ekstrak herbal atau diolah langsung sebagai minuman jamu untuk kesehatan. 

Lantas, apa saja manfaat tongkat ali untuk kesehatan, terutama untuk buat pria? Ini ulasannya:

1. Meningkatkan Kadar Testosteron dan Meningkatkan Kesuburan Pria

Tingkat testosteron rendah dapat disebabkan oleh banyak hal. Seperti penuaan, kemoterapi, perawatan radiasi, beberapa obat, cedera ataupun infeksi pada testis, dan penyakit tertentu, seperti alkoholisme kronis dan sleep apnea. 

Kadar testosteron yang tidak memadai dapat menyebabkan libido rendah, disfungsi ereksi, dan dalam beberapa kasus ketidaksuburan pria. Senyawa dalam tongkat ali dapat meningkatkan testosteron rendah, sehingga bisa membantu mengatasi masalah-masalah ini. 

2. Membantu Mengatasi Stres 

Tongkat ali dapat menurunkan hormon stres dalam tubuh sehingga akan mengurangi kecemasan dan meningkatkan mood. Sebuah studi yang diterbitkan di U.S. National Library of Medicine menyebutkan bahwa tongkat ali pernah digunakan sebagai bahan obat untuk mengatasi gangguan kecemasan. 

Dalam kaitannya dengan vitalitas dan aktivitas seks, stres dan kecemasan ternyata bisa mengganggu hasrat seksual. Bisa jadi, tongkat ali yang mampu menurunkan kadar stres ini juga berperan dalam membangkitkan hasrat seksual pria.

3. Meningkatkan Massa Otot 

Tongkat ali juga disebut dapat meningkatkan kinerja atletik dan meningkatkan massa otot.               Ini karena tongkat ali mengandung senyawa yang disebut quassinoid, termasuk eurycomaoside, eurycolactone, dan eurycomanone, yang dpunya berbagai manfaat. Seperti membantu tubuh menggunakan energi lebih efisien, mengurangi kelelahan, dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Tongkat ali juga dapat bertindak sebagai bantuan ergogenik, yang merupakan zat yang mampu meningkatkan kinerja fisik dan memperbaiki komposisi tubuh, termasuk peningkatan massa otot.

4. Menjaga Kesehatan Tulang

Tongkat ali juga bisa digunakan untuk meningkatkan kesehatan tulang dan melindungi dari osteoporosis. Ini adalah kondisi yang membuat tulang lebih rentan terhadap patah tulang. Salah satu cara kerjanya adalah peningkatan kadar testosteron yang berdampak pada perlindungan dan peningkatan massa tulang. 

5. Membantu Melawan Kanker

Tongkat ali juga  dapat membantu melawan kanker. Senyawa pada tanaman ini dapat mematikan sel kanker paru-paru dan serviks. Sedangkan untuk pria, kandungan senyawa pada tongkat ali dapat melawan sel kanker prostat. 

6. Efek Anti-Inflamasi dan Antimikroba

Bersifat antibakteria, tongkat ali efektif melawan bakteri, termasuk Escherichia coli dan Salmonella typhi. Ini jugalah yang membuat tanaman ini ampuh melawan infeksi cacing usus, diare, gatal-gatal, disentri, dan juga infeksi sipilis.

Itulah manfaat tongkat ali bagi kesehatan pria. Yuk tanyakan pada dokter di Halodoc untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai tanaman ini. Tunggu apa lagi, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
National Library of Medicine. Diakses pada 2022. Studies on the anxiolytic activity of Eurycoma longifolia Jack roots in mice.
WebMD. Diakses pada 2022. Eurycoma Longifolia – Uses, Side Effects, and More.
Very Well Fit. Diakses pada 2022. The Health Benefits of Tongkat Ali.
Healthline. Diakses pada 2022. Tongkat Ali (Eurycoma longifolia): Everything You Need to Know.
Medical News Today. Diakses pada 2022. What are the benefits and side effects of tongkat ali?