• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 6 Titik Akupunktur yang Aman Dilakukan pada Bagian Wajah
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 6 Titik Akupunktur yang Aman Dilakukan pada Bagian Wajah

Ini 6 Titik Akupunktur yang Aman Dilakukan pada Bagian Wajah

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 09 Desember 2021

"Bisa dibilang akupuntur adalah modalitas penyembuhan diri yang dilakukan oleh ahli di bidangnya. Metode yang dilakukan biasanya menggunakan jarum, untuk mengatasi sejumlah gangguan kesehatan, termasuk stres dan nyeri ringan. Jika dilakukan di wajah, kira-kira area manakah yang menjadi titik akupunturnya?”

Ini 6 Titik Akupunktur yang Aman Dilakukan pada Bagian Wajah

Halodoc, Jakarta – Akupuntur adalah metode pengobatan tradisional yang berasal dari Tiongkok. Tekniknya dilakukan menggunakan titik-titik tekanan pada bagian tubuh tertentu, dengan tujuan untuk meningkatkan kesehatan seseorang. Lantas, yang mana saja titik akupuntur pada bagian wajah?

Titik Akupuntur pada Wajah

Titik-titik akupuntur adalah titik tertentu pada jalur lintas energi tubuh (meridian). Jalur tersebut bukan hanya bisa diakses oleh ahli akupuntur saja, tetapi juga orang awam yang ingin belajar. Jalur tersebut berkorelasi dengan titik tertentu, di mana pemblokiran meridian bisa saja terjadi.

Jika hal tersebut dialami, maka akan muncul rasa sakit dan tidak nyaman di area tubuh yang terkena. Dengan titik akupuntur, pemblokiran tersebut dapat dibuka kembali, sehingga aliran energi dan endorfin alami pereda rasa nyeri bisa dialirkan ke titik yang terkena.

Pada wajah, penekanan di sejumlah titik akupuntur dapat mengalami sejumlah masalah, termasuk meredakan hidung tersumbat, sakit kepala, demam, hingga kedinginan. Selain sakit fisik, akupuntur juga dapat membantu meredakan stres yang dirasakan.

Titik akupuntur pada wajah terbagi menjadi 6 bagian, yaitu LI20, GV26, yintang, taiyang, SJ21, dan SJ17. Berikut ini penjelasan masing-masing bagian tersebut:

1. LI20

LI20 terletak di lekukan nasolabial. Lekukan ini adalah lekukan lubang hidung, yang berpapasan langsung dengan pipi. Titik ini berguna untuk membersihkan saluran hidung, meredakan hidung tersumbat, dan mengatasi hidung gatal.

2. GV26

GV26 terletak tepat di tengah antara bibir dan hidung. Titik ini berguna untuk memulihkan fokus dan menenangkan pikiran.

3. Yintang

Yintang terletak di antara alis, yaitu area yang dikenal sebagai “mata ketiga”. Titik ini berguna untuk mengurangi kecemasan dan meningkatkan kualitas tidur seseorang.

4. Taiyang

Taiyang terletak di area antara mata dan telinga. Titik ini berguna untuk meredakan pusing, migrain, dan masalah pada mata.

5. SJ21

SJ21 terletak di di atas tragus telinga. Titik ini berguna untuk meredakan sakit gigi, dan telinga berdenging serta tersumbat.

6. SJ17

SJ17 terletak tepat di belakang daun telinga. Titik ini berguna untuk mengatasi gejala kelumpuhan wajah, sakit gigi, dan rahang terkunci.

Adakah Efek Sampingnya?

Sama halnya seperti prosedur pengobatan lainnya, terdapat efek samping yang bisa saja terjadi. Efek samping yang paling umum dialami adalah memar. Kamu tenang saja, karena memar tersebut hanya terjadi sementara dan dapat membaik dengan sendirinya seiring berjalannya waktu.

Meski aman dilakukan, pengidap gangguan pendarahan dan diabetes tipe 2 tidak boleh melakukannya. Hal yang dikhawatirkan dari keduanya adalah keluarnya darah dari bekas tusukan jarum dan luka yang tidak kunjung membaik, malah justru berubah menjadi semakin parah.

Dilihat lebih jauh, manfaatnya sendiri lebih besar ketimbang efek samping yang bisa saja dialami. Selain mengatasi sejumlah masalah kesehatan, akupuntur pada wajah mampu menunjang kecantikan wajah. Teknik tersebut mampu meningkatkan aliran darah dan produksi kolagen di area wajah. Hal tersebut dapat mendatangkan sejumlah manfaat, seperti:

  • Mencerahkan kulit.
  • Mengurangi jerawat.
  • Mengecilkan pori-pori.
  • Mengurangi garis halus dan kerutan.
  • Mengurangi pembengkakan wajah.
  • Mengurangi ketegangan rahang.
  • Memperbaiki tekstur kulit.

Untuk lebih jelasnya terkait dengan hal tersebut, kamu bisa tanyakan langsung pada dokter lewat aplikasi Halodoc. Untuk informasi lain seputar kesehatan, kamu bisa download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. 6 Facial Pressure Points, Plus 1 for Relaxation.
Healthline. Diakses pada 2021. Can Facial Acupuncture Really Make You Look Younger?
Aspire Regenerative Health. Diakses pada 2021. What to Expect During Facial Acupuncture.