• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 7 Manfaat Buah Cermai yang Sayang Dilewatkan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 7 Manfaat Buah Cermai yang Sayang Dilewatkan

Ini 7 Manfaat Buah Cermai yang Sayang Dilewatkan

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 09 Desember 2022

“Di balik ukurannya yang kecil, terdapat banyak nutrisi dalam buah cermai. Berkat kandungan tersebut, buah yang asam ini bisa memberikan banyak manfaat kesehatan, mulai dari mengatasi sembelit hingga mencegah kanker.”

Ini 7 Manfaat Buah Cermai yang Sayang DilewatkanIni 7 Manfaat Buah Cermai yang Sayang Dilewatkan

Halodoc, Jakarta – Buah cermai mungkin masih asing di telinga sebagian orang. Padahal, buah ini punya manfaat yang tidak kalah banyak  dibandingkan buah-buahan lainnya yang populer. 

Buah kecil berwarna kuning kehijauan ini mengandung banyak nutrisi dan vitamin, sehingga bisa memberikan manfaat kesehatan maupun membantu mengatasi kondisi kesehatan tertentu. Nah, berikut beberapa manfaat buah cermai yang sayang untuk dilewatkan.

Manfaat Buah Cermai untuk Kesehatan

Karena memiliki rasa asam yang menyegarkan, buah cermai sering dijadikan manisan. Tidak hanya enak, buah yang memiliki nama latin Phyllanthus acidus juga bisa memberikan banyak manfaat kesehatan, antara lain:

1. Bisa mengatasi sembelit

Manfaat buah cermai untuk kesehatan yang pertama adalah mengatasi sembelit. Hal itu berkat kandungan Vitamin C-nya yang tinggi yang bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Sama seperti buah vitamin C lainnya, cermai baik dikonsumsi untuk membersihkan usus.

2. Menurunkan kolesterol

Kolesterol, khususnya kolesterol jahat atau low density lipoprotein (LDL), merupakan biang penyakit bagi tubuh. Kadar kolesterol jahat yang tinggi bisa memicu berkembangnya penyakit-penyakit serius, seperti tekanan darah tinggi, stroke dan jantung.

Nah, mengonsumsi buah cermai bisa membantu menurunkan kolesterol dalam tubuh. Manfaat buah cermai ini tidak terlepas dari kandungan antioksidannya yang bisa menghalau proses oksidasi dari kolesterol jahat. Selain itu, antioksidan juga bisa mencegah terjadinya penumpukan plak pada pembuluh darah arteri (aterosklerosis) yang bisa memicu terjadinya penyakit jantung.

3. Membantu mengelola diabetes

Bagi kamu yang mengidap diabetes, cobalah untuk mengonsumsi buah cermai. Berkat kandungan senyawa mineral yang bernama kromium, buah asam ini bisa membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil. Kromium bermanfaat untuk meningkatkan sensitivitas sel terhadap insulin, sehingga penyerapan glukosa menjadi lebih terkendali. Di India, buah cermai sudah sering digunakan sebagai obat diabetes alami. 

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah cermai juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan begitu, setiap infeksi bakteri atau virus yang masuk ke dalam tubuh bisa dikalahkan. Selain itu, buah cermai juga mengandung asam laktat yang memiliki sifat antibakteri, sehingga bisa memaksimalkan manfaat cermai yang satu ini.

5. Mencegah kanker

Manfaat buah cermai yang satu ini dikarenakan buah ini kaya akan antioksidan yang berfungsi untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat serangan radikal bebas. Namun, khasiat buah cermai untuk mencegah kanker masih diperlukan penelitian lebih lanjut.

6. Membantu menjaga berat badan

Tidak hanya padat nutrisi, buah cermai juga rendah kalori. Dalam 100 gram buah tersebut, terkandung hanya sekitar 44 kalori. Selain itu, buah cermai juga kaya akan serat, sehingga sangat cocok dikonsumsi oleh kamu yang sedang menjalani program diet untuk menurunkan berat badan.

Mengonsumsi makanan sehat yang kaya akan serat bisa membuat kamu kenyang lebih lama. Dengan begitu, kamu jadi tidak mudah lapar dan berat badan tetap terjaga.

7. Menyehatkan kulit

Ingin kulit senantiasa sehat dan terhindar dari penuaan dini? Cobalah untuk mengonsumsi buah cermai. Buah yang berasal dari Madagaskar ini kaya akan vitamin C dan senyawa lain yang bersifat antioksidan. Nutrisi ini penting untuk mencegah tanda-tanda penuaan akibat rusaknya sel-sel kulit yang disebabkan oleh radikal bebas.

Nah, mengingat ada banyak manfaat buah cermai untuk kesehatan, yuk masukan buah kecil yang satu ini ke dalam pola makan kamu sehari-hari. Bila kamu sakit atau punya keluhan kesehatan tertentu, sebaiknya periksakan diri saja ke dokter dengan buat janji temu dokter di rumah sakit pilihan melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store atau Google Play! 

Referensi:
RSUD Sawah Lunto. Diakses pada 2022. 10 Manfaat Buah Cermai (Pria Harus Tahu)
MF 20 Health. Diakses pada 2022. 5 Benefits of Fruit Cermai For Health.