• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Alasan Bekerja di Bawah Matahari Memunculkan Flek Hitam

Ini Alasan Bekerja di Bawah Matahari Memunculkan Flek Hitam

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Ini Alasan Bekerja di Bawah Matahari Memunculkan Flek Hitam

Halodoc, Jakarta - Apakah kamu tipe orang yang sering bekerja di luar ruangan? Wah, kalau sudah begini, kamu harus siap menerima risiko seperti kulit yang terbakar matahari atau kemunculan flek hitam di wajah. Meski kamu sudah menggunakan pelindung wajah atau topi, kadang hal-hal tersebut tidak mampu mencegah kemunculan flek hitam di wajah.

Namun, pernahkah kamu mencari tahu mengapa paparan sinar matahari bisa menyebabkan flek hitam? Untuk tahu jawabannya, yuk simak ulasannya berikut!

Baca juga: Jarang Keluar Rumah Tapi Muncul Flek Hitam, Ini Penyebabnya

Sinar Matahari Penyebab Flek Hitam

Flek hitam atau bintik-bintik penuaan, atau bintik matahari sering kali merupakan tanda kerusakan kulit. Penyebab nomor satu bintik hitam adalah kerusakan akibat sinar matahari. Ketika dirangsang oleh sinar UV yang berbahaya, melanosit bereaksi dengan melepaskan melanin yang bertindak sebagai tabir surya alami. Melanin ini berguna karena menyerap energi dari sinar UV dan mendistribusikannya kembali. Namun, sinar matahari bisa memicu produksi melanin terlalu banyak, dan kemudian menyebabkan bercak hitam pada kulit.

Matahari bukan hanya akar masalah bintik matahari, tapi juga menyebabkan noda hitam yang kita sebut bintik penuaan atau liver spot. Jenis hiperpigmentasi ini juga disebabkan oleh kerusakan akibat sinar matahari, yang terakumulasi selama bertahun-tahun terpapar.

Kondisi ini paling umum terjadi pada orang dewasa yang berusia di atas 55 tahun dan bintik-bintik cokelat atau hitam ini cenderung muncul di area yang paling sering terpapar sinar matahari seperti wajah, tangan, punggung, kaki, dan bahu.

Penuaan juga dapat memperparah munculnya hiperpigmentasi karena dua alasan. Pertama, seiring bertambahnya usia, jumlah melanosit berkurang tetapi ukuran dan produksi pigmen meningkat. Kedua, kulit yang lebih tua cenderung terlihat lebih tipis, lebih pucat, dan lebih tembus cahaya, sehingga makin menonjolkan kemunculan bintik hitam.

Baca juga: 6 Cara Cepat Hilangkan Flek Hitam 

Cara Mencegah Flek Hitam

Melindungi kulit dari kerusakan lebih lanjut sama pentingnya dengan mengurangi hiperpigmentasi yang ada. Untuk kamu yang kerap bekerja di bawah sinar matahari langsung, ada beberapa tips yang perlu kamu lakukan: 

Lindungi Diri dari Matahari

Karena kerusakan akibat sinar matahari adalah salah satu penyebab utama bintik hitam, maka mencegah paparan sinar UV sangat penting untuk mencegah hiperpigmentasi. Ini berarti kamu harus menghindari sinar matahari, memakai topi di luar ruangan dan mengoleskan tabir surya. Dengan kedua cara ini, maka produksi melanin akan terhalang dan flek hitam tidak akan muncul. 

Hindari Panas

Sinar UV bukan satu-satunya pemicu produksi melanin. Sumber panas juga dapat merangsang melanosit untuk menghasilkan lebih banyak pigmen. Hindari aktivitas dengan paparan panas yang besar dan jaga agar kulit tetap dingin untuk mengurangi potensi masalah bintik hitam ini.

Hentikan Peradangan

Karena peradangan adalah penyebab utama hiperpigmentasi lainnya, sebaiknya menghentikan kebiasaan berbahaya yang melukai atau menyebabkan peradangan pada kulit. Memencet jerawat adalah hal yang tidak boleh dilakukan serta aktivitas lain yang memperparah warna kulit.

Gunakan Serum Vitamin C secara Teratur

Para ahli menyarankan bahwa antioksidan topikal seperti serum Vitamin C membantu menyamarkan tampilan bintik hitam bila diterapkan secara teratur. Karena Vitamin C mengganggu produksi melanin dan memberikan begitu banyak manfaat lain untuk kulit. Menyimpan sebotol produk perawatan kulit kaya antioksidan ini adalah langkah penting lainnya untuk mencegah hiperpigmentasi.

Baca juga: Flek Hitam di Wajah Pengaruh Lingkungan atau Hormon?

Jika kamu membutuhkan tabir surya atau serum vitamin C, kamu juga bisa beli di Halodoc lho. Tanpa ribet, kamu bisa tinggal pilih produk perawatan wajah yang kamu butuhkan dan Halodoc akan antar dalam waktu kurang dari satu jam! Praktis bukan? Yuk, gunakan fitur beli obat di Halodoc sekarang!

Referensi:
Eminence Organic Skincare. Diakses pada 2020. 3 Top Reasons You Have Dark Spots On Your Face.
Denver Health Dermatology. Diakses pada 2020. Why Do I Have These Brown Spots on My Face?
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Age Spots (Liver Spots).