07 February 2019

Ini Alasan Herpes Genital Gampang Menular

Ini Alasan Herpes Genital Gampang Menular

Halodoc, Jakarta - Apabila kamu mengalami gangguan kesehatan di area kelamin dan menunjukkan gejala seperti bentol-bentol berair, maka kamu wajib mencurigainya. Apalagi jika bentol-bentol ini menyebar ke area anus dan mulut, bisa jadi kamu terserang virus herpes genital yang mudah menular.

Herpes genital adalah penyakit yang dapat membuat pengidapnya merasa malu dan dapat terjadi pada wanita atau laki-laki. Penyakit ini lebih menyerang mereka yang cenderung aktif berhubungan intim. Parahnya lagi, penyakit ini bisa ditularkan pada bayi saat ibu pengidap herpes genital melahirkan lewat Miss V.

Penyebab Herpes Genital

Herpes genital adalah penyakit kelamin yang disebabkan oleh virus herpes simplex (HSV). Penyakit ini mudah menular, sehingga kamu yang aktif secara seksual wajib menjaga kebersihan dan kesehatan dengan baik. Faktanya, herpes genital dapat menyebar melalui sentuhan, meski banyak kasus penyakit ini lebih mudah menyebar lewat hubungan intim.

Ada dua jenis virus herpes simplex, yakni herpes tipe 1 dan 2. Pada Herpes tipe 1 atau herpes oral, kondisi ini menyebabkan bentol berair atau lenting di sekitar mulut dan bibir. Walaupun HSV 1 dapat menyebar dan menyebabkan herpes genital, herpes genital umumnya disebabkan oleh virus herpes yang lain, yaitu herpes simplex tipe 2 (atau HSV 2).

Baca Juga: Hati-hati, Herpes Bisa Menular Lewat Udara!

Gejala Herpes Genital

Gejala umum pada herpes genital adalah benjolan berair yang muncul di sekitar mulut, area anus, dan area alat kelamin. Namun, gejala herpes genital bisa berbeda pada setiap orang. Mereka yang mengidap penyakit ini mengalami gejala yang dapat hilang dan timbul selama bertahun-tahun.

Beberapa orang dapat mengalami gejala tersebut beberapa kali dalam setahun dan beberapa orang dapat tidak mengalami gejala sama sekali.

Nah, beberapa gejala khas dari herpes genital antara lain:

  • Nyeri atau gatal di area alat kelamin atau bokong.

  • Benjolan merah kecil atau lenting putih kecil.

  • Luka yang terbentuk setelah lenting pecah.

  • Koreng yang terbentuk setelah luka sembuh.

  • Nyeri saat buang air kecil.

  • Gejala seperti flu seperti pembengkakan kelenjar getah bening di lipatan paha, sakit kepala, nyeri otot, dan demam.

Mencegah Penularan Herpes Genital

Herpes genital adalah penyakit yang mudah menular. Kamu wajib menjaga dirimu dari paparan virus penyebab herpes genital. Lakukan tindakan pencegahan supaya tidak tertular herpes genital, khususnya dari pasangan. Berikut tips-tips yang dapat kamu lakukan:

  • Menghentikan aktivitas saat muncul gejala. Apabila pasangan atau kamu sendiri masih dalam masa pengobatan atau pemulihan dari penyakit ini, sebaiknya hindari berhubungan intim, baik itu penetrasi melalui Miss V atau hubungan intim secara oral.

  • Berhubungan intim dengan kondom. Gejala herpes genital kadang tidak disadari oleh pengidapnya. Oleh karena itu, selalu berhubungan intim dengan kondom adalah cara pencegahan yang efektif supaya tidak tertular herpes genital.

  • Tidak menggunakan sex toy bergantian. Ada baiknya setiap orang memiliki sendiri masing-masing mainan seksnya masing-masing. Virus dapat menempel jika kamu menggunakannya secara bergantian. Kalau memang mau digunakan secara bergantian, pastikan kamu mencuci benda tersebut sampai bersih dengan sabun dan air panas. Lalu keringkan sampai tuntas menggunakan tisu atau lap bersih.

  • Jaga kebersihan dan kesehatan alat kelamin. Wanita lebih rentan tertular herpes genital ketimbang pria, karena itu para wanita wajib untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan Miss V. Terutama saat sedang mengalami menstruasi, area Miss V akan menjadi lebih mudah diserang bakteri dan virus berbahaya, salah satunya adalah virus herpes simplex. Para wanita mencoba membersihkan bagian luar Miss V selama menstruasi menggunakan air hangat dan produk pembersih yang aman.

  • Setia pada pasangan. Salah satu cara yang dianjurkan adalah setia pada pasangan atau tidak bergonta-ganti pasangan saat berhubungan intim. Hal ini akan meningkatkan peluang penularan herpes genital.

Baca Juga: Hati-Hati Risiko Ibu Hamil Tularkan Herpes ke Janin

Itulah beberapa hal yang wajib kamu ketahui tentang herpes genital dan cara pencegahan yang bisa dilakukan. Kalau kamu punya pertanyaan lain seputar herpes genital, gunakan aplikasi Halodoc saja. Sebab melalui Halodoc, kamu bisa bertanya pada dokter kapan saja dan di mana saja melalui Chat, dan Voice/Video Call. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga!