05 July 2018

Ini Alasan Pentingnya Konsumsi Makanan Kaya Prebiotik

manfaat konsumsi prebiotik, manfaat prebiotik, manfaat prebiotik untuk kesehatan

Halodoc, Jakarta – Yoghurt menjadi salah satu makanan yang digemari oleh sebagian besar wanita. Tak mengherankan, karena yoghurt memiliki segudang manfaat untuk kesehatan, terutama bagi yang sedang menjalani program diet untuk menurunkan berat badan. Mungkin, kamu akan familiar dengan kandungan probiotik dalam makanan ini. Namun, tahukah kamu bahwa yoghurt juga kaya akan prebiotik?

Tak sedikit orang yang beranggapan bahwa prebiotik dan probiotik adalah dua kandungan yang memiliki fungsi yang sama untuk kesehatan tubuh. Namun, nyatanya, keduanya berbeda. Prebiotik termasuk ke dalam salah satu jenis serat yang sifatnya tidak mudah dicerna oleh tubuh. Sementara itu, probiotik merupakan jenis bakteri baik yang terdapat dalam usus manusia yang berfungsi untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Mengapa Konsumsi Makanan Kaya Prebiotik itu Penting?

Lalu, mengapa mengonsumsi makanan yang kaya akan prebiotik itu penting? Nah, berikut ini manfaat konsumsi prebiotik untuk kesehatan yang akan kamu dapatkan:

Prebiotik Sebagai Sumber Nutrisi Bagi Probiotik

Ternyata, prebiotik adalah sumber nutrisi utama bagi probiotik. Sifat prebiotik yang sulit dicerna tubuh membuat serat ini mencapai organ pencernaan dalam keadaan utuh. Dengan bantuan prebiotik, koloni bakteri baik di dalam usus akan lebih mudah berkembang biak, sehingga kesehatan saluran pencernaan tubuh pun terjamin.

Baca juga: Agar Tidak Keliru, Ketahui Perbedaan Prebiotik dan Probiotik

Tak hanya itu, prebiotik juga turut berperan dalam peningkatan kekebalan tubuh sekaligus memicu tumbuhnya bakteri bifidobacterial dan lactobacilli, sejenis bakteri baik yang hidup dan berkembang biak di dalam usus kamu.

Sumber Makanan Sehat Bagi Pengidap Diabetes

Jenis gula seperti karbohidrat dan fruktan tentu tidak disarankan bagi para pengidap diabetes. Sebaliknya, pengidap diabetes disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan prebiotik inulin. Sifatnya yang sangat sulit dicerna menjadikan prebiotik insulin tidak akan menyebabkan peningkatan kadar gula darah.

Justru, prebiotik inulin isa menjadi obat yang baik bagi pengidap diabetes. Hal ini disebabkan karena diabetes menjadi salah satu penyakit yang berpotensi membentuk kanker, dan kondisi ini dapat dicegah dengan inulin yang ada di dalam prebiotik. Selain itu, prebiotik jenis insulin akan menyebabkan meningkatnya penyerapan kalsium dalam tubuh, terutama yang terjadi di usus besar.

Mencegah Terbentuknya Sel Kanker

Siapa sangka, ternyata manfaat prebiotik juga berkaitan dengan peningkatan daya tahan tubuh terhadap terbentuknya sel-sel kanker jahat. Ada jenis prebiotik tertentu yang saat dicerna oleh tubuh akan memicu terbentuknya sejenis asam yang dipercaya bisa mencegah terbentuknya sel-sel kanker.

Baca juga: Ini Makanan Sehat yang Tepat Jika Ingin Usus Sehat

Sumber Makanan Kaya Prebiotik

Kamu sudah tahu berbagai manfaat konsumsi prebiotik untuk kesehatan tubuh. Tentu kamu juga harus mengetahui berbagai makanan yang kaya akan kandungan prebiotik. Beberapa di antaranya adalah sayur-sayuran, daun bawang, asparagus, gandung, kacang dan biji-bijian, sereal, biskuit, dan yoghurt.

Setiap harinya, asupan prebiotik yang dianjurkan adalah antara lima hingga delapan porsi. Memang, untuk memenuhi asupan hariannya bukan menjadi hal yang mudah. Namun, kamu bisa mengatasinya dengan memperbanyak konsumsi berbagai makanan sumber prebiotik.

 

Itu tadi beberapa alasan pentingnya mengonsumsi makanan prebiotik. Kesehatan menjadi hal penting yang harus kamu jaga dan perhatikan setiap saat. Apa pun gejala yang kamu alami, jika kamu merasa gejala tersebut tidak biasa, segera tanyakan pada dokter. Pakai aplikasi Halodoc supaya kamu lebih mudah dan cepat dalam mendapatkan solusi.

Selain bertanya pada dokter, aplikasi Halodoc juga memiliki layanan Apotek Antar dan Cek Lab untuk kamu yang ingin membeli obat atau vitamin dan melakukan cek kesehatan rutin tanpa harus keluar rumah. Yuk, segera download aplikasinya di ponsel kamu!