Ingin Usus Sehat? Konsumsi Makanan Sehat Ini

Ditinjau oleh  dr. Verury Verona Handayani   24 Februari 2020
Ingin Usus Sehat? Konsumsi Makanan Sehat IniIngin Usus Sehat? Konsumsi Makanan Sehat Ini

Halodoc, Jakarta - Usus memiliki peran penting dalam proses pencernaan serta penyerapan nutrisi makanan. Selain itu, usus juga bertugas untuk mengolah sisa makanan yang tidak dapat dicerna, membentuknya menjadi feses, untuk kemudian dikeluarkan saat buang air besar. Saking pentingnya fungsi organ yang satu ini, kamu harus menjaga agar kinerjanya berjalan dengan optimal.

Caranya sederhana kok, bisa melalui konsumsi makanan sehat dan tepat untuk usus berikut ini:

1. Sayuran Berwarna Hijau Gelap

Ingat, sayuran berwarna hijau gelap enggak cuma bayam saja, lho. Masih banyak jenis sayuran lain, seperti kale atau brokoli. Sayuran jenis ini menyehatkan usus karena mengandung serat yang dapat membersihkan usus. Selain itu, kandungan asam folat, vitamin, dan mineral di dalamnya juga baik untuk usus.

Baca juga: Trik Mudah Ajak Anak Makan Sayur

Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Functional Food pada 2017, brokoli merupakan salah satu sayuran hijau yang paling direkomendasikan, jika kamu ingin memiliki usus yang sehat. Hal ini telah dibuktikan melalui pengamatan pada seekor tikus yang diberi makan brokoli secara rutin setiap harinya. Hasilnya, kesehatan ususnya meningkat.

2. Susu

Susu memiliki banyak keistimewaan bagi tubuh. Selain baik untuk menjaga kesehatan tulang, susu juga bisa melindungi usus dari kanker usus besar. Mengonsumsi setidaknya satu gelas susu dalam sehari juga dapat menurunkan risiko kanker usus besar, lho. Nah, bagi kamu yang ingin mengonsumsinya, pilihlah susu rendah lemak agar bobot tubuh tidak meningkat, ya.

3. Bawang Putih

Sering digunakan sebagai bumbu dapur, bawang putih juga terkenal sebagai antibakteri alami. Menurut beberapa studi kecil, bawang merupakan makanan yang baik untuk usus. Konsumsi bawang putih bisa menurunkan adenoma, yaitu pertumbuhan non-kanker dalam usus besar. Lalu, apa sih kandungan yang istimewa dalam bawang putih sehingga baik untuk kesehatan usus?

Baca juga: Demam Piala Dunia, Coba Kenalan dengan Diet Sehat Ala Cristiano Ronaldo

Jawabannya, senyawa seperti arginin, selenium, dan ajoene yang terkandung di dalam bawang putih berperan untuk membuang kotoran dari dalam tubuh. Senyawa tersebut juga dapat membantu perbaiki mekanisme tubuh kamu. Namun, perlu diketahui juga bahwa konsumsi bawang putih secara berlebihan juga bisa menyebabkan masalah pada lambung, termasuk diare.

Jadi, kamu tetap perlu mengimbanginya dengan banyak minum air putih dan makanan bergizi lainnya. Jika mengalami masalah lambung karena penggunaan bawang putih, segera download aplikasi Halodoc untuk berkonsultasi pada dokter, kapan dan di mana saja.

4. Probiotik

Probiotik seperti yoghurt bisa membantu memberikan suplai bakteri baik yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menyeimbangkan sistem imun. Bakteri baik ini bisa membantu kamu untuk menghilangkan “limbah” dari dalam tubuh. Meski sebenarnya dalam keadaan normal usus tidak memerlukan probiotok, kalau kamu mengalami gangguan percernaan, makanan fermentasi seperti yoghurt atau kefir bisa membuat kamu merasa lebih baik.

Baca juga: Penggemar Matcha, Ini Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan

5. Teh Hitam dan Hijau

Selain bisa menghalangi pertumbuhan sel kanker, senyawa dalam teh hitam dan hijau juga bisa membantu tubuh untuk menonaktifkan agen penyebab kanker, lho. Kedua jenis teh ini juga mengandung senyawa antioksidan, yang disebut catechin yang mampu melawan radikal bebas penyebab kanker usus besar.

Itulah 5 jenis makanan sehat yang perlu banyak dikonsumsi agar usus selalu sehat. Pastikan juga untuk menerapkan gaya hidup sehat lainnya, seperti olahraga teratur, tidur yang cukup, dan kelola stres dengan baik. Hal ini karena olahraga teratur dan aktif bergerak dapat memicu kerja usus, sedangkan stres dapat memicu munculnya gangguan pencernaan.

 

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. The 19 Best Foods to Improve Digestion.
Food Revolution Network. Diakses pada 2020. Why Healing Your Gut (and Keeping Your Gut Happy) Is Essential for Good Health.
Harvard Health Publishing, Harvard Medical School. Diakses pada 2020. Gut feelings: How food affects your mood.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan