• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Arti Abnormal Jika Dilihat dari Sisi Medis dan Psikologi
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Arti Abnormal Jika Dilihat dari Sisi Medis dan Psikologi

Ini Arti Abnormal Jika Dilihat dari Sisi Medis dan Psikologi

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 09 Agustus 2022

“Pada dasarnya kata abnormal memiliki makna tidak normal atau tidak biasa. Namun, kata ini memiliki perbedaan tersendiri pada sisi medis dan psikologi bila dijelaskan secara spesifik.”

Ini Arti Abnormal Jika Dilihat dari Sisi Medis dan PsikologiIni Arti Abnormal Jika Dilihat dari Sisi Medis dan Psikologi

Halodoc, Jakarta – Kata abnormal merupakan salah satu kata yang kerap muncul dalam berbagai literasi. Contohnya seperti pada tinjauan medis dan psikologi. Nah, perlu diketahui bahwa berdasarkan KBBI, kata abnormal memiliki beberapa pengertian. Kata ini bisa diartikan sebagai hal yang tidak sesuai dengan keadaan yang biasa, memiliki kelainan, atau sesederhana tidak normal. 

Namun, perlu diketahui kalau dari aspek atau sisi medis dan psikologi, kata abnormal memiliki perbedaan makna. Lantas, kira-kira apa arti abnormal jika dilihat dari sisi medis dan psikologi? Yuk, simak informasinya di sini! 

Arti Abnormal Berdasarkan Sisi Medis

Berdasarkan sisi medis, kata abnormal memiliki arti atau makna yang lebih spesifik bila dibandingkan dengan KBBI. Menurut U.S. National Cancer Institute, kata abnormal berdasarkan sisi medis digambarkan sebagai ketidaknormalan atau penyimpangan. Nah, kata abnormal ini dapat dipadankan dengan berbagai istilah atau kondisi medis. Sebagai contoh, adanya pertumbuhan lesi atau pertumbuhan abnormal lain di dalam atau pada tubuh. Baik yang bersifat jinak (non kanker), pra kanker, berpotensi menjadi kanker, atau ganas (kanker) dapat digambarkan sebagai abnormalitas kesehatan. Selain itu, kata abnormal dalam istilah medis juga dapat disebut sebagai atipikal. 

Arti Abnormal Berdasarkan Sisi Psikologi 

Jika dilihat dari aspek psikologi, kata abnormal mengacu pada beberapa makna. Mulai dari infrekuensi statistik, penyimpangan dari norma sosial, kegagalan berfungsi secara memadai, hingga penyimpangan dari kesehatan mental yang ideal. Nah, berdasarkan definisi abnormal dari sisi psikologi, artinya sifat, pemikiran, atau perilaku orang dapat diklasifikasikan sebagai abnormal, jika jarang, atau tidak biasa secara secara statistik. Namun, merujuk pada hal ini, penetapan seseorang untuk dikatakan sebagai orang yang abnormal, memerlukan beberapa langkah diagnosis dan evaluasi yang tepat. 

Sebagai contoh, seseorang misalnya mengatakan bahwa orang lain yang memiliki IQ di bawah atau di atas rata-rata tingkat IQ yang umum, adalah orang yang abnormal. Namun, pernyataan ini tentu memiliki keterbatasan, dan tidak dapat benar-benar dibuktikan kebenarannya. Di sisi lain, abnormalitas dalam psikologi juga memiliki cabang keilmuannya tersendiri, yaitu psikologi abnormal. 

Ini Pengertian Psikologi Abnormal 

Perlu diketahui bahwa cabang keilmuan psikologi ini mempelajari orang-orang yang dianggap “abnormal” atau “atipikal”. Sebab, definisi abnormal secara psikologi dapat menimbulkan masalah yang kompleks, terlepas dari definisinya yang cukup sederhana. Oleh karena itu, psikologi abnormal biasanya akan menggunakan beberapa pertanyaan dalam mempelajari orang yang dianggap abnormal, yaitu: 

  • Apa itu normal? 
  • Tidak sesuai dengan normal, tetapi norma siapa? 
  • Untuk usia berapa? 
  • Untuk budaya apa?

Selain itu, perilaku yang dianggap abnormal dibagi menjadi dua kategori utama secara psikologis. Kategori ini termasuk gangguan mental dan kondisi kesehatan mental lainnya. Gangguan mental termasuk depresi dan skizofrenia. Sementara itu, kondisi kesehatan mental lainnya termasuk gangguan bipolar, gangguan stres pasca trauma, gangguan kecemasan, gangguan makan dan gangguan obsesif-kompulsif. 

Itulah arti kata abnormal jika dilihat dari sisi medis dan psikologi. Pada dasarnya kata abnormal memiliki makna tidak normal atau tidak biasa. Namun, kata ini memiliki perbedaan tersendiri pada sisi medis dan psikologi bila dijelaskan secara spesifik. Kendati demikian, keduanya sama-sama menunjukkan kondisi yang tidak normal atau tidak biasa. 

Di sisi lain, abnormalitas dalam kesehatan baik secara fisik dan mental, kerap terlambat terdeteksi, sehingga dapat memicu risiko komplikasi. Sebagai contoh, sel kanker yang merupakan pertumbuhan sel abnormal, kerap menjadi salah satu penyakit yang mengancam keselamatan jiwa. Oleh karena itu, cegah abnormalitas pada kesehatan sedari dini, dengan cara rutin memeriksakan kondisi kesehatan. 

Nah, melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa membuat janji medis untuk memeriksakan kondisi. Tentunya tanpa perlu mengantre atau menunggu berlama-lama. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga! 

Referensi: 

U.S. National Cancer Institute. Diakses pada 2022. Abnormal. 
Simply Psychology. Diakses pada 2022. Abnormal Psychology. 
Simply Psychology. Diakses pada 2022. Psychopathology. 
Kepegawaian Universitas Medan. Diakses pada 2022. Memahami Psikologi Abnormal. 
Verywell Mind. Diakses pada 2022. What Is Abnormal Psychology?
KBBI. Diakses pada 2022. Abnormal.