17 July 2018

Ini Batas Kadar Gula yang Normal Bagi Wanita

kadar gula yang normal, kadar gula, kadar gula normal bagi wanita, diabetes

Halodoc, Jakarta - Kadar gula darah dalam tubuh memiliki peran penting bagi kesehatan tubuh. Sebab, jika kadar gula tubuh terlalu tinggi atau bahkan rendah dapat mengganggu kesehatan tubuh, baik dalam jangka pendek atau panjang. Lalu, berapakah batas kadar gula normal? Apakah batas kadar gula dalam tubuh dibedakan berdasarkan gender? Berikut ulasannya!

Baca juga: Cegah Gula Darah Naik dengan Ketahui 5 Pantangan Pengidap Diabetes

Kadar Gula Normal bagi Wanita

Kadar gula normal pada tubuh manusia sebenarnya tidak bisa ditentukan dengan satuan angka baku. Sebab, kadar gula normal pada tubuh bisa berubah-ubah tergantung pada kondisinya, seperti sebelum atau sesudah seseorang mengonsumsi makanan. Begitu pun jika penentuan kadar gula normal didasarkan pada gender. Tidak ada perbedaan signifikan antara kadar gula normal pada pria dan wanita.

Setelah menyantap makanan, sistem pencernaan dalam tubuh akan memecah karbohidrat menjadi gula dan akan diserap oleh aliran darah. Zat gula atau glukosa ini memiliki peranan penting, karena akan menjadi sumber energi yang berguna bagi kinerja tubuh. Zat gula tersebut akan dialirkan oleh darah menuju sel-sel tubuh dan akan dijadikan sebagai sumber energi.

Untuk mencapai sel-sel dalam tubuh, zat gula membutuhkan insulin. Insulin merupakan hormon yang dihasilkan oleh sebuah organ tubuh, yaitu pankreas. Setelah berhasil mencapai sel-sel dalam tubuh, zat gula akan dibakar menjadi energi dan digunakan untuk kinerja tubuh. Kelebihan zat gula kemudian akan disimpan di organ hati untuk digunakan di lain waktu.

Berikut adalah batas kadar gula darah normal pada orang dewasa sehat:

  • Kadar gula darah normal waktu sebelum makan, yaitu sekitar 70-130 miligram/desiliter.
  • Kadar gula darah normal waktu setelah makan, sekitar 2 jam, yaitu kurang dari 140 miligram/desiliter.
  • Setelah puasa selama delapan jam, kadar gula darah normal yaitu kurang dari 100 miligram/desiliter.
  • Menjelang tidur, kadar gula darah normal yaitu 100-140 miligram/desiliter.

Baca juga: Inilah Tanda-tanda Kalau Kamu Kelebihan Gula Darah

Apa yang Terjadi Jika Kadar Gula Darah Tinggi?

Jika angka gula darah melebihi angka 200 miligram/desiliter, berarti kandungan zat gula dalam darah terlalu tinggi. Kadar gula darah yang tinggi juga dikenal dengan sebutan hiperglikemia. Kondisi ini disebabkan oleh kekurangan hormon insulin dalam tubuh, sehingga tubuh tidak bisa memproses gula darah dalam tubuh menjadi energi.

Hiperglikemia biasanya terjadi karena seseorang mengidap diabetes. Diabetes terjadi pada seseorang karena kebiasaan yang tidak sehat, makan berlebihan, dan kurang berolahraga. Jika pengidap diabetes melupakan obat atau insulin juga biasanya bisa menyebabkan hiperglikemia. Selain itu, stres juga bisa menyebabkan seseorang mengalami hiperglikemia.

Selain orang yang mengidap diabetes, hiperglikemia juga bisa menimpa siapa saja. Terutama, jika seseorang sedang mengidap penyakit yang berat. Tanda-tanda yang bisa kamu kenali sebagai hiperglikemia adalah badan terasa lelah, nafsu makan naik drastis, berat badan menurun, sering merasa haus, dan sering buang air kecil.

Ketika kadar gula darah dalam tubuh melebihi 350 miligram/desiliter, sebaiknya kamu lebih perhatikan lagi kesehatan tubuh kamu. Kamu akan merasakan beberapa gejala seperti gelisah, kesadaran yang menurun, rasa haus yang parah, berkurangnya penglihatan, dan pusing. Selain itu, kamu juga akan merasakan gejala pada kondisi kulit, seperti kulit memerah, kering, dan terasa panas.

Jika gejala-gejala tersebut kamu rasakan dan kamu tidak melakukan pengobatan yang tepat, kamu berisiko mengidap sindrom diabetes hiperosmolar. Selain itu, kamu juga berisiko mengidap infeksi gigi dan gusi, masalah kulit, kebutaan, kerusakan saraf, gagal ginjal, penyakit kardiovaskular, dan osteoporosis.

Cara Mencegah Peningkatan Kadar Gula dalam Tubuh

Untuk mencegah peningkatan kadar gula darah dalam tubuh, kamu bisa melakukan beberapa hal berikut ini. Pertama, lakukan olahraga rutin. Kamu bisa melakukan olahraga secara teratur, 2,5 jam per minggu. Dengan olahraga teratur, kamu bisa melatih kekuatan otot tubuh, sehingga bisa menjaga kadar gula darah tetap normal.

Selanjutnya, kamu juga harus memperhatikan asupan makanan. Sebaiknya kamu membatasi asupan karbohidrat, sebab konsumsi karbohidrat berlebihan dapat meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh. Sebagai gantinya, kamu dapat mengonsumsi karbohidrat kompleks seperti nasi merah dan oatmeal.  Pasalnya, karbohidrat kompleks memiliki kadar glikemik yang rendah dan baik untuk menjaga kadar gula darah dalam tubuh.

Ada baiknya juga kamu  menghindari kondisi yang membuatmu stres. Tekanan hidup yang mengakibatkan stres dapat memengaruhi kesehatan. Begitu pun dengan kadar gula darah, sebab stres dapat memengaruhi peningkatan kadar gula darah dalam tubuh. Luangkan waktu untuk bersantai, seperti berolahraga santai, supaya pikiran kamu tetap tenang dan terhindar dari stres.

Baca juga:2 Cara Sederhana Mengendalikan Gula Darah

Ingin mengetahui lebih lanjut mengenai kesehatan? Kamu bisa menghubungi dokter tepercaya melalui aplikasi Halodoc. Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu juga dapat bertanya pada dokter mengenai batas kadar gula yang normal bagi wanita melalui Chat atau Voice/Video Call. Selain itu, kamu juga bisa membeli produk kesehatan dan suplemen di Halodoc tanpa perlu keluar rumah. Pesanan akan sampai dalam waktu satu jam. Jadi, tunggu apa lagi? Ayo, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!