• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Berbagai Fungsi Zat Prostaglandins pada Tubuh
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Berbagai Fungsi Zat Prostaglandins pada Tubuh

Ini Berbagai Fungsi Zat Prostaglandins pada Tubuh

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 12 Agustus 2022

“Prostaglandins memiliki fungsi yang berbeda-beda tergantung pada area tubuh mana mereka diproduksi. Senyawa alami dalam tubuh ini berperan dalam reproduksi, mempromosikan dan mengatasi peradangan, serta membantu penyembuhan secara umum.”

Ini Berbagai Fungsi Zat Prostaglandins pada TubuhIni Berbagai Fungsi Zat Prostaglandins pada Tubuh

Halodoc, Jakarta – Prostaglandins adalah senyawa dalam tubuh yang terbuat dari lemak yang memiliki efek seperti hormon. Tidak seperti kebanyakan hormon lainnya yang dilepaskan oleh kelenjar dan kemudian dibawa ke seluruh tubuh melalui aliran darah, prostaglandins diproduksi di area tubuh di mana mereka dibutuhkan.

Menariknya lagi, senyawa ini bisa memberikan efek yang berbeda tergantung pada reseptor tempat mereka menempel. Salah satu contoh efek prostaglandins adalah kram rahim saat wanita menstruasi. Lantas, sebenarnya apa fungsi prostaglandins dalam tubuh? Simak ulasan lebih lengkapnya di sini.

Mengenal Fungsi Prostaglandins

Prostaglandins diproduksi di hampir semua sel dan merupakan bagian dari cara tubuh menghadapi cedera dan penyakit. Senyawa ini bertindak sebagai sinyal untuk mengontrol beberapa proses yang berbeda,  tergantung pada bagian tubuh di mana mereka dibuat. 

Misalnya, prostaglandin bisa dibuat di tempat kerusakan jaringan atau infeksi, di mana mereka menyebabkan peradangan, nyeri dan demam sebagai bagian dari proses penyembuhan. Hal yang menarik adalah sering kali efek yang diberikan prostaglandins sangat berlawanan.

Contohnya, ketika pembuluh darah terluka, prostaglandin yang disebut tromboksan merangsang pembekuan darah untuk mencoba menyembuhkan kerusakan. Hal itu juga menyebabkan otot di dinding pembuluh darah berkontraksi (membuat pembuluh darah menyempit)  untuk mencoba mencegah kehilangan darah.

Sementara itu, prostaglandins yang lain yang disebut prostasiklin memiliki efek berlawanan dengan tromboksan. Senyawa ini justru mengurangi pembekuan darah dan menghilangkan gumpalan yang tidak lagi diperlukan, seperti yang terjadi pada saat menstruasi. Prostasiklin menyebabkan otot pada dinding pembuluh darah mengendur, sehingga pembuluh darah melebar.

Berikut adalah beberapa fungsi prostaglandin berdasarkan bagian tubuh mereka dihasilkan:

1. Berperan dalam Proses Reproduksi

Reseptor prostaglandins hadir di dalam rahim wanita, baik sedang hamil atau tidak. Menurut para ahli, senyawa inilah yang mungkin bertanggung jawab atas kram rahim yang bisa menyebabkan menstruasi yang menyakitkan.

Selama periode menstruasi, prostaglandins memicu otot-otot di rahim wanita untuk berkontraksi. Hal ini membantu mengeluarkan lapisan rahim. Namun, bila kadar prostaglandins tinggi, kram menstruasi yang parah bisa terjadi dan kontraksi yang parah bisa menyempitkan pembuluh darah di sekitar rahim. 

Sedangkan pada akhir kehamilan, seorang wanita akan memiliki lebih banyak jenis prostaglandins tertentu di jaringan rahimnya. Hal itu termasuk PGE2 dan PGE2a. Para dokter percaya jenis ini bertanggung jawab untuk menciptakan kontraksi rahim yang membantu memindahkan bayi ke jalan lahir sebagai persiapan untuk persalinan. Dokter mungkin juga bisa meresepkan obat prostaglandins untuk menginduksi persalinan.

2. Penyembuhan Secara Umum

Fungsi prostaglandins lainnya adalah untuk membantu penyembuhan, terutama di perut. Senyawa ini menurunkan produksi asam lambung sekaligus merangsang pelepasan lendir pelindung di saluran pencernaan.

Selain itu, prostaglandins juga memengaruhi pembekuan darah untuk mencegah perdarahan. Mereka juga melarutkan bekuan darah ketika kamu sedang dalam penyembuhan.

3. Tekanan Mata

Prostaglandins juga berperan dalam menurunkan tekanan intraokular. Untuk alasan ini, dokter mungkin meresepkan obat tetes mata yang membantu mengurangi tekanan mata. Efek senyawa ini bisa membantu mengobati kondisi seperti glaukoma.

4. Peradangan dan Nyeri

Prostaglandins bisa mengurangi rasa sakit, tapi juga bisa menyebabkannya. Para ahli sudah menemukan adanya konsentrasi tinggi dari senyawa tersebut pada area peradangan. Prostaglandins diketahui bisa memiliki berbagai efek inflamasi, termasuk menyebabkan pembuluh darah melebar untuk menurunkan tekanan darah, meningkatkan demam, dan merekrut sel-sel yang terlibat dalam reaksi alergi.

Meskipun peradangan bukan sesuatu yang menyenangkan, tapi hal itu juga tidak selalu buruk. Peradangan adalah salah satu langkah awal dalam proses penyembuhan.

Itulah beberapa fungsi prostaglandins yang perlu kamu ketahui. Bila kamu memiliki masalah dengan prostaglandins, seperti kram menstruasi yang parah, coba diskusikan saja pada dokter melalui aplikasi Halodoc

Melalui Video/Voice Call dan Chat, kamu bisa tanya dokter sekaligus minta saran kesehatan kapan saja dan di mana saja. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di Apps Store dan Google Play.

Referensi:
You and Your Hormones. Diakses pada 2022. Prostaglandins.
Healthline. Diakses pada 2022. Everything You Want to Know About Prostaglandins.
Everyday Health. Diakses pada 2022. What Are Prostaglandins?