• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Cara Mengatasi Tenggorokan Gatal dengan Bahan Herbal
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Cara Mengatasi Tenggorokan Gatal dengan Bahan Herbal

Ini Cara Mengatasi Tenggorokan Gatal dengan Bahan Herbal

2 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 13 Juli 2022

“Meskipun tenggorokan gatal bukanlah kondisi serius, tapi hal tersebut terkadang bisa mengganggu aktivitas pengidapnya. Nah, ada beberapa cara mengatasi tenggorokan gatal dengan bahan herbal, yaitu dengan madu, teh chamomile, atau berkumur dengan air garam.”

Ini Cara Mengatasi Tenggorokan Gatal dengan Bahan HerbalIni Cara Mengatasi Tenggorokan Gatal dengan Bahan Herbal

Halodoc, Jakarta – Tenggorokan gatal tentu terasa tidak nyaman, terutama saat menelan makanan atau minuman. Meskipun tenggorokan gatal bukan kondisi serius, tapi tetap saja terasa menyakitkan dan akan membuat aktivitas sehari-hari terganggu. Untungya, kamu bisa mengatasi tenggorokan gatal dengan bahan herbal.

Lantas, bagaimana cara mengatasi tenggorokan gatal dengan bahan herbal?

Cara Mengatasi Tenggorokan Gatal

Berikut ini bahan herbal yang dapat kamu gunakan untuk mengatasi tenggorokan gatal:

  1. Minum Madu

Madu yang dicampur dalam teh atau meminum madu secara langsung bisa menjadi obat rumahan untuk tenggorokan gatal. Sebuah studi menemukan bahwa madu efektif dalam meredakan batuk, dibandingkan dengan perawatan batuk biasa. Penelitian juga menunjukkan bahwa madu dapat menyembuhkan luka secara efektif. Artinya ia dapat membantu mempercepat penyembuhan tenggorokan gatal.

  1. Berkumur dengan Air Garam

Berkumur dengan air garam hangat dapat membantu meredakan tenggorokan gatal. Air garam dikenal dapat membunuh bakteri di tenggorokan. Kamu bisa membuat larutan air garam dengan setengah sendok teh garam dalam segelas penuh air hangat. Berkumurlah dengan air tersebut untuk mengurangi pembengkakan dan menjaga tenggorokan tetap bersih. Cara ini harus dilakukan setiap tiga jam atau lebih.

  1. Minum Teh Chamomile

Teh chamomile secara alami dapat memberikan respons menenangkan. Teh tersebut telah lama digunakan untuk pengobatan seperti menenangkan sakit tenggorokan. Teh chamomile juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi masalah kesehatan lainnya, karena memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan. 

  1. Menyemprotkan Minyak Peppermint

Peppermint dikenal karena kemampuan untuk menyegarkan napas. Semprotan minyak peppermint juga dapat meredakan tenggorokan gatal. Peppermint mengandung mentol yang bermanfaat untuk mengencerkan lendir dan meredakan sakit tenggorokan serta batuk. Selain itu, peppermint memiliki sifat antiinflamasi, antibakteri, dan antivirus yang dapat mendukung penyembuhan tenggorokan gatal.

  1. Berkumur dengan Soda Kue

Selain berkumur dengan air garam, berkumur dengan soda kue yang dicampur air garam juga dapat meredakan tenggorokan gatal. Berkumur dengan larutan tersebut dapat membunuh bakteri dan mencegah pertumbuhan ragi serta jamur pada tenggorokan.

Itulah beberapa bahan herbal yang dapat kamu gunakan sebagai cara mengatasi tenggorokan gatal. Jika tenggorokan gatal tidak kunjung membaik dan khawatir dengan gejala yang menyertainya, segera tanyakan pada dokter di aplikasi Halodoc untuk mendapatkan saran penanganan. Yuk. download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. 12 Natural Remedies for Sore Throat
Medical News Today. Diakses pada 2022. 15 natural remedies for a sore throat
Health Shots. Diakses pada 2022. Soothe your cough and sore throat with these 5 natural remedies