25 June 2018

Ini Cara Tepat Menyimpan Produk Skincare

menyimpan skincare, menyimpan produk skincare, tips menyimpan produk kecantikan

Halodoc, Jakarta – Wanita cenderung memiliki berbagai produk kecantikan, mulai dari bedak, lipstick, body lotion, hingga krim pembersih muka. Tentunya, setiap wanita ingin memiliki kulit yang cantik dan sehat. Demi mewujudkannya, tidak sedikit wanita yang memiliki berbagai jenis dan merk produk kecantikan.  

Namun, ternyata tidak banyak wanita yang mengetahui bagaimana cara menyimpan produk skincare yang benar. Padahal, metode penyimpanan yang tidak tepat akan membuat efek samping yang justru berbahaya bagi kulit. Manfaat yang dijanjikan untuk kamu pun bisa jadi tidak akan muncul. Oleh karena itu, kamu perlu tahu cara menyimpan skincare yang tepat, seperti berikut ini:

 

  • Simpan pada Tempat yang Tidak Terpapar Sinar Matahari Secara Langsung

 

Hampir semua produk kecantikan tidak dianjurkan untuk terkena paparan sinar matahari secara langsung. Ini disebabkan karena paparan sinar matahari langsung akan membuat kandungan yang ada di dalam produk kecantikan akan berkurang khasiatnya. Misalnya saja, vitamin C yang ada pada krim wajah akan mengalami perubahan warna jika terkena cahaya matahari secara langsung. Oleh karena itulah, kamu sebaiknya menyimpan produk kecantikan pada tempat yang terlindung dari sinar matahari.

 

  • Beberapa Produk Kecantikan Sebaiknya Disimpan di dalam Kulkas

 

Tidak melulu diletakkan pada suhu kamar, ada beberapa produk skincare yang akan lebih baik jika kamu menyimpannya di dalam lemari es. Produk kecantikan yang terbuat dari bahan organik, parfum, cat kuku, dan semua produk yang mengandung vitamin C dan A lebih baik disimpan dalam kulkas.

Pada bahan organik, penyimpanan di dalam lemari es akan memperpanjang masa pakai produk karena jamur akan lebih lambat bertumbuh pada suhu dingin. Sementara itu, parfum yang disimpan di dalam kulkas akan mengalami penguraian yang lebih lambat. Produk-produk yang mengandung vitamin A dan C lemah terhadap sinar matahari, sehingga lebih baik disimpan di dalam lemari pendingin.

Baca juga: 4 Tips Pilih Skincare Sesuai Jenis Kulit

 

  • Produk Kecantikan yang Sebaiknya Disimpan pada Suhu Kamar

 

Sekarang, kamu perlu tahu produk kecantikan apa saja yang sebaiknya tidak kamu simpan di dalam kulkas. Berbagai produk yang memiliki komposisi mineral oil dan minyak seperti foundation cair atau face oil akan mengalami perubahan konsistensi apabila dimasukkan di dalam kulkas.

Produk lain yang sebaiknya kamu simpan pada suhu ruangan adalah semua kosmetik yang mengandung pengawet. Sementara itu, produk sunscreen atau segala produk yang mengandung natural oil-based harus disimpan pada tempat yang gelap supaya tidak terjadi proses oksidasi, seperti misalnya di dalam laci meja rias atau lemari.

 

  • Produk Kecantikan yang Bisa Disimpan di Kamar Mandi

 

Tidak sedikit orang yang memilih menyimpan skincare di dalam kamar mandi untuk memudahkan penggunaannya. Padahal, kamar mandi adalah ruangan dengan kelembapan tinggi dan suhu yang cenderung berubah-ubah, sehingga tidak semua produk bisa disimpan di dalamnya.

Produk-produk seperti parfum, pelembap, kosmetik dengan bahan alami, juga kosmetik cair jangan kamu taruh di kamar mandi. Kelembapan di kamar mandi akan membuat bakteri sangat mudah berkembang biak pada berbagai produk kecantikan tadi, sehingga akan berdampak negatif pada komposisi zat aktif yang dimilikinya.

Baca juga: Alasan Skincare Korea Jade Lebih Populer

Itu tadi beberapa cara menyimpan skincare yang bisa kamu ikuti. Penyimpanan yang tepat akan membuat produk kecantikan yang kamu pakai setiap harinya tetap aman dan terhindar dari infeksi serta iritasi kulit. Namun, kalau kamu mengalami gejala aneh pada kulit, jangan ragu untuk segera bertanya pada dokter spesialis kulit melalui aplikasi Halodoc yang bisa kamu download di Google Store atau Play Store. Yuk, pakai aplikasi Halodoc untuk menunjang kesehatan tubuh kamu!