05 December 2018

Ini Ciri Kanker Tiroid yang Jarang Disadari

Ini Ciri Kanker Tiroid yang Jarang Disadari

Halodoc, Jakarta – Kanker tiroid terjadi akibat perkembangan kelenjar tiroid yang abnormal. Kelenjar tiroid terletak di bagian depan leher dan berperan untuk menghasilkan hormon yang mengatur metabolisme, pertumbuhan, suhu tubuh, denyut jantung, tekanan darah, berat badan dan lainnya. Meski penyebabnya belum diketahui secara pasti, para ahli menduga kanker tiroid disebabkan oleh perubahan hormon pada sistem reproduksi wanita. Penyakit ini rentan terjadi pada wanita yang berada pada kelompok usia 35 - 39 tahun dan usia 70 tahun ke atas.

Terdapat Empat Jenis Kanker Tiroid

Studi menyebut 1 dari 10 benjolan dari tiroid tergolong tumor ganas atau kanker tiroid. Agar kamu lebih waspada, kenali empat jenis kanker tiroid berikut ini:

  • Karsinoma papiler, termasuk jenis kanker tiroid yang paling umum. Kanker tiroid jenis ini biasanya terjadi pada wanita berusia kurang dari 40 tahun.

  • Karsinoma folikuler. Kanker jenis ini ditemukan sebanyak 10 - 15 persen dan rentan terjadi pada orang berusia lanjut (lansia). Perkembangan sel kanker cenderung lebih agresif dan cepat dibanding tipe papiler, bahkan bisa menyebar ke paru-paru dan tulang.

  • Karsinoma medular tiroid. Tipe ini bersifat agresif sehingga menyebar lebih cepat hingga ke kelenjar getah bening dan organ tubuh lainnya. Berbeda dengan tipe papiler dan folikuler yang sulit dideteksi, tipe medular tiroid bisa dideteksi sedini mungkin melalui tes darah. Tipe ini umumnya dipengaruhi oleh faktor keturunan.

  • Karsinoma tiroid anaplastik. Ini adalah tipe kanker tiroid yang paling jarang terjadi, tapi paling agresif. Karena perkembangannya cepat dan sulit dikendalikan, tipe ini perlu dideteksi dan diatasi sedini mungkin.

Kenali Ciri Kanker Tiroid Sedini Mungkin

Kanker tiroid jarang menimbulkan gejala, terutama pada tahap awal perkembangannya. Setelah memasuki tahap lanjutan, kanker tiroid ditandai dengan munculnya benjolan atau pembengkakan pada bagian depan leher, tepatnya di bawah jakun dan tidak terasa sakit. Ini gejala kanker tiroid yang bisa diamati:

  • Sakit tenggorokan.

  • Sulit menelan.

  • Sulit bernapas.

  • Suara serak dan tidak membaik setelah beberapa minggu.

  • Nyeri pada bagian leher.

  • Batuk terus-menerus.

Perlu diperhatikan adalah tidak semua benjolan yang muncul pada leher disebabkan oleh kanker tiroid. Sebab sebagian besar pembengkakan kelenjar tiroid disebabkan oleh penyakit gondok, yakni penyakit yang disebabkan oleh hipertiroidisme (terlalu banyak hormon T3 dan T4) atau hipotiroidisme (kekurangan hormon T3 dan T4). Risiko kanker tiroid meningkat pada orang yang mengidap gangguan tiroid, memiliki riwayat keluarga dengan kanker tiroid, kelebihan berat badan (overweight) atau obesitas, sering terpapar radiasi (terutama di bagian leher dan kepala), memiliki gangguan pencernaan Familial Adenomatous Polyposis (FAP) dan mengidap akromegali.

Itulah ciri kanker tiroid yang perlu diketahui. Kalau tiba-tiba muncul benjolan pada leher dan terasa nyeri, segera bicara pada dokter Halodoc untuk mencari tahu penyebab dan mendapat penanganan yang tepat. Kamu bisa menggunakan fitur Contact Doctor yang ada di aplikasi Halodoc untuk bertanya pada dokter via Chat, dan Voice/Video Call. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga!

Baca Juga: