• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Deretan Menu Sarapan Pagi untuk Diet yang Padat Nutrisi
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Deretan Menu Sarapan Pagi untuk Diet yang Padat Nutrisi

Ini Deretan Menu Sarapan Pagi untuk Diet yang Padat Nutrisi

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 29 November 2022

“Diet yang bertujuan untuk menurunkan berat badan harus dibarengi dengan mengonsumsi asupan sehat. Adapun menu sarapan pagi untuk diet, yakni telur, pisang, yoghurt, smoothie dan kopi.”

Ini Deretan Menu Sarapan Pagi untuk Diet yang Padat NutrisiIni Deretan Menu Sarapan Pagi untuk Diet yang Padat Nutrisi

Halodoc, Jakarta – Diet adalah perubahan pola makan yang bertujuan untuk menurunkan berat badan. Salah satu caranya yakni mengonsumsi makanan sehat saat sarapan guna mendukung keberhasilan program yang dijalani.

Meski tengah menjalani diet, kamu tidak boleh melewatkan waktu sarapan. Sebab, makanan ini dapat memberikan nutrisi dan energi yang dipakai untuk beraktivitas. Dengan begitu, kamu tidak akan makan berlebihan di siang hari.

Guna membantu program diet, disarankan untuk memilih makanan yang rendah kalori dan padat nutrisi, seperti serat dan protein. Adapun menu sarapan pagi untuk diet, yakni telur, pisang, yoghurt, smoothie dan kopi.

Menu Sarapan Pagi untuk Diet

1. Telur

Telur mengandung banyak protein, vitamin dan mineral penting, seperti selenium dan riboflavin. Berkat kandungan tinggi proteinnya, makanan ini efektif mengurangi nafsu makanan dan membuat rasa kenyang bertahan lebih lama.

Penelitian yang tertuang dalam jurnal Egg breakfast enhances weight loss menyebutkan, sebanyak 64 persen dari 152 orang dewasa yang mengganti sarapannya dengan telur mengalami 34 persen penurunan lingkar pinggang. Mereka mengonsumsi telur selama periode 8 minggu.

Telur menjadi salah satu hidangan praktis, mudah didapat dan dibanderol dengan harga yang relatif murah. Kamu bisa mengolah 2 sampai 3 butir telur dengan cara direbus atau diorak-arik.

2. Pisang

Pisang mengandung tinggi serat dan rendah kalori. Satu buah ukuran sedang mengandung 100 kalori dan mengemas 3 gram serat makanan. Asupan tersebut dapat memenuhi hingga 12 persen kebutuhan serat harian tubuh.

Serat membantu memperlambat pengosongan perut dan membuat rasa kenyang bertahan lebih lama. Selain serat, pisang juga mengandung pati yang tidak dapat dicerna oleh perut dan usus kecil. Manfaatnya yakni membantu mengurangi lemak berlebihan di dalam perut.

3. Yogurt

Yoghurt, khususnya yoghurt Yunani (Greek yoghurt) mengandung tinggi protein yang dapat membantu keberhasilan program diet. Penelitian dalam jurnal Effects of high-protein vs. high- fat snacks on appetite control, satiety, and eating initiation in healthy women menyebutkan, sebanyak 20 wanita yang mengonsumsi yoghurt mengalami penurunan rasa lapar.

Protein yang terkandung di dalam yoghurt bukan hanya membantu mengurangi rasa lapar saja, tapi juga membuat rasa kenyang bertahan lebih lama. Untuk menikmatinya, kamu bisa mencampurkan satu cangkir yoghurt (285 gram) dengan buah-buahan atau biji-bijian.

4. Smoothie

Smoothie menjadi salah satu hidangan yang cepat dan mudah dibuat. Di dalamnya mengandung berbagai nutrisi dan vitamin yang berasal dari campuran buah dan sayuran.

Caranya, campurkan satu cangkir (240 mililiter) susu dengan segenggam sayuran hijau, 2 sendok makan biji chia dan satu cangkir stroberi. Kamu juga bisa menambahkan es batu guna menambah rasa segar.

5. Kopi

Kandungan kafein di dalam kopi dapat membantu menurunkan berat badan. Caranya dengan meningkatkan metabolisme tubuh dalam membakar lemak berlebihan. Namun, menu sarapan pagi untuk diet ini tidak bisa dinikmati oleh para pengidap penyakit lambung, karena dapat memicu kambuhnya gejala.

Selain mengonsumsi beberapa jenis sarapan pagi untuk diet di atas, kamu juga bisa menunjang keberhasilan diet dengan memenuhi asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Caranya, download Halodoc segera dan cek kebutuhan suplemen di Toko Kesehatan pada aplikasi tersebut, ya! 

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. 14 Healthy Breakfast Foods That Help You Lose Weight.
Women’s Health. Diakses pada 2022. 62 Best Healthy Breakfast Ideas For Weight Loss That You’ll Want To Wake Up To Every Morning.