• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Fakta yang Perlu Dipahami sebelum Menjalani Gurah
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Fakta yang Perlu Dipahami sebelum Menjalani Gurah

Ini Fakta yang Perlu Dipahami sebelum Menjalani Gurah

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 07 Februari 2022
Ini Fakta yang Perlu Dipahami sebelum Menjalani Gurah Ini Fakta yang Perlu Dipahami sebelum Menjalani Gurah

“Gurah adalah pengobatan tradisional yang biasanya digunakan untuk mengatasi gangguan sinus. Pengobatan ini dilakukan dengan cara meneteskan cairan srigunggu ke hidung agar lendir keluar. Selain sinus, gurah juga bisa digunakan untuk mengobati gangguan pernapasan lainnya. Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan efektivitas dan keamanan gurah.”

Halodoc, Jakarta - Apakah kamu pernah mendengar mengenai pengobatan gurah? Pengobatan ini adalah pengobatan tradisional yang memanfaatkan ramuan cairan srigunggu. Cairan akan ditetes melalui hidung dengan maksud agar lendir keluar. Pengobatan gurah biasanya dilakukan untuk mereka yang mengalami gangguan sinus


Tak perlu khawatir akan keamanannya, gurah sudah digolongkan ke dalam pengobatan tradisional yang masuk dalam Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1076/Menkes/SK/VII/2003 tentang Penyelenggaraan Pengobatan Tradisional. Alhasil, gurah telah sejajar dengan jamu, tabib, sinshe, homoeopathy, aromatherapist, dan pengobat tradisional lain. 

Beberapa Fakta Tentang Gurah

Ada beberapa fakta yang perlu dipahami mengenai gurah, antara lain: 

1. Cara Kerja Gurah 

Bahan utama dalam pengobatan gurah adalah tanaman yang bernama srigunggu atau senggugu. Tanaman bernama latin Clerodendrum serratum ini dikenal sebagai tanaman obat yang dilaporkan mampu dalam mengobati rasa sakit, peradangan, rematik, gangguan pernapasan, dan demam.

Mengutip Journal of Applied Pharmaceutical Science, Clerodendrum serratum juga telah dikenal luas untuk pengobatan berbagai penyakit yang mengancam jiwa seperti sifilis, tifus, kanker, penyakit kuning, dan hipertensi. Secara tradisional, tanaman ini juga telah digunakan sebagai anti-rematik, anti-asma, dan obat penurun panas.

Akar C. serratum juga digunakan sebagai antioksidan, antibakteri, dan antijamur. Penelitian ini cukup menarik dan menunjukkan bahwa tanaman ini harus dipelajari lebih dalam mengenai manfaat terapeutiknya.

Untuk dijadikan ramuan gurah, akar pohon srigunggu akan digilas hingga keluar busa, dan kemudian akan disaring hingga diperoleh cairan yang jernih. Cairan ini yang kemudian ditambahkan air matang untuk menjadi ramuan gurah. Ramuan ini akan ditetes ke hidung oleh praktisi gurah. Untuk melakukannya, posisi pasien juga harus tidur tengkurap supaya lendir yang dihasilkan dari mulut dan hidung lebih mudah keluar.

Saat melakukannya, biasanya seseorang juga akan ditemani dengan tukang pijat supaya merasa lebih santai. Pijatan yang diberikan juga akan mengurangi rasa sakit pada hidung selama prosedur gurah. Pasalnya, proses pengobatan ini bisa memakan waktu hingga dua jam.

2. Efektivitasnya untuk Atasi Gangguan Sinus

Hingga kini, efektivitas dari penggunaan gurah dalam mengobati gangguan sinus masih menjadi perdebatan. Masih dibutuhkan penelitian mendalam untuk membuktikan efektivitas dan keamanannya. Namun, sebuah penelitian menunjukkan bahwa gurah cukup efektif dalam menangani rhinitis kronis.

Penelitian tersebut juga mengatakan bahwa gurah bisa mengurangi gejala rhinitis, seperti mengurangi lendir dan frekuensi bersin, serta keluhan hidung tersumbat. Namun, pada beberapa kondisi tertentu, gurah juga tidak disarankan karena bisa menyebabkan komplikasi. Mulai dari otitis media, serta peradangan pada saluran pernapasan seperti rinosinusitis akut berat, tonsilofaringitis akut, dan peritonsilitis akut.

Lagipula, ada beberapa cara aman lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa tidak nyaman akibat gangguan sinus, antara lain: 

  • Menghirup uap panas untuk membantu mengurangi pembengkakan dan sumbatan pada rongga hidung.
  • Meletakkan handuk hangat basah di wajah.
  • Menggunakan pelembap ruangan (humidifier). 
  • Membersihkan lendir dan jaga agar sinus tetap lembap dengan air garam.
  • Minum banyak air untuk mengencerkan lendir dan mengurangi penyumbatan pada sinus.
  • Istirahat yang cukup.
  • Kurangi konsumsi minuman beralkohol. 
  • Tidak sembarangan menggunakan obat-obatan, karena bisa membuat gejala gangguan sinus menjadi lebih parah.

Ada baiknya kamu menemui dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat untuk sinusitis yang dialami. Sekarang, berobat ke dokter sudah lebih praktis dengan adanya aplikasi Halodoc.

Kamu tinggal buat janji di rumah sakit pilihan melalui aplikasi dan kamu bisa berobat tanpa perlu antre. Yuk, download aplikasinya sekarang juga di Apps Store dan Google Play.


Referensi:
ResearchGate - Journal of Applied Pharmaceutical Science. Diakses pada 2021. Clerodendrum serratum: A Clinical Approach.
Universitas Gadjah Mada. Diakses pada 2021. Gurah Mampu Atasi Rinosinusitis Kronis.
WebMD. Diakses pada 2021. Sinusitis Treatments and Home Remedies.