• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Manfaat Buah Strawberry untuk Kesehatan Tubuh

Ini Manfaat Buah Strawberry untuk Kesehatan Tubuh

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Ini Manfaat Buah Strawberry untuk Kesehatan Tubuh

“Makan buah strawberry dikaitkan dengan penurunan risiko banyak penyakit kronis, termasuk meningkatkan kesehatan jantung, menurunkan kadar gula darah, dan membantu mencegah kanker. Walaupun punya banyak manfaat, untuk beberapa orang yang sensitif buah ini bisa memicu alergi.”

Halodoc, Jakarta – Selain warnanya merah cerah menarik dengan rasa segar, buah strawberry memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Buah strawberry adalah sumber vitamin C, mangan, folat (B9), dan potasium, sehingga menunjang kesehatan tubuh. 

Selain itu, stroberi sangat kaya akan antioksidan yang berguna untuk kesehatan jantung dan kontrol gula darah. Selain dikonsumsi mentah, buah strawberry juga diolah dalam produk selai, jeli, dan dessert. Apa saja manfaat strawberry untuk kesehatan tubuh? Baca selengkapnya di sini!

Mengurangi Peradangan sampai Antikanker

Makan buah strawberry dikaitkan dengan penurunan risiko banyak penyakit kronis, termasuk meningkatkan kesehatan jantung, menurunkan kadar gula darah, dan membantu mencegah kanker.

Menurut sebuah penelitian, jika lansia yang memiliki risiko penyakit jantung mengonsumsi strawberry dapat meningkatkan kolesterol HDL (baik), tekanan darah, dan fungsi trombosit darahnya. Selain itu, makan strawberry juga bermanfaat untuk:

1. Meningkatkan tingkat antioksidan darah.

2. Mengurangi stres oksidatif.

3. Mengurangi peradangan.

4. Meningkatkan fungsi pembuluh darah.

5. Meningkatkan profil lipid darah.

6. Mengurangi oksidasi berbahaya dari kolesterol LDL. 

Selain manfaat yang diuraikan di atas, strawberry juga membantu mengatasi sindrom metabolik terutama pada orang yang mengalami obesitas. Bagaimana cara kerja strawberry mengatasi diabetes melitus? 

Ketika karbohidrat dicerna, tubuh memecahnya menjadi gula sederhana dan melepaskannya ke aliran darah. Kemudian, tubuh mulai mengeluarkan insulin untuk memberitahu sel-sel tubuh supaya mengambil gula dari aliran darah dan menggunakannya untuk bahan bakar atau penyimpanan.

Baca juga: 5 Kebiasaan yang Salah saat Makan Buah

Ketidakseimbangan dalam regulasi gula darah dan diet tinggi gula dikaitkan dengan peningkatan risiko obesitas, diabetes tipe 2, dan penyakit jantung. Strawberry dinilai dapat memperlambat pencernaan glukosa dan mengurangi lonjakan glukosa dan insulin setelah makan kaya karbohidrat, dibandingkan jika makan makanan kaya karbohidrat tanpa strawberry. 

Kemudian, konsumsi strawberry juga dikaitkan dengan pencegahan kanker. Kanker adalah penyakit yang ditandai dengan pertumbuhan sel abnormal yang tidak terkendali. Pembentukan dan perkembangan kanker sering dikaitkan dengan stres oksidatif dan peradangan kronis. 

Strawberry telah terbukti menghambat pembentukan tumor pada hewan serta kanker mulut dan sel kanker hati pada manusia. Ini dikarenakan efek perlindungan yang diberikan strawberry melalui asam ellagic dan ellagitannins yang telah terbukti dapat menghentikan pertumbuhan sel kanker. 

Selain Bermanfaat, Strawberry juga Bisa Picu Alergi

Walaupun memiliki banyak manfaat, strawberry bisa memicu alergi. Kamu tahu kamu alergi strawberry ketika saat memakannya kamu mengalami gejala ruam, sensasi aneh di mulut, atau bahkan reaksi yang lebih parah seperti anafilaksis. 

Sebenarnya gejala alergi makanan dapat berkembang dalam beberapa menit atau hingga dua jam setelah makan makanan tertentu, termasuk strawberry. Adapun gejalanya adalah sebagai berikut: 

Baca juga: Kenali Infeksi Kulit yang Disebabkan Alergi Makanan 

1. Sesak tenggorokan.

2. Mulut gatal atau kesemutan.

3. Ruam kulit, seperti gatal-gatal atau eksim.

4. Kulit yang gatal.

5. Mengi.

6. Batuk.

7. Mual.

8. Sakit perut.

9. Muntah.

10. Diare.

11. Pusing.

Bagaimana seseorang bisa mengalami alergi strawberry? Memiliki alergi strawberry berarti sistem kekebalan seseorang bereaksi buruk terhadap protein tertentu yang ada dalam buah ini. Memanaskan strawberry akan mengubah protein di dalamnya, sehingga beberapa orang dengan alergi strawberry mungkin bisa makan buah ini yang sudah dimasak. Makanan tertentu, termasuk stroberi, buah jeruk, dan tomat, dapat menyebabkan gejala seperti alergi tanpa orang tersebut benar-benar alergi.

Baca juga: Infeksi Bakteri Sebabkan Peradangan pada Tenggorokan

Informasi selengkapnya mengenai manfaat buah strawberry dan kemungkinan alergi yang bisa diperoleh karena konsumsinya bisa ditanyakan langsung melalui aplikasi Halodoc. Kalau kamu mengalami alergi dan butuh membeli obat untuk mengatasinya juga bisa dilakukan lewat Halodoc ya!

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2021. Can people be allergic to strawberries?
Healthline. Diakses pada 2021. Strawberries 101: Nutrition Facts and Health Benefits.