• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Manfaat Kacang Macadamia untuk Kesehatan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Manfaat Kacang Macadamia untuk Kesehatan

Ini Manfaat Kacang Macadamia untuk Kesehatan

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 27 Mei 2022

“Kacang macadamia memiliki banyak nutrisi di dalamnya yang sangat baik untuk tubuh. Jika dikonsumsi rutin, maka kamu akan mendapatkan manfaat kacang macadamia seperti terjaganya kesehatan jantung hingga penurunan berat badan.”

Ini Manfaat Kacang Macadamia untuk Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Ada berbagai jenis kacang yang bisa menjadi asupan nutrisi dan vitamin untuk tubuh, salah satunya adalah kacang macadamia. Manfaat kacang macadamia untuk kesehatan pun sangat banyak. Kacang jenis ini memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang gurih sehingga cocok untuk dijadikan camilan sehat atau tambahan pada salad kesukaanmu.

Ada berbagai kandungan nutrisi yang terdapat dalam kacang macadamia, seperti kalori, lemak, protein, karbohidrat, serat, vitamin B6, kalsium, magnesium, hingga antioksidan yang tinggi. Untuk itu tidak ada salahnya mengetahui berbagai manfaat nutrisi kacang macadamia untuk kesehatan. Yuk simak ulasannya berikut ini!

Manfaat Kacang Macadamia

Kacang macadamia menjadi salah satu jenis kacang dengan harga yang lumayan tinggi. Namun jangan khawatir, berbagai kandungan nutrisi yang terdapat dalam kacang macadamia bisa memberikan segudang manfaat bagi kesehatan. 

Berikut ini manfaat kacang macadamia bagi kesehatan tubuh, yaitu:

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kacang macadamia mengandung lemak sehat. Kandungan ini akan membantu kamu menurunkan risiko gangguan jantung. Berbagai penelitian mengatakan saat mengonsumsi 8 hingga 42 gram kacang macadamia setiap hari, maka ia bisa menurunkan kadar kolesterol jahat hingga 10 persen. Dengan menjaga kesehatan jantung, maka kamu juga akan terhindar dari penyakit lain, seperti stroke hingga serangan jantung.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Meskipun kaya akan kalori, tetapi kacang macadamia mampu membantu kamu dalam menurunkan berat badan. Hal ini disebabkan kandungan serat dan protein pada kacang macadamia yang membuat kamu akan merasa kenyang lebih lama. Kondisi ini membuat kamu akan lebih memperhatikan jumlah asupan dan mengalami penurunan nafsu makan.

3. Menurunkan Risiko Diabetes

Manfaat kacang macadamia selanjutnya adalah menurunkan risiko diabetes dengan membantu mengontrol kadar gula darah. Tidak hanya itu, nutrisi yang ada di dalam jenis kacang ini juga bisa menurunkan risiko sindrom metabolik yang dialami oleh pengidap diabetes. Manfaat ini bisa dirasakan oleh pengidap diabetes karena kandungan serat, lemak tak jenuh, serta nutrisi lain yang terkandung didalamnya.

4. Meningkatkan Kesehatan Usus

Dalam 28 gram kacang macadamia terdapat 3 gram serat didalamnya. Kandungan serat yang cukup tinggi membuat kacang ini baik untuk meningkatkan kesehatan usus dan keseluruhan sistem pencernaan dalam tubuh. Seperti kebanyakan jenis kacang, serat larut dalam kacang macadamia bisa berperan sebagai prebiotik untuk meningkatkan jumlah bakteri baik dalam usus.

5.Menurunkan Risiko Kanker

Macadamia memiliki kandungan flavonoid dan tocotrienols yang merupakan senyawa dalam tanaman untuk menurunkan risiko kanker. Meskipun begitu, penelitian mengenai hal ini masih terus dilakukan untuk memastikan manfaat macadamia bagi kamu yang memiliki risiko mengidap kanker.

6. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Kandungan kalsium dan protein dalam kacang macadamia membuat kesehatan tulang tetap terjaga dengan baik. Jangan ragu untuk mengonsumsi kacang macadamia sebagai camilan sehat setiap harinya. Selain memenuhi kalsium, kamu juga perlu memperbanyak olahraga, menghindari kebiasaan merokok, hingga mengontrol berat badan tetap stabil.

7. Melembapkan Kulit

Kacang macadamia memiliki kandungan asam linoleat yang bisa mencegah kulit menjadi kering. Dengan rutin mengonsumsi kacang macadamia maka kesehatan kulit akan lebih terjaga. Jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan cairan setiap harinya agar manfaat nutrisi didalam kacang macadamia dapat dirasakan lebih optimal.

Itulah berbagai manfaat nutrisi kacang macadamia yang perlu diketahui. Jangan ragu untuk melakukan pemeriksaan pada dokter di rumah sakit ketika kamu mengalami berbagai keluhan kesehatan yang tidak kunjung membaik. Kamu bisa buat janji di rumah sakit terdekat dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Referensi:

Style Craze. Diakses pada 2022. 11 Amazing Health Benefits Of Macadamia Nuts.
Healthline. Diakses pada 2022. 10 Health and Nutrition Benefits of Macadamia Nuts.
Nourish by Web MD. Diakses pada 2022. Health Benefits of Macadamia Nuts.