• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Pengobatan Rumahan untuk Atasi Nyeri pada Tulang Belikat

Ini Pengobatan Rumahan untuk Atasi Nyeri pada Tulang Belikat

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Ini Pengobatan Rumahan untuk Atasi Nyeri pada Tulang Belikat

“Nyeri pada tulang belikat dapat disebabkan oleh berbagai faktor pemicu. Salah satunya adalah duduk terlalu lama, serta olahraga yang berlebihan. Namun, kondisi ini umumnya bukan masalah yang harus dikhawatirkan. Pasalnya, ada beberapa cara yang dapat dilakukan di rumah guna mengatasi nyeri pada tulang belikat.”

Halodoc, Jakarta – Kebiasaan duduk terlalu lama, mengangkat beban terlalu berat, hingga olahraga yang berlebihan dapat membuat otot terlalu tegang dan punggung mengalami cedera. Akibatnya, beberapa bagian di tubuh dapat merasa nyeri, salah satunya adalah tulang belikat. Tulang belikat atau scapula adalah tulang yang terletak di bagian belakang bahu atau punggung bagian atas. Kondisi ini pada umumnya bukan masalah serius yang harus dikhawatirkan. 

Akan tetapi, bila kamu sedang mengalaminya, rasa nyeri yang timbul pada tulang belikat tentunya dapat memberikan rasa tidak nyaman untuk menjalani segala aktivitas. Maka, penting untuk mengetahui pengobatan rumahan apa saja yang dapat dilakukan untuk meredakan rasa nyerinya. Penasaran apa saja? Simak infonya di sini!

 Baca juga: Inilah Artinya Sakit Pinggang Belakang

Cara Mengobati Nyeri pada Tulang Belikat

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan secara mandi di rumah guna mengatasi nyeri pada tulang belikat, antara lain:

  • Perbanyak Istirahat

Bila mengalami nyeri pada tulang belikat yang disebabkan oleh cedera, hal pertama yang harus dilakukan adalah memperbanyak istirahat. Pasalnya, memperbanyak waktu istirahat dapat mempercepat proses pemulihan otot yang tegang.

  • Kompres dengan Air Dingin atau Hangat

Tulang belikat yang terasa nyeri dapat diredakan dengan penggunaan kompres dingin atau hangat. Kamu dapat mencoba untuk mengompres area yang terasa nyeri selama 15 menit. Kamu juga dapat mengulanginya setiap empat jam sekali dalam sehari.

  • Berikan Pijatan di Area Punggung atau Tulang Belikat

Salah satu penyebab dari timbulnya rasa nyeri pada tulang belikat adalah cedera otot atau otot yang terlalu tegang. Oleh sebab itu, memberikan pijatan lembut di area tulang belikat dapat membantu otot lebih rileks, sehingga dapat membantu meredakan rasa nyeri yang timbul.

  • Olahraga dan Peregangan

Rasa nyeri pada tulang belikat dapat diredakan dengan latihan kekuatan otot. Cobalah untuk melakukan push up, pull up dan juga sit up. Tidak hanya meredakan rasa nyeri yang dapat timbul, olahraga tersebut juga dapat memperkuat otot-otot di bagian perut dan punggung. 

Di samping itu, kamu juga dapat mencoba untuk melakukan peregangan guna menenangkan otot yang sedang tegang. Alasannya, peregangan dapat memperbaiki alirah darah ke otot dan sendi, sehingga pergerakan sendi dapat membaik dan rasa nyeri pun bisa berkurang. Salah satu metode peregangan yang dapat kamu coba adalah melakukan yoga.

  •  Mengonsumsi Makanan Sehat

Ada beberapa jenis makanan yang dapat membantu meredakan peradangan serta rasa nyeri yang timbul pada tubuh. Khususnya makanan yang mengandung asam lemak omega-3 seperti ikan salmon dan buah-buahan, serta sayuran yang kaya akan vitamin dan mineral. Kandungan makanan yang kaya akan nutrisi dapat membantu pemulihan tubuh akibat cedera maupun efek kelelahan berolahraga.

Baca juga: Jenis-Jenis Sakit Punggung yang Perlu Diketahui

Adakah Langkah Pencegahan yang Dapat Dilakukan?

Penyebab paling umum dari nyeri tulang belikat adalah tegangnya otot. Kondisi tersebut dapat diakibatkan oleh berbagai faktor pemicu, seperti olahraga yang terlalu berat. Oleh sebab itu, langkah pencegahan yang dapat dilakukan adalah menghindari otot yang terlalu tegang, misalnya melalui:

  • Posisi Tubuh yang Tepat

Postur tubuh yang baik dapat mengurangi risiko terjadinya nyeri pada tulang belikat. Kamu dapat mencoba untuk berdiri dan duduk tegak, serta hindarilah membungkuk. Selain melatih posisi tubuh, kamu juga dapat mengganti kursi yang lebih ergonomis atau bantal khusus untuk membantu penyelarasan leher dan tulang belakang.

  • Hindari Mengangkat Beban Terlalu Berat

Mengangkat beban yang terlalu berat dapat meningkatkan risiko cedera pada otot dan juga tulang. Hal tersebut tentu dapat menjadi pemicu munculnya rasa nyeri pada tulang belikat. Maka, ada baiknya untuk menghindari membawa beban yang terlalu berat secara tidak seimbang. Seperti membawa tas yang terlalu berat pada satu sisi pundak. Namun, jika kamu harus mengangkat beban berat, pastikan untuk menekuk lutut terlebih dahulu agar tidak memberikan banyak tekanan di punggung secara berlebihan.

  •  Hindari Duduk Terlalu Lama

Coba lah untuk selalu melakukan peregangan secara rutin ketika sedang mengerjakan sesuatu di meja kerja. Pasalnya, duduk terlalu lama dapat membuat otot punggung terlalu tegang dan lelah.

  •  Terapkan Pola Hidup Sehat

Penerapan pola hidup yang sehat sangat diperlukan karena dapat membuat seseorang merasa lebih segar dan fit, sehingga dapat mengurangi risiko otot yang terlalu tegang. Untuk itu, pastikan segala asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh dapat terpenuhi melalui makanan yang seimbang. Selain makanan, tidur yang cukup setiap malam serta olahraga rutin juga diperlukan bagi tubuh.

 Untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh, kamu dapat memesan berbagai suplemen dan vitamin yang kamu butuhkan langsung melalui aplikasi Halodoc, tanpa perlu keluar rumah dan mengantri. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang!

Baca juga: Cara Mengatasi Sakit Punggung Saat Hamil

Namun, bila nyeri tulang belikat tidak kunjung sembuh, ada baiknya untuk segera periksakan diri ke dokter. Karena kondisi tersebut bisa saja menjadi indikasi akan adanya penyakit pada tubuh, seperti misalnya penyakit jantung. 

Referensi: 

Healthline. Diakses pada 2021. What Causes Shoulder Blade Pain and How to Treat It?
Medical News Today. Diakses pada 2021. What is causing the pain in my shoulder blade?