Ini Penyebab Karsinoma Sel Skuamosa

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Ini Penyebab Karsinoma Sel Skuamosa

Halodoc, Jakarta – Karsinoma sel skuamosa adalah kanker kulit kedua terbanyak di dunia, setelah kasus kanker melanoma maligna dan karsinoma sel basal. Kanker jenis ini lebih sering terjadi pada pria dibandingkan wanita. Lantas, apa penyebab karsinoma sel skuamosa? Bagaimana bisa terjadi? Adakah cara untuk mencegahnya? Ketahui fakta lengkap karsinoma sel skuamosa di sini.

Baca Juga: Mengidap Karsinoma Sel Skuamosa, Apakah Berbahaya?

Penyebab dan Faktor Risiko Karsinoma Sel Skuamosa

Karsinoma sel skuamosa disebabkan karena mutasi atau perubahan DNA, yang memicu sel skuamosa pada kulit tumbuh tidak terkendali. Mutasi DNA dipicu oleh radiasi sinar UV matahari langsung atau akibat prosedur penggelapan kulit dengan sinar UV (tanning). Terdapat sejumlah faktor risiko terjadinya karsinoma sel skuamosa:

  • Usia. Sebagian besar kasus karsinoma sel skuamosa terjadi pada orang berusia sekitar 70 tahun. Hal ini diduga karena seiring bertambahnya usia, pelindung kulit terhadap paparan sinar UV matahari menjadi berkurang.
  • Jenis kelamin. Kanker karsinoma sel skuamosa lebih banyak diidap pria dibandingkan wanita. Diduga karena banyak pria yang bekerja di area perkebunan, pertanian, atau tempat terbuka lain yang rentan terpapar sinar UV matahari langsung.
  • Warna kulit. Orang berkulit terang lebih rentan terkena karsinoma sel skuamosa.
  • Kelainan genetik, seperti albinisme, sindrom Gorlin, dan sindrom Bazex.
  • Riwayat kelainan pada kulit, seperti kulit melepuh, gejala keracunan arsenik, atau kulit yang terserang lesi pra-kanker.
  • Masalah geografis. Masyarakat yang tinggal di daerah garis khatulistiwa berisiko lebih tinggi terkena karsinoma sel skuamosa. Di area ini, paparan sinar matahari lebih besar dibandingkan di area non-khatulistiwa.

Baca Juga: 5 Ciri Awal Kanker Kulit yang Perlu Diwaspadai

Proses Terjadinya Karsinoma Sel Skuamosa

Karsinoma sel skuamosa terjadi karena adanya perubahan atau transformasi dari keratinosit normal epidermis menjadi ganas (maligna). Sama seperti kanker jenis lain, karsinoma sel skuamosa terbentuk karena tubuh tidak bisa mengendalikan perubahan sel-sel kulit yang berubah menjadi ganas. Kanker karsinoma sel skuamosa berbentuk tidak rata, berwarna kemerahan, dan terasa kasar ketika diraba. Biasanya muncul di bagian wajah, leher, punggung tangan, dan tungkai bawah.

Karsinoma sel skuamosa sebenarnya tidak berakibat fatal, tetapi bisa menyebabkan berbagai penyakit lain. Keganasan sel kanker tergantung pada lokasi, diameter, kedalaman, dan persebarannya ke organ tubuh lain. Kamu dianjurkan bicara pada dokter jika tiba-tiba muncul benjolan kemerahan di area kulit yang sering terpapar matahari.

Mengingat karsinoma sel skuamosa disebabkan karena paparan sinar UV matahari, cara terbaik untuk mencegahnya dengan melindungi kulit. Caranya dengan menggunakan tabir surya minimal 30 SPF, oleskan secara merata pada kulit sebelum beraktivitas dan gunakan ulang tiap dua jam sekali. Kamu juga dianjurkan untuk menggunakan topi, kacamata hitam, dan pakaian lengan panjang saat beraktivitas di luar ruangan.

Baca Juga: Begini Langkah Pengobatan Karsinoma Sel Skuamosa

Itulah penyebab karsinoma sel skuamosa yang perlu diketahui. Kalau kamu punya pertanyaan lain seputar karsinoma sel skuamosa, jangan ragu bertanya pada dokter Halodoc. Kamu hanya perlu membuka aplikasi Halodoc dan masuk ke fitur Talk to A Doctor untuk menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call. Yuk, segera download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play!