• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Peran Ayah Dalam Pembelajaran Virtual saat Masa Pandemi

Ini Peran Ayah Dalam Pembelajaran Virtual saat Masa Pandemi

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta – Saat ini kasus COVID 19 masih menunjukkan angka peningkatan. Tidak hanya memengaruhi pola hidup seseorang, pandemi COVID 19 juga mengubah kegiatan belajar mengajar secara tatap muka di sekolah menjadi pembelajaran virtual. Bukan hanya anak-anak yang perlu melakukan adaptasi terhadap kebiasaan baru sekolah yang dijalankan, tetapi kedua orangtua juga perlu membiasakan diri dan membimbing anak agar hasil pembelajaran virtual yang dilakukan ia tetap menunjukkan hasil pembelajaran yang optimal.

Baca juga: Pentingnya Peran Ayah dalam Pertumbuhan Anak

Tidak hanya peran ibu di rumah untuk membimbing anak, nyatanya peran ayah juga cukup penting untuk mendampingi anak saat melakukan pembelajaran virtual di rumah. Selain nilai akademik yang baik, pendampingan kedua orangtua khususnya ayah, dalam membimbing anak melakukan pembelajaran virtual juga diperlukan agar semangat anak tetap optimal saat ia menjalankan pendidikan di masa pandemi. 

Inilah Peran Ayah Selama Pembelajaran Virtual

Tentunya banyak orangtua yang mulai beradaptasi dengan perubahan belajar mengajar yang dilaksanakan oleh anak-anak selama masa pandemi. Beradaptasi dengan hal yang baru bukanlah hal yang mudah, tetapi orangtua harus mendorong dan membimbing anak agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik.

Orangtua, khususnya ayah, memiliki peran penting untuk mendampingi anak selama pembelajaran virtual berlangsung. Tidak ada salahnya ketahui beberapa peran yang dilakukan ayah untuk mendukung pembelajaran virtual dapat berjalan dengan baik.

1.Memberikan Penjelasan pada Anak Mengenai Pembelajaran Virtual

Ayah dapat memberikan penjelasan pada anak mengenai kondisi yang saat ini terjadi dengan bahasa yang dimengerti anak. Jelaskan mengenai kasus pandemi COVID 19 sesuai dengan usia anak. Jelaskan secara sederhana agar anak dapat mengerti mengenai kasus pandemi COVID 19. 

Orangtua khususnya ayah, dapat menjelaskan pada anak pembelajaran virtual yang dilakukan di rumah menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menekan angka penularan COVID 19.

Baca juga: Pentingnya Peran Ayah saat Anak Memilih Pasangan Hidup

2.Dukung Anak Agar Tetap Semangat Belajar di Rumah

Perubahan yang terjadi selama pandemi tentunya dapat membuat anak merasa stres atau bosan. Hal yang perlu dilakukan ayah selama anak melakukan pembelajaran virtual dengan mendukungnya agar anak tetap semangat dalam belajar.

Untuk menghindari turunnya semangat anak saat bersekolah, sebaiknya ayah buatkan jadwal harian untuk anak dan menempelkan pada lokasi yang mudah dilihat anak. Biasakan anak untuk tetap bangun pagi dan melakukan rutinitas yang biasa dilakukan sebelum berangkat sekolah. Dengan begitu, anak akan tetap bersemangat untuk melakukan pembelajaran virtual dari rumah.

3.Penuhi Kebutuhan Emosional Anak

Saat pembelajaran virtual telah selesai, tidak ada salahnya ayah meluangkan waktu bagi anak untuk menikmati waktu istirahat dan bermain bersama. Pastikan ayah dan ibu menikmati makan malam bersama di rumah dan ajak anak untuk berdiskusi mengenai kegiatan yang dijalankan selama satu hari. 

Tentunya dalam kondisi berada di rumah terus-menerus membuat anak merasa bosan dan stres, sebaiknya penuhi kebutuhan emosional anak agar kesehatan fisik maupun mental anak dalam kondisi yang optimal.

Itulah beberapa peran yang bisa dilakukan ayah untuk mendukung pembelajaran virtual yang dilakukan anak di rumah. Jangan abaikan jika anak mengalami beberapa gejala kesehatan selama belajar dari rumah. Penurunan konsentrasi, lebih mudah marah, dan berkurangnya nafsu makan, nyatanya dapat menjadi tanda adanya gejala stres pada anak, jangan ragu gunakan aplikasi Halodoc dan bertanya langsung pada psikolog untuk menangani kondisi stres yang dialami anak.

Baca juga: Pola Asuh Anak yang Harus Dijauhi Calon Ayah

Penanganan yang lebih cepat tentunya dapat membuat kesehatan mental dan fisik anak menjadi lebih baik. Segera kunjungi rumah sakit terdekat jika beberapa gejala tersebut ditandai dengan gangguan kesehatan pada fisik, seperti demam atau nyeri otot.

Referensi:
American Academy of Pediatrics. Diakses pada 2020. Working and Learning from Home During The COVID 19 Outbreak.
Healthline. Diakses pada 2020. 26 WFH Tips While Self Isolating During the COVID 19 Outbreak.